Cara Membuat Blog untuk Pemula, Ikuti 11 Langkah Ini

Setiap hari banyak blogger keren bermunculan di Indonesia. Niche beraneka ragam, dari traveling, food, lifstyle, news, dan lainnya. Ingat dulu-dulu saat baru mulai belajar, hal-hal teknis terasa banget menjadi persoalan besar. Makanya kali ini saya mau share cara membuat blog / website dan cara menjadi blogger. Supaya kawan-kawan tidak mengalami kesusahan dalam membangun blog sendiri.

Di artikel ini saya hanya mencoba memberi contoh blog dan beberapa tips untuk membantu kamu yang ingin tahu cara menjadi blogger.

Mungkin tidak selengkap tutorial membuat website lain yang lebih lengkap. Ini juga Hanya berbagi pengalaman cara membuat website sendiri.

Dan saya yakin, kamu juga bakal mengerti dan tahu bikin situs website / blog kamu sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sebelum memulai penjelasan panjang di artikel ini saya kasih tau dulu sebelum kamu pergi dari laman ini. Perusahaan penyedia jasa hosting idwebhost selama ini sudah membantu saya dalam membangun blog berbasis (platform) wordpress.

Kenapa wordpress? Karena 5 tahun terakhir saya menggunakannya.

Kamu mau punya blog juga? Mau dong yaaa…. 🙂

Hal simpel dan mudah ini yang perlu kamu lakukan:

  • Buat akun idwebhost
  • Pilih nama domain (contoh: domain blog ini adalah kelilinglampung.net)
  • Beli hosting
  • Install wordpress
  • Login ke blog wordpress
  • Tulis artikel berkualitas

Lalu ikuti tips menulis blog ini:

  • Cari trafik/kunjungan ke blogmu
  • 9 Langkah Setelah WordPress terinstal

Terus terang aja ya, saya bisa menulis ini karena sudah berkali-kali mentok dalam merintis menjadi travel blogger Indonesia. Boro-boro deh jadi blogger Indonesia, jadi blogger Lampung aja susahnya minta ampun cyiiin. Hahaha.

Memalukan sih ingat-ingat waktu pertama kali ngeblog, ga punya banyak gimana cara naikkan trafik ke blog yang saya punya selama sekitar 2 tahun. 2 tahun punya blog tapi trafik/kunjungan perhari hanya hitungan belasan dan puluhan kunjungan.

Kadang berpikir, lebih baik ketahuan password blog daripada ketahuan statistik blog yang nggak banget 😀

Sekarang beda, sudah banyak belajar. Belajar banyak dari para senior yang baik hati mau bagikan ilmunya secara cuma-cuma ke saya. Dan beberapa blog pun sukses mendulang rupiah untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan gegayaan ngopi di cafe mahal.

Sekarang giliran saya yang mau berbagi ilmu kepada kawan-kawan yang baru belajar cara membuat blog dan menjadi blogger yang menghasilkan uang. Bagian menghasilkan uangnya hanya saya singgung sedikit aja nanti.

Dulu waktu mau memulai membuat blog Top Level Domain (TLD) kayak kelilinglampung.net ini kayaknya berat banget. Buat akun idwebhostyang terus harus membeli domanin dan jasa hosting. Duh keluar duit lagi….

Padahal Idwebhost itu termasuk murah. Domain dan hosting 1 tahun dengan kapasitas 2 GB cuma Rp. 336.700 /tahun.

Yah, namanya juga baru mulai dan mencoba. Uang segitu berasa besar amat banget. Padahal kalau dihitung-hitung sebennarnya ya murah. Coba aja dibagi dengan 365, ketemu angka Rp. 922,5/hari. Kita cuma investasi, sekitar Rp. 1.000/hari.

Dan sampai sekarang saya masih menjadi pelanggan setianya idwebhost, hehehe. Tentu saja ada alasan setelah mengalami beberapa masalah.

Apa? Setelah mengalami beberapa masalah?

Ntar dulu. Baca artikel ini sampe selesai biar ngertinya ga sepotong-sepotong.

Harga menjadi salah satu faktor saya suka idwebhost. Siapa yang ga suka harga murah dan diskon. Beberapa kali saya mendaatkan harga diskon disini.

Lalu hosting yang bisa dipercaya, dukungan layanan pelanggan yang hamir 24 jam. Kalau saya lihat di laman resminya, beberapa perusahaan besar menjadi klien mereka.

Dan yang terakhir, ngeblog berbasis wordpress jadi terasa mudah.

cara menjadi blogger -  more-lessons-on-the-laptop-1-1475200-640x480
Cara menjadi blogger itu mudah. Simak aja terus. (Foto ilustrasi, sumber: freeimages.com)

Teknologi semakin mudah dan aman

Saat membuat sebuah website, berarti kamu akan ‘memamerkan’ banyak teks dan foto agar dilihat banyak orang. Dan kamu harus tahu bahwa penyimpanan teks dan foto itu entah ada dimana di belahan dunia mana. Itulah yang disebut hosting.

Dengan kata lain kita membeli hosting itu sama saja membayar idwebhost agar teks dan foto yang ada website kita bisa diakses oleh banyak orang.

Kira-kira sudah mengerti ya, apa itu hosting?

Oya, saya pernah memakai platform lain dalam membangun blog. Ada beberapa kesulitan yang saya alami. Seperti, harus memasukkan code-code yang saya tidak mengerti apa fungsinya. WordPress itu software gratis yang bisa kamu gunakan dan memudahkan kamu dalam menulis di blog.

Sebenarnya ini masalah selera dan kebiasaan. Sama seperti harus pilih kamera merek apa, Nikon atau Canon? Untuk keperluan pribadi dan pekerjaan saya memilih Nikon yang banyak panel di body kamera sehingga memudahkan dalam memotret. Tapi bagi yang biasa memakai Canon, memakai Nikon itu ribet.

Itu gambaran dari saya. Jadi soal memilih WordPress, Blogger, Tumblr, dan lainnya. Itu soal selera dan kebiasaan saja.

Bagi saya, wordress ini powerful dan menawarkan kemudahan. Apalagi dibenamkan di hosting terpercaya.

Beberapa kali saya juga pernah alami masalah. Sempat ngacak-ngacak isi blog sehingga blog tidak bisa diakses. Tengah malam hubungi idwebhost melalui layanan Customer Care Fast Response 24 jam. Dalam beberapa menit, blog saya sudah dapat diakses kembali.

Duh, ngalor ngidul ya cerita tentang cara bikin blog ini.

Padahal sebenarnya mudah kok cara jadi blogger itu.

Kita kembali ke topik artikel ini aja yuk.

Cara membeli domain blog di idwebhost
Contoh.

Langkah 1: Buat Akun di idwebhost

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun di idwebhost. Klik link idwebhost ini untuk memulai. Link ini akan mengarah ke laman idwebhost di tab baru.

Atau untuk sementara ikuti saja terus tutorial membuat blog ini sampai selesai.

Karena di idwebhost bagi penguna yang baru pertama kali masuk, bisa loncati proses ini dengan memesan domain dan hosting terlebih dahulu.

Pada saat memasuki proses selanjutnya dari pemesanan dan pembayaran, barulah kita diminta mengisi form pembuatan akun.

Bebas saja, mau langsung atau mau buat akun terlebih dahulu. Tidak ada masalah.

Langkah 2: Pilih Nama Domain

Nantinya kamu juga akan memerlukan dan harus menentukan ‘nama domain’. Nama domain itu ya seperti ‘.com’ atau ‘.net’, untuk memudahkan orang dalam menemukan website/blog kamu. Contoh blog ini menggunakan nama domain kelilinglampung.net.

Apa cuma .com atau .net saja? Tidak.

Kamu bisa memilih ‘.net’ yang sama tuanya dengan ‘com’. Bisa pilih ‘.info’, ‘site’, ‘.online’, ‘biz’, ‘.co’, ‘co.id’, ‘.id’, dan lainnya.

Saya juga punya blog dengan domain yoiefranz.id, tapi belum saya maksimalkan. Mungkin segera saat sudah mendapat banyak ide lagi 😀

Kalau saya pribadi sih menyarankan lebih baik ambil ‘com’ saja. Supaya lebih mudah diakses mesin pencari dari berbagai belahan dunia lain juga. Spesifik ‘.id’ sama saja memberi tahu google kalau blog saya tadi khusus untuk pembaca yang ada di Indonesia.

Ralat kalau saya salah ya….

Terus kenapa saya memilih .net, bukannya .com? karena yang .com sudah diambil orang dan dianggurin. Mau ga mau ya pakai .net. Tapi ga jadi masalah berarti buat saya.

Dan memang agak susah juga memilih nama domain dan seringkali malah justru bingung menentukan. Jadi sebaiknya matangkan dulu nama domain sebelum memulai semua langkah ini.

Salah satu trik/trip memilih nama domain adalah dengan menyesuaikan topik blog. Kalau misal namamu ‘budi’ dan ingin menjadi travel blogger, kamu bisa pilih domain buditraveler.com, kisahjalanbudi.com, dan lainnya.

Atau kamu bernama ‘Dewi’ dan hobi memasak serta ingin membahas resep makanan di blog. Kamu bisa pilih resepdewi.com.

Berikut ini beberapa ide dalam penamaan domain:

Raja/Ratu, Keluarga, dll.
Pusat, Sentra, Space, Zone, dll.
Info, Tips, Inspirasi, Kelas, Cara, Belajar, dll.
My-, i, The, dll.
Cerita, Kisah, dll.
Travel, Journey, Perjalanan, dll

Contoh: kelasresep.com, infojilbab.com, ceritadodi.com, dan lainnya.

Di contoh kali ini, kita ambil ceritadodi.com ya. Dan ternyata saat menulis artikel ini, nama domain tersebut masih tersedia.

Klik tombol ‘Beli Sekarang’. Lalu Lanjut ke langkah berikutnya.

Cara membeli domain blog di idwebhost

Langkah 3: Hilangkan centang pilihan

Kalau saya, hilangkan tanda centang yang ada. Karena bisa menyusul kemudian dan bisa kita lakukan sendiri.

‘Amankan Kontak Domain’ tidak terlalu masalah bagi saya. Kecuali kamu ingin orang lain tidak tahu bahwa itu adalah blog milikmu.

‘Google Index’ bisa kamu lakukan sendiri dan bisa kamu pelajari sendiri. Mudah kok.

Saya memiliki 2 blog yang memiliki rank google bagus dan mendapat penghasilan di atas UMR tanpa harus membayar jasa apapun.

Untuk paket hosting, saya sarankan ambil yang termurah dulu. Kalau kunjungan bagus dan memerlukan bandwidth lebih besar, kamu bisa update layanan hosting. Tidak ada masalah.

Setelah memilih lama kontrak, kamu isi saja data diri di kolom yang disediakan. Tentukan password dan akun idwebhostmu langsung jadi berbarengan dengan pemesanan domain dan hosting.

Langkah 4: Melakukan pembayaran

Setelah memesan dan setuju dengan jumlah pembayaran, segera saja transfer sejumlah uang yang sudah tertera di invoice ke rekening yang bisa kamu pilih. Bisa lewat Mandiri, BCA, BNI, dan lainnya. Juga bisa membayar dengan saldo Gopay lho sekarang.

Setelah membayar dan melakukan konfirmasi pembayaran, kita akan mendapatkan email. Email tersebut berisikan username dan password cpanel.

cpanel.

Apa itu cPanel?

cPanel itu sebuah halaman aplikasi website dengan tingkat keamaan yang mumpuni, menghubungkan kamu dengan berbagai program pendukung website dalam web server atau web hosting. Singkatnya, Cpanel itu adalah jembatan yang memudahkan kita dalam mengelola website/blog.

Di cPanel kita bisa membuat dan menghapus email. Kita bisa membuat email info@kelilinglampung, contohnya.

Di cpanel kita juga bisa membuat email forwarder, menciptakan atau menghapus nama/user database MySQL, upload file-file website dan database, mengatur konfigurasi PHP, memantau statistik pengunjung website.

Lalu bisa konfigurasi keamanan (security) folder/website, mengatur sub domain/parkir domain dan tambahan domain (addon domain), install secara instan script website, misal wordpress, joomla, dll.

cara instal wordpress di cpanel.

Langkah 5: Instal Wordress di Hosting

Masuk ke cpanel melalui link yang diberikan idwebhost melalui email, lalu login dengan username dan password yang dikirim berbarengan.

Langsung aja scroll ke bagian paling bawah, cari kolom ‘Softaculous Apps Installer’. Di bagian script, langsung klik tombol wordpress untuk instalasi.

Selesai instal WordPress maka blogmu sudah siap diisi dan dikunjungi.

Tadi sudah sempat dibahas, gapapa kita ulangi lagi ya. Jadi WordPress itu adalah software yang diinstal di hosting. Dan hosting itu ibaratnya adalah komputer yang kamu pakai yang bisa diakses oleh banyak orang.

Dengan wordpress, kamu bisa lampirkan foto di dalam artikel dengan sekali klik saja. Bisa menampilkan postingan twitter/instagram juga dengan klik saja tanpa harus menambahkan kode-kode tertentu.

Termasuk memberi warna tulisan di paragraf, memberi warna blok paragraf, cukup dengan klik tombol di menu.

Langkah 6: Pilih Theme

Kalau wordpress itu seperti software komputer, maka theme itu adalah tampilan/layout blogmu. Untuk sementara pilih saja theme gratis yang banyak tersedia di wordpress. Setelahnya baru kamu pikirkan theme dengan tampilan bagus, ringan, dan ramah SEO/Google.

Bisa kamu pelajari seiring waktu berjalan.

Oya, kamu bisa mengubah theme langsung di blogmu tanpa harus masuk ke cpanel.

Langkah 7: Login ke Site/Blog Wordress

Sekarang kamu sudah jadi blogger dan siap menjadi travel blogger seperti kawan-kawanmu yang lain. Atau juga menjadi Food Blogger, Stylish Blogger, dan lainnya. Tergantung mau niche apa.

Selama tidak ada masalah, sekarang kamu akan jarang sekali berhubungan dengan idwebhost. Kecuali ada masalah dan mau melakukan perpanjangan domain dan hosting setahun berikutnya.

Untuk akses ke blog, update artikel, ubah theme, ubah menu blog, kamu bisa langsung akses yourdomainname.com/wp-admin. Jangan lupa tambahan’/wp-admin’ yaaa. Sebagai contoh di artikel ini: ceritadodi.com/wp-admin.

Kamu bisa login setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali, menggunakan username dan password yang sudah diberikan.

Langkah 8: Tulis artikel berkualitas

Nah sekarang ini yang harus kamu lakukan. Menulis artikel original dan berkualitas yang bermanfaat bagi pembacamu.

Tulis saja cerita perjalanan, cerita resep masakan, berbagai tips menjahit, dan lain-lainnya. Tulis mengalir namun tetap terarah.

Misal: ada bagian pembukaan dalam beberapa paragraf. Diikuti dengan inti dari artikel, lalu ditutup dengan kesimpulan.

Mudah bukan cara membuat blog / website di atas?

Lalu apa lagi nih? Apa cukup sampai sini saja.

Sabaar yaaa. Masih ada beberapa hal yang bisa menjadi perhatianmu. Simak terus sampai habis 🙂

(Sumber: freeimages)

Bagaimana Mendapatkan Traffic ke Blog?

Selanjutnya kamu akan memikirkan cara meningkatkan traffic blog. Apa ada cara otomatis meningkatkan trafik blog kita? Bagaimana meningkatkan traffic organik? Bagaimana cara meningkatkan SEO?

Kenapa ada pertanyaan semacam itu? Ya karena kamu ingin tulisanmu dibaca orang lain sesering mungkin bukan? Kalau bisa ya sebanyak-banyaknya traffic ke blog setiap hari.

Bagaimana caranya blog mendapat traffic/kunjungan yang banyak dan kamu dapat me-monetize (menghasilkan uang), itu mungkin akan saya bahas di artikel lain. Lagian masih malu sama senior-senior di area ini 🙂

Di sini saya akan sharing beberapa hal penting dalam mendapat traffic blog.

Langkah 9: Buat artikel yang panjang

Salah satu tips yang saya dapat dari beberapa pakar Search Engine Optimaztion (SEO) adalah, buat artikel yang
p anjang. Seperti artikel yang sedang kamu baca saat ini memilliki sekitar 3000an kata.

Memang sih dalam beberapa kasus beberapa artikel yang saya buat hanya berjumlah 300 kata, tapi bisa cepat naik ke peringkat 3 besar google.

Menurut beberapa pengalaman dari para ahlinya, artikel dengan 3000an kata ternyata bisa menempati ranking teratas hasil pencarian Google.

Artikel yang panjang, gemuk, dan membantu banyak orang. Artikel bermanfaat.

Langkah 10: Tulis sedikit opini

Tulis lebih banyak yang secara langsung menjawab pertanyaan yang sering dicari orang.

Daripada menulis tentang ‘Foto Editan itu Tidak Alami’, lebih baik menulis tentang ‘Cara Edit Foto Supaya Kulit Halus di Photoshop’. Menjawab pertanyaan orang lain itu bisa membantu pembaca, hasilnya kamu akan mendapat traffic blog.

Ada yang bilang, menulis itu bukan tentang kamu, tapi tentang pembacamu.

Mungkin kamu tidak setuju dengan quote ini. Tapi kalau kamu ingin blogmu dikunjungi, cobalah ambil sudut pandang penulisan yang bisa menjawab pertanyaan banyak orang.

Langkah 11: Jangan cepat menyerah

Sangat wajar kalau dalam 3 bulan pertama kamu hanya mendapatkan kurang dari 50 kunjungan perhari.

Di bulan ketujuh dan seterusnya lah blog kamu bisa lepas landas. Karena Google juga perlu waktu untuk menilai blogmu.

Blog pertama saya butuh waktu sekitar 6 bulan untuk mendapatkan trafik yang saya inginkan.

Dalam beberapa kasus, ada blog saya yang bisa menguasai peringkat atas google dalam waktu 1 bulan saja. Namun itu hanya musiman saja. Dan kebetulan blog tersebut dibangun pada saat momen yang pas.

Asiiiik, bahasannya sudah habis. Pingin ngopi dulu…..

Belum habis, masih banyak.

Nanggung nih, sekali ngomong sekalian abisin aja. hehehe….

Ada yang terlewat. Kita kembali ke laptop yaaaa…..

Baca artikel ini sambil tiduran juga boleh, seperti kakak ini 😀

Jangan cepat menyerah. (Foto ilustrasi, sumber: freeimages.com)

Lakukan 9 Hal Ini Begitu WordPress terinstal

Ada beberapa yang harus kamu atur di wordpress. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk memaksimalkan blogmu. Sebagian bahas ulang yang di atas, supaya kamu ga lupa.

1. Atur Permalinks

Ini sering diabaikan oleh blogger. Selesai bikin blog lalu tidak melakukan apa-apa terhadap blognya. Termasuk mengubah Permalinks.

Permalink adalah singkatan dari Permanen Link. Dalam bahasa indonesia berarti tautan permanen. Permalink itu sebuah tautan atau link bersifat permanen yang menuju pada artikel blog.

Banyak yang menyebutnya link padahal bukan. Itu adalah sebuah URL. Permalinks bawaan (default) WordPress adalah “yoursite.com/?p=123″

Masuk dashboard wp-admin (yoursite.com/wp-admin) masuk ke ‘Settings’, di menu dropdown pilih ‘Permalinks’. Ubah dari ‘Plain’ menjadi ‘Post name’.

Banyak yang percaya kalau permalink dengan post name bisa membantu dalam peringkat pencarian Google juga.

Sebagai contoh.
Permalink artikel ini jadinya: https://kelilinglampung.net/2019/04/cara-membuat-blog-wordpress/

2. Lakukan Backup

Jangan karena sudah percaya dengan keamaan hosting lalu kita tidak melakukan backup. Saran saya, kamu harus melakukan backup untuk jaga-jaga kalau kamu melakukan kesalahan.

Saya pernah instal plugin yang ternyata justru merusak blog saya sehingga tidak bisa diakses oleh pembaca. Solusinya saat itu adalah, saya harus memanggil backup agar blog bisa berjalan normal kembali.

Saat itu saya belum mengetahui manfaat dari backup dan hanya berharap dari keajaiban idwebhost.

Saat saya hubungi customer service idwebhost dan menceritakan pengalaman blog saya, mereka langsung memeriksa backup blog saya di server mereka. Beruntungnya saya, ternyata saya pernah backup blog saya entah kapan, saya juga lupa 😀

Blog bisa kembali berfungsi, sesuai dengan backup yang tersimpan. Dalam kasus saya ini, backup terakhir adalah 1 tahun sebelum. Sedangkan dalam 1 tahun itu saya menulis banyak artikel.

Dan saya harus merelakan beberapa artikel tersebut hilang agar blog bisa berfungsi kembali.

Agar kamu tidak mengalami hal serupa, baiknya melakukan sendiri backup blog. Ada banyak plugin bagus yang bisa membantu melakukan backup.

3. Hapus Plugin

Saat instal wordpress, ada beberapa plugin yang secara otomatis terinstal. Kamu tidak akan memerlukan semua plugin itu. Jadi ya hapus saja semuanya.

Berikutnya instal beberapa plugin yang kamu perlukan. Yang sering saya pakai adalah: plugin ‘Google Analytics dari MonsterInsights’ dan ‘Yoast SEO dari Team Yoast’. Juga beberapa plugin untuk share ke media sosial.

4. Instal Theme yang bagus.

Themes itu fungsinya agar tampilan kita bagus dilihat. Themes mengatur tata letak, huruf, warna, dan fungsi.

Saat kita instal wordpress beberapa themes ikut terinstal. Baiknya kamu tidak gunakan themes tersebut. Cari theme lain yang berfungsi baik. Kalau perlu beli theme premium yang powerful dengan harga terjangkau.

Sebelum membeli themes, kamu harus cari tahu dulu tentang themes tersebut. Lihat demonya, apa kelebihan dan kekurangannya. Setelah yakin, baru membelinya.

5. Mulailah menulis artikel yang bagus

Tulislah artikel yang bermanfaat bagi pembaca. Buat pembaca betah di blogmu dan membaca sampai habis artikelmu.

Kalau bisa, tulis artikel panjang seperti ini yang menjawab banyak pertanyaan orang yang membutuhkan info.

Jadilah otentik dan bermanfaat.

Cara membuat blog - cara meningkatkan seo - type-1238233-639x415
(Foto ilustrasi, sumber: freeimages.com)

6. Konsisten dengan Niche Blog

Apa itu niche blog?

Ada yang menjelaskan bahwa niche itu adalah “topik”. Jadi Niche Blog berarti toik yang dibahas di sebuah blog.

Kalau saya artikan, niche blog itu adalah topik yang lebih sempit yang dibahas dalam sebuah blog. Jadi bukan sekadar blog dengan niche pariwisata misalnya. Kalau bisa lebih spesifik lagi.

Bisa jadi, kamu buat blog yang khusus membahas pariwisata Lampung. Atau membuat 1 blog dengan niche wisata kuliner yang ada di Lampung.

Niche teknologi masih terlalu luas, kamu bisa membuat blog dengan niche teknologi Handhone terbaru misalnya.

Niche kesehatan juga masih terlalu luas, kamu bisa persempit lagi menjadi blog kesehatan ibu hamil.

Konsistensi niche blog ada pengaruhnya dalam SEO. Juga bisa memberikan pengunjung blog rasa nyaman dan betah di blog kamu.

Blog kelilinglampung ini ga konsisten, jangan ditiru yahh….

7. Resize ukuran foto sebelum upload

Kelihatannya sepele ya. Ukuran foto yang besar ada pengaruhnya lho dengan kecepatan loading blogmu.

Kamu bisa menggunakan sofware photoshop untuk resize foto di laptop/pc. Kalau tidak punya software photoshop dan tidak mau instal di pc, kamu bisa melakukannya secara online di laman resizeimage.net.

Untuk foto ukuran besar di artikel, kamu bisa resize foto ke ukuran 900 pixels. Dan 350 pixels untuk foto ukuran kecil dan untuk penggunaan featured images.

8. Atur komentar yang masuk

Komentar spam akan sangat mengganggu. Oleh karenanya atur komen agar sebelum muncul harus melalui persetujuanmu terlebih dahulu.

Untuk mengaturnya kamu bisa masuk ke “Settings” lalu klik “Discussion”.

Hilangkan tanda centang di ‘Allow people to post comments on new articles’ kalau kamu mau tidak ada yang komentar di blog.

Atau di bagian ‘Before a comment appears’, kasih tanda centang di ‘Comment author must have a previously approved comment’. Sehingga setia komentar masuk harus melalui moderasi terlebih dahulu.

9. Buat password yang sulit ditebak dan ganti secara rutin

Untuk menghindari blogmu dibajak oleh orang lain, langkah paling baik adalah buat password yang susah ditebak. Buat password yang panjang dan kombinasikan huruf, angka, dan karakter.

Hindari penggunaan kata ‘password’ sebagai password, tanggal ulangtahun, alamat rumah, dan sebagainya yang berhubungan dengan data dirimu.

Baca juga:
* Toko Kamera di Lampung, Praktis Belinya dan Bisa Pesan Sesuai Kebutuhan

* Lion Parcel Luncurkan Aplikasi Mobile, Kirim Paket Tidak Perlu Keluar Rumah

Ayo kita Ngeblog

Memulai membangun blog sendiri itu menyenangkan. Saat ini hampir semua orang memiliki laptop, PC, dan handphone yang tersambung ke internet. Bisa saja mereka mengakses blogmu. Ada puluhan juta orang bahkan ratusan yang memerlukan info.

Mengikuti semua tips canggih dari banyak blogger berhasil, itu tidak menjadi jaminan kamu bisa berhasil juga. Perlu niat, usaha, dan kesabaran dari diri kamu juga.

Kamu bisa menggaet ratusan pembaca dalam 6 bulan itu sudah sangat bagus. Masuk akal menarget ratusan orang di 6 bulan pertama.

Kamu jangan menyerah menulis dan bosan saat blogmu sepi pengunjung. Sama seperti hobi yang lain, olahraga, fotografi, traveling, semua butuh proses. Termasuk dalam menjadi blogger yang blog-nya banyak dikunjungi.

Setiap hari ribuan bahkan jutaan blogger baru muncul. Hal ini juga bisa menjadi motivasi bagimu untuk menjadi travel blogger, food blogger, stylish blogger, lifestyle blogger, beauty blogger, terbagus diantara yang bagus.

Blog milikmu bisa bermanfaat bagi banyak orang yang membutuhkan info, dan bermanfaat bagi daerah tempat kamu tinggal.

Memulainya, ikuti saja cara membuat blog di atas. Sehingga kamu memiliki blog/website sendiri. Dan semoga kamu bisa menjadi blogger keren dan sukses.

Selamat ngeblog 🙂


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *