Foto Pantai Mutiara Baru Karya Makmur Labuhan Maringgai Lampung Timur - @devianggraini199
Pantai Mutiara Baru di Labuhan Maringgai, Lampung Timur, juga asyik lho buat foto-foto. Lihat saja foto ini 🙂 (Foto: IG @devianggraini199)

Kabupaten Lampung Timur juga memiliki pantai yang memesona. Tidak perlu membandingkan dengan keindahan pantai-pantai lain di Lampung, pesonanya tetap indah untuk dinikmati. Termasuk Pantai Mutiara Baru yang akan kita bahas ini.

Pantai Mutiara Baru adalah salah satu pantai indah di pesisir Timur Lampung. Memiliki hamparan pasir yang luas dengan hiasan pepohonan bakau dan cemara pantai yang rindang di sekitarnya.

Baca juga:
* Gua Pandan di Giri Mulyo Lampung Timur, Unik dan Penuh Misteri

Lokasi Pantai Mutiara Baru

Pantai ini berada di arah Selatan Pantai Kerang Mas. Dari Labuhan Maringgai berjarak sekitar 13 kilometer.

Dari Pelabuhan Bakauheni jarak tempuhnya sekitar 58 kilometer. Dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam, via Jalan Lintas Pantai Timur Sumatera.

Di Karya Makmur kamu akan berbelok ke kanan. Dari jalan besar ke pantai, jaraknya tinggal sekitar 2,4 kilometer lagi. Melewati pemukiman dan area tambak.

Alamat:
Desa Karya Makmur, Kecamatan Labuhan Maringgai,
Kabupaten Lampung Timur.

Harga Tiket Masuk

Foto Pantai Mutiara Baru Karya Makmur Labuhan Maringgai Lampung Timur - @yosefstwn_
(Foto: @yosefstwn_)

Untuk masuk kemari kamu akan dikenakan biaya tiket masuk yang termasuk terjangkau. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir.

Pada awal mulanya, tarif masuknya hanya Rp. 5.000. Namun mengikuti perkembangan dan untuk berbagai keperluan pengelolaan, harganya dinaikkan.

Tiket masuk: Rp. 10.000 per orang.

Jam Buka

Pantai ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Pukul: 06:00 – 18:00

Pesona Pantai Mutiara Baru

Sebenarnya pantai ini sudah mulai dikelola dari tahun 2017. Namanya mulai ikut terangkat seiring dengan semakin ramainya Pantai Kerang Mas di Desa Muara Gading Mas.

Di hari lebaran 2019, pantai ini sempat kedatangan 1000 lebih pengunjung. Sebuah angka yang lumayan, mengingat lokasi pantai ini jauh dari kota besar.

Kelebihan pantai ini adalah memiliki hamparan pasir yang luas. Pasir putihnya membentang dari selatan ke utara. Kalau diukur mungkin mencapai 800 meter lebih.

Di beberapa titik tanaman mangrove tumbuh dengan baik. Menjadi pembatas area tambah dengan pantai berpasir. Turut menjaga area di belakangnya dari abrasi serta menambah kerimbunan area pantai.

Bagi kamu penyuka satwa, di pantai ini sering terlihat kemunculan burung kedidi putih. Bernama latin Calidris Alba, burung migran (pendatang) ini bisa berpindah-pindah sejauh 1.000 – 3.000 km.

Kamu bisa mengamati burung dengan paruh bewarna hitam ini saat pagi dan sore. Yaitu persis setelah matahari terbit (sekitar 07:00 WIB) dan saat menjelang matahari terbenam.

Selai itu di sini juga sering ditemukan kerang kepah atau kerang laut putih. Banyak juga pengunjung yang sekadar ingin tahu mencarinya. Atau juga untuk dibawa pulang dan dikonsumsi.

Cara mendapatkannya cukup mudah, hanya dengan menggaruk-garuk pasir.

Foto Pantai Mutiara Baru Karya Makmur Labuhan Maringgai Lampung Timur - @devianggraini199
(Foto: @devianggraini199)

Sudah banyak pengunjung pantai ini yang berasal dari jauh. Termasuk dari Bandar Lampung dan wisatawan luar Lampung yang kebetulan melintas.

Bahkan sering terlihat komunitas-komunitas datang rekreasi kemari. Ada dari komunitas mobil, komunitas motor, komunitas fotografi, dan lain sebagainya.

Baca juga:
* Pantai Kerang Mas di Labuhan Maringgai Lampung Timur

Recommended

Keindahan pantai ini jangan dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Lampung. Karena karakternya yang berbeda.

Bisa menjadi destinasi wisata pantai alternatif saat berkunjung ke Kabupaten dengan semboyan Bumei Tuwah Bepadan (arti: Daerah yang Memberikan Kemakmuran) ini.

Kamu bisa camping dan menunggu matahari terbit di sini. Karena pantainya persis menghadap ke timur. Atau sekadar menikmati suasana bersama keluarga dan orang terkasih.

Ayo geh yay, liburan ke Pantai Mutiara Baru di Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published.