Tapis Evolution – Semangat Kreatif Eksplorasi Tapis

Tapis Evolution ini dibuat untuk menyambut perkembangan tapis Lampung. Ketua panitia Festival Tapis ini Khairul Anom menyatakan bahwa acara ini digagas oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Tujuannya untuk memicu semangat kreatif dalam mengeksplorasi tapis, dilihat dari karya seni maupun sebagai produk industri.

Tapis Evolution - Festival Tapis - 2
Gelaran Kedua

Tapis Evolution siap digelar oleh Lampung Segalow bersama Dinas Koperasi. Ini merupakan gelaran kedua yang diadakan, setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Lampung Coffee Festival (Lacofest) pada 7-8 Desember 2016. Kelilinglampung bersama beberapa akun media sosial yang ada di Lampung juga ikut meramaikan Lacofest lho, dan insyaAllah di Tapis Evolution juga.

Kalau kamu sempat hadir di Acara Lacofest lalu, pasti kamu bakal suka acaranya. Pengunjung dimanja dengan suguhan kopi berkualitas yang disuguhi oleh anak-anak muda kreatif Lampung yang tekun dalam penyeduhan kopi. Selain itu banyak juga lomba-loba dengan hadiah yang menarik.

Nah kali ini Lampung Segalow menghadirkan Festival Tapis dengan tema yang membuat kita ‘agak’ berpikir ini. Kita simak yuk.

Tentang Tapis Evolution

Tapis Evolution akan digelar pada tanggal 11 dan 12 Februari 2017. Berlokasi di Lapangan korpri Gubernuran. Bakal banyak acara seru seperti pameran kerajinan tapis, pertunjukan dan perlombaan. Di festival tapis ini kita dapat menelusuri tapis, mulai dari proses pembuatan kain tapis, wujud dan motif tapis serta berbagai produk derivatnya. Kita bisa menikmati berbagai macam hiburan khas Lampung dengan citarasa anak muda. Juga bakal ada berbagai kompetisi di Tapisfest sebagai sarana pelibatan warga dalam memajukan tapis Lampung.

Tapis Selalu Menarik untuk Terus Digali

Sudah tahu kan kalau Tapis itu adalah warisan budaya Lampung. Kemegahan tapis dan mahkota siger dari Indonesia menuai banyak pujian pada pembukaan Olimpiade 2016. Banyak juga perancang busana dalam dan luar negeri yang mengeksplorasi tapis dalam karya-karyanya.

Coba perhatikan, geliat perkembangan kerajinan tapis di Lampung. Tapis menjadi unggulan industri pariwisata di daerah ini. Tapi sayangnya, pembaharuan tapis sebagaimana produk tenun daerah lain, tidak secepat produk batik yang telah kini sudah menjadi budaya industri. Tapis masih dominan berdiri pada kondisi konvensionalnya, yaitu pakaian adat buatan tangan yang berbiaya relatif mahal.

Differensiasi produk tapis sebenarnya sudah banyak dilakukan, seperti motif tapis untuk cetak baju, kaos dan lainnya. Penetrasi ornamen tapis juga sudah banyak bertebaran di ruang-ruang publik di Lampung. Tapi usaha yang masif ini tidak seimbang dengan pencarian ekspresi kreatifitas. Yang terjadi adalah padatnya corak tapis dan siger yang bertebar dimana-mana. Hal ini bukan tidak mungkin justru menimbulkan kejenuhan visual terhadap tapis.

Karena itu, pembaharuan tapis menjadi kebutuhan yang penting. Tapis harus menjadi instrumen imajinatif yang menarik untuk terus digali.

Digagas oleh Gubernur Lampung

Tapis Evolution ini dibuat untuk menyambut perkembangan tapis di Lampung. Ketua panitia Festival Tapis ini Khairul Anom menyatakan bahwa acara ini digagas oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Tujuannya untuk memicu semangat kreatif dalam mengeksplorasi tapis, dilihat dari karya seni maupun sebagai produk industri.

Anom menambahkan, acara ini diharapkan bisa memunculkan ide-ide baru untuk memajukan tapis, terutama untuk menginspirasi perluasan pasar. “Sehingga pelaku UKM memiliki keleluasaan mengembangkan produknya,” ujar Anom.

Mungkin karena gubernurnya masih muda, maka acara-acara yang mengangkat warisana budaya Lampung seperti ini dibawakan dalam nuansa anak muda pula. Penuh dengan kreatif dan hal-hal baru.

Acara Atraktif

Di Tapis Evolution ini acara akan berlangsung dari siang hingga malam hari, menggelar berbagai pertunjukan dan hiburan. Selain pameran produk tapis ada perlombaan untuk anak-anak sampai dewasa. Hadiahnya jutaan rupiah. Lomba-lombanya bakal seru, mulai dari lomba inovasi tapis, lomba lukis mural, lomba lukis kaos, lomba mode tapishari’a, lomba tari kreasi dan festival musik.

Venue di lapangan Korpri gubernuran yang luas, tentu membutuhkan banyak kreativitas agar bisa menarik pengunjung. Venue atraktif yang menyajikan berbagai spot dijanjikan oleh panitia. Pengunjung akan banyak pilihan tempat untuk menikmati acara.

Jakartapis

Untuk meramaikan event ini, panitia akan mengadakan Jakartapis dan talkshow. Jakartapis ini adalah sebuah gelaran reuni warga Lampung yang tinggal di Jakarta pada car free day, 29 Januari 2017. Informasi lengkap dapat diakses di tapisevolution.com dan WhatsApp 0822 7822 7452.

Penyelenggara

Tapis Evolution digelar oleh Dinas koperasi dan UMKM Provinsi Lampung bekerjasama dengan Komunitas Lampung Segalow yang juga mengadakan Lampung Coffee Festival Desember lalu.

Sebagai Pelindung adalah M. Ridho Ficardo (Gubernur Lampung). Penanggungjawab acara Satria Alam (Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Prov. Lampung, dan Ketua Panitia adalah Khairul Anom (Koord. Lampung Segalow).

Rangkain Acara

Acara akan terdiri dari: Ekshibisi Tapis, JakarTapis, Lomba Mural, Tapis on T-Shirt, Lomba Mode TapiShari’a, Lomba Evolusi Tari Lampung, Lomba Foto Tapis, Lomba Inovasi Tapis, dan Festival Musik Tapis.

Dan kemungkinan akan ada acara-acara tambahan lain yang gak kalah seru. Kita pantau saja info-info tambahan dari panitia.

(Baca juga: Ayo Ikuti Lomba-lomba di Tapis Evolution )

Lampung Banyak Acara

Semakin kemari Lampung banyak acara-acara yang mengangkat kreativitas anak muda. Mengangkat eksistensi anak muda sesuai keinginan mereka dan didukung pula oleh komunitas yang ada dan Pemerintah Daerah Lampung. Yakin aja, tingkat kebahagiaan warga Lampung bakal meningkat khususnya komunitas-komunitas anak muda Lampung.

Tingkat kebahagiaan warga ini memang jarang sekali diangkat. Padahal tingkat kebahagiaan itu juga bisa menjadi salah satu indikator keberhasilan suatu daerah.

Pro dan kontra pasti ada. Dan itu merupakan dinamika yang ada di masyarakat. Semua patut didengar. Kalau menurut kamu bagaimana?

 


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *