17 Tempat Wisata di Bandar Lampung

Muncak Teropong Laut

Tempat ini dimiliki oleh perorangan/swasta dan dikelola dengan baik. Menawarkan pemandangan view Teluk Lampung dengan spot-spot foto cantik buatan. Banyak anak muda datang kemari untuk foto-foto. Hanya sekitar 30 menit bisa dicapai dari pusat Kota Bandar Lampung, Tugu Adipura.

Hanya membayar Rp. 5000/orang, kita sudah bisa menikmati pemandangan indah. Dan bisa memilih beberapa spot foto yang disediakan pengelola. Karena pengunjungnya ramai, hendaknya kita juga bersabar antri untuk berfoto. Dan kalau sedang foto-foto jangan lama-lama juga kalau sedang ramai. Kasian orang lain yang antri.

Puncak Mas - Wisata Bandar Lampung - hasil foto Nikon 1 J5 - Yopie Pangkey

Puncak Mas.

Puncak Mas

Sama seperti destinasi sebelum, Puncak Mas juga dikelola oleh swasta. Menawarkan pemandangan kota Bandar Lampung dan sedikit Teluk Lampung dari ketinggian. Biaya masuk Rp. 10ribu/orang, kita bisa memilih pondokan untuk duduk-duduk.

Ada banyak viewing platform yang disediakan di sini menggunakan pohon-pohon tinggi dan kokoh. Bahkan musholla-nya pun dibuat di atas pohon, seru. Ada beberapa pondokan penjual makanan di sini. Jadi jangan kawatir kalau lapar dan haus.

Menambah daftar tempat wisata di Bandar Lampung yang bisa kamu kunjungi bersama kawan-kawan atau keluarga.

Pantai Duta Wisata

Pantai ini tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Bandar Lampung, Tugu Adipura. Banyak pondokan dan ada warung seafood dengan rasa yang lezat dan banyak pengunjung. Pantainya memang berkarang, cocok buat warga yang ingin duduk-duduk santai bersama kawan atau keluarga. Dari Duta Wisata, kita bisa memandang sebagian kota Bandar Lampung dengan latar depan perairan Teluk Lampung.

Pantai Queen Artha

Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandar Lampung bagi warga yang tidak ingin pergi terlalu jauh. Kita mesti membayar tiket masuk yang tidak terlalu mahal di pantai ini. Letaknya sekitar 2 km dari gerbang Pantai Duta Wisata.

Bumi Kedaton Resort Lampung - Heni Puspita

Bumi Kedaton Resort Lampung (Foto: Heni Puspita)

Taman Bumi Kedaton

Bandar Lampung memiliki beberapa taman rekreasi di pinggiran kota, salah satunya Bumi Kedaton. Taman satwa dan wisata ini memilik cottage dan beragam permainan rekreasi. Tersedia camping ground, cottage, water park, jalur jogging. Ada sungai yang mengalir dari lereng Gunung Betung.

Kalau mau makan, di Bumi Kedaton juga tersedia menu-menu seperti ikan mas panggang, ayam panggang. Jadi tidak perlu kawatir kalau tidak membawa makanan dan lapar di sini.

Suasananya tenang, damai, rindang, memberikan suasana menyenangkan bagi yang ingin jauh dari hiruk pikuk kota. Dan taman ini tidak terlalu jauh juga dari pusat kota. Terletak di Kelurahan Batu Putuk Teluk Betung. Untuk reservasi bisa hubungi 0721-7488047 dan Fax 7154152.

Lembah Hijau - lembahhijaulampung

Lembah Hijau (Foto: lembahhijaulampung)

Taman Lembah Hijau

Satu tempat wisata di Bandar Lampung yang sudah dikenal banyak orang. Terletak di bebukitan sebelah Barat kota Bandar Lampung, Lembah Hijau memberikan suasana alam yang sejuk dan pemandangan yang membuat hati adem. Taman Wisata Lembah Hijau merupakan perpaduan antara taman rekreasi pegunungan dan taman satwa.

Tersedia cottage, ruang pertemuan, cafe, waterboom, arena outbound, dan wahana-wahana hiburan lain. Tersedia juga beberapa koleksi satwa, seperti kuda, unta, rusa, burung, dll.

Sekitar 3-4 kilometer dari pusat kota, Lembah Hijau terletak di JI. Radin Imba Kesuma Ratu, Kampung Sukajadi, Kel. Sukadanaham. Untuk reservasi bisa hubungi (0721) 7404744 / 9638387. Email: lembah.hijau@yahoo.co.id.

(Baca juga: 7 Destinasi Wisata Unggulan Lampung)

Pulau Pasaran - Keliling Lampung - Tempat Wisata Bandar Lampung

Pulau Pasaran (Foto: Yopie Pangkey)

Pulau Pasaran - Paramotor Lampung - Budhi Marta Utama

Pulau Pasaran (Foto: Budhi Marta Utama)

Pulau Pasaran

Kalau lagi wisata di Bandar Lampung, jangan lupa mampir di Pulau Pasaran. Sebuah pulau karang di Selatan Kota Bandar Lampung. Hanya berjarak sekitar 300an meter dari daratan. Pulau yang pada awalnya hanya seluas 3,5 hektar ini sekarang sudah menjadi 12an hektar. Ditempati sekitar 240 kepala keluarga.

Kalau kamu suka fotografi, silakan datang kemari dan hunting foto. Banyak aktivitas keseharian warga Pulau Pasaran yang menarik untuk direkam. Mereka mengolah hasil laut berupa ikan teri rebus. memilah-milah ikan, merebus, menjemur, dan lain-lain.

Banyak spot lain di Pulau Pasaran yang menarik untuk difoto. Ada hutan mangrove, jembatan beton, dermaga kapal, pemandangan kota Bandar Lampung dari kejauhan. Menjadi KM 0 Pariwisata Bandar Lampung.

air terjun batu putuk - elseyuliastuti dot blogspot dot co dot id

Air Terjun Batu Putuk (Foto: elseyuliastuti blogspot co id)

Air Terjun Batu Putuk

Banyak yang belum tahu kalau Kota Bandar Lampung memiliki air terjun Batu Putuk. Lokasinya tidak jauh dari Taman Bumi Kedaton. Ada area parkir kendaraan yang juga memiliki view cantik Kota Bandar Lampung dari ketinggian.

Dari parkiran kita harus menuruni jalan setapak yang sudah disemen. Hanya sekitar 200an meter kita berjalan kaki untuk melihat air terjun ini.

Hutan seluas 3 hektar milik pemerintah kota Bandar Lampung ini terletak di Sumur Batu, kecamatan Teluk Betung Utara. Dinamakan hutan monyet karena ada ratusan monyet yang tinggal di situ.  Untuk menuju hutan ini bisa lewat belakang hotel Hartono atau lewat Sarijo melewati bekas kolam renang tirtosari.

Untuk sekedar jalan-jalan melepas kejenuhan sambil menikmati udara segar dan rindangnya peohonan,  kita bisa kapan saja datang kemari. Hanya sekitar 5-10 menit dari tugu Adipura Enggal dengan kendaraan pribadi.

 

hutan monyet - wisata bandar lampung - yopie pangkey

Monyet di Hutan Kota Bandar Lampung (Foto: Yopie Pangkey)

Hutan Monyet

Di sekitaran Sumur Batu, Teluk Betung, ada hutan seluas 3 hektar milik pemerintah kota Bandar Lampung. Banyak monyet yang berkembang biak dengan pesat di situ. Untuk sekedar jalan-jalan mengisi waktu luang, kita bisa mampir sebentar di sini.

Cari saja Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, ada jalan masuk di sampingnya. Atau bisa memutar lewat Sarijo melewati bekas kolam renang tirtosari.

Kembali ke Halaman 1

Masih Ada Tempat Wisata di Bandar Lampung Lainnya

Demikian bahasan saya mengenai tempat wisata di Bandar Lampung. Bagi sebagian orang mungkin saya orang baru di dunia pariwisata. Dan menganggap tulisan ini perulangan kesekian kali dari banyak orang yang sudah pengalaman. Tapi sekali lagi, tulisan ini hanyalah rujukan bagi orang-orang yang belum tahu mau cari dimana informasi wisata Bandar Lampung.

Mungkin saja ada versi tempat wisata di Bandar Lampung yang lebih lengkap. Atau kawan-kawan bisa isi kolom komentar di bawah ini untuk bahan saya juga. Yang jelas, saat ini banyak sekali akun-akun besar Lampung di Instagram yang giat mengangkat wisata Bandar Lampung. Mereka juga bisa jadi sumber informasi selain tulisan ini. Yuk jalan-jalan Keliling Bandar Lampung.


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

19 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *