Perintah Presiden ke Menhub: Dalam 2 Minggu Ada Penerbangan Internasional ke Lampung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Perhubungan agar paling lama 2 (dua) minggu dari sekarang sudah ada penerbangan internasional dari dan ke Bandara Internasional Radin Inten II Lampung.

“Yang kedua, transportasi dari kota Bandar Lampung menuju bandara lewat kereta bandara juga harus mulai disiapkan. Sehingga kalau nanti kapasitas bandara ini membesar karena growthnya tinggi sekali di sini itu sudah ada persiapan kereta bandaranya juga,” Pinta Jokowi selanjutnya.

Hal tersebut dikatakan Presiden Jokowi setelah selesai meresmikan Terminal Baru Bandar Udara (Bandara) Internasional Radin Inten II, Branti, Lampung Selatan, Jumat (08/03) pagi.

Baca juga:
* Didampingi Gubernur Ridho, Presiden Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Bandara Internasional Radin Inten II - Penerbangan Internasional - 5
Presiden Jokowi setelah selesai meresmikan Terminal Baru Bandar Udara (Bandara) Internasional Radin Inten II, Branti, Lampung Selatan, Jumat (08/03) pagi. (foto: ist)

Presiden RI Jokowi berharap dengan adanya terminal baru di Bandara Radin Inten II ini perekonomian Lampung bisa semakin bergairah, terutama di sektor pariwisata.

Presiden Jokowi berharap tempat-tempat wisata di Lampung yang banyak sekali, juga bisnis, investasi di Lampung akan semakin bergairah lagi kedepannya. “Ini akan mendukung percepatan pertumbuhan dari Bandara Radin Inten II ini,” ujar Presiden.

Selain itu, Presiden telah memerintahkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi K. Sumadi untuk menyerahkan pengelolaan Bandara Radin Inten II kepada Angkasa Pura (AP) 2, agar pengelolaannya ke depan lebih cepat. Sehingga anggaran Kementerian Perhubungan bisa konsentrasi ke bandara-bandara yang lainnya.

Bandara Internasional Radin Inten II - Penerbangan Internasional - 1

Gubernur Lampung menambahkan, bahwa dalam beberapa waktu ke depan Bandara Gatot Subroto di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung juga akan dibuka untuk penerbangan komersil.

Penerbangan pertamanya melayani rute Bandara Gatot Subroto – Bandara Internasional Raden Inten II.

Menanggapi hal ini, Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan kepada Gubernur Ridho bahwa terkait status Bandara Internasional Raden Inten II akan lebih ditekankan dan dievaluasi secara menyeluruh.

Hal tersebut dilakukannya agar Bandara Internasional Raden Inten II tidak hanya status. Seluruh fasilitas, kondisi dan keadaan bandara harus memenuhi kriteria bandara Internasional.

“Dalam satu minggu ke depan kita mantapkan lagi segala bentuk kesiapannya,” ujar Budi.

Usai peresmian, Presiden Joko Widodo meninjau beberapa titik di terminal Bandara Radin Inten II. Termasuk titik tempat kedatangan, pemeriksaan keamanan, hingga tempat calon penumpang menunggu.

Baca ini juga:
* Citilink Terbangi Jakarta (Halim) – Lampung – Palembang – Padang

Bandara Internasional Radin Inten II - Penerbangan Internasional - 4
Berkeliling melihat fasilitas Bandara Internasional Radin Inten II. (foto: ist)

Bagaimana pendapatmu yay atu?

Kalau kamu belum tahu, selama ini Bandara Internasional Raden Inten II itu ada di bawah kewenangan langsung Kementerian Perhubungan RI. Bukan di bawah kewenangan Pemprov Lampung maupun Angkasa Pura II.

Sejak awal pemerintahannya, Ridho Ficardo berkali-kali meminta perbaikan dan peningkatan status bandara. Sejauh ini sudah terlihat perbaikan fasilitas dan status Bandara Internasional Radin Inten II.

Kita tunggu ya ada penerbangan langsung internasional dari/ke Bandara Radin Inten II Lampung. Agar kegiatan bisnis investasi dan pariwisata Lampung bisa lebih bergairah lagi.


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *