Hari Kopi Internasional 2017, Lampung Jadi Tuan Rumah

Hari Kopi Internasional 2017 – Ada kabar gembira bagi pecinta dan penikmat kopi yang ada di Lampung. Provinsi Lampung akan menjadi tuan rumah dalam even Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober 2017 mendatang.

Teman-teman Keliling Lampung penikmat kopi pasti bakal banyak yang hadir nih 😀

Dengar-dengar nih, bakal ada 10 (sepuluh) provinsi penghasil kopi di Indonesia yang bakal ikutan di acara ini. Nanggroe Aceh Darussalam,  Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur dan Bali.

Selain itu ada beberapa negara tetangga yang bakal hadir. Mereka ini negara yang biasa membeli kopi-kopi Indonesia. Ada Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung Tony Tobing menjelaskan, akan ada beberapa kegiatan seru di acara Hari Kopi Internasional ini. Antara lain; wisata kopi, pemutaran film dan dokumentasi mengenai kopi, pameran produk kopi, praktek budidaya kopi robusta, pagelaran busana dan tari.

Juga ada bantuan bibit dan alat untuk petani kopi, lomba kuliner berbahan kopi robusta, lomba barista, lomba test cup, dan pastinya ada minum kopi gratis dong ya.

Dan yang terakhir ada perayaan Hari Kopi Internasional 2017.

Dalam rapat persiapan Hari Kopi Internasional di Ruang Rapat Asisten Bidang Ekbang, Kamis (8/6/2017), Adeham mengatakan acara berskala internasional ini mempunyai andil penting dalam upaya meningkatkan nilai tambah untuk memperkenalkan serta mempromosikan kopi asal Provinsi Lampung terutama kopi robustanya.

“Even ini sebagai upaya untuk menyejahterakan petani kopi dan mengajak masyarakat untuk mencintai kopi dalam negeri khususnya kopi robusta asal Lampung.” Ujar Adeham.

(Sambil ngopi baca ini ya: Air Terjun Putri Malu)

Hari Kopi Internasional 2017 - keliling lampung- yopie pangkey

(Ilustrasi; Kopi Fine Robusta Lampung di salah satu kedai kopi di Bandar Lampung)

Tentu saja acara sebesar ini memerlukan pemikiran dan pekerjaan yang maksimal ya. Agar semuanya bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

Apalagi yang akan datang ke acara ini ada dari luar negeri dan dalam negeri. Kita sebagai tuan rumah tentu tidak mau acara Hari Kopi Internasional ini terlihat tidak bagus bukan.

Oya, Menteri  Perindustrian Airlangga Hartarto ternyata sudah menyetujui acara yang akan diadakan di Lampung ini. Pak Menteri sudah mengirim surat kepada Gubernur Lampung pada 22 Februari lalu.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo sangat konsen dengan kemajuan produk kopi Lampung. Gubernur pasti anggap acara ini sangat penting bagi kemajuan tersebut.

Acara seperti ini tentu bisa meningkatkan nilai tambah Kopi Lampung kepada para pembeli. Juga sebagai ajang mengenalkan dan promosi Kopi Robusta Lampung secara nasional dan internasional.

Jadi tunggu saja keseruan acara Hari Kopi Internasional 2017 di bulan September dan Oktober mendatang ya.


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *