Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu – Way Kanan Patut Bersyukur diberi anugerah berupa keindahahan alam. Memiliki beberapa tempat wisata alam yang indah berupa air terjun. Salah satu air terjun yang ada di Way Kanan yaitu Air Terjun Putri Malu.

Apalagi wisata air terjun di Lampung sedang heboh-hebohnya dua tahun terakhir ini. Terlihat di banyaknya tag yang Keliling Lampung terima hampir setiap hari di instagram.

Air Terjun Putri Malu berada di wilayah administratif Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan. Namun secara wewenang berada di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Lampung. Karena berada di hutan kawasan.

Keliling Lampung kemari akan mendapatkan dua air terjun yang indah yang berdekatan.

air terjun putri malu - wisata way kanan - yopie pangkey - keliling lampung - 2

Air Terjun Putri Malu.

Cara ke Air Terjun Putri Malu

Menuju Air terjun ini, kita menuju Baradatu terlebih dahulu. Sekitar 17 kilometer dari Bukit Kemuning, sebelum Pasar Baradatu, kita bisa belok ke kiri. Ada jalan masuk setelah Indomaret di sebelah kiri Jalan Lintas Sumatera.

Dari jalan lintas kita harus menempuh sekitar 20an kilometer. Melewati Pasar Banjit, Menanga Siamang, Menanga Jaya. Berhenti di Kampung Juku Batu. Di situ kampung terakhir yang bisa dilalui kendaraan roda empat.

(Peta Google Map Juku Batu )

Baradatu – Juku Batu berjarak sekitar 20an kilometer. Bisa ditempuh dalam waktu 20-30 menit. Sedangkan Bandar Lampung – simpang masuk tadi, sekitar 160an kilometer. Bisa ditempuh dalam 3,5 – 4 jam.

Dari Juku Batu, kita harus meneruskan perjalanan dengan ojek gunung (ojek kopi). Ada banyak ojek kopi di situ. Motor modifikasi menyerupai motor trail.

Pengendara motornya terampil di medan berat. Bisa melahap tanjakan dan turunan bebukitan. Baik saat kering maupun dalam kondisi becek berlumpur.

Terakhir kemari, kami membayar mereka Rp. 100ribu perorang  permotor. Mereka sekaligus menjadi guide kami.

Juku Batu – Air Terjun Putri Malu ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dengan ojek. Melewati jalan setapak mendaki dan menurun yang seru dan mendebarkan.

Di musim kemarau jalur yang ditempuh sangat berdebu. Kita harus menutup hidung agar debu tidak masuk ke tenggorokan. Di musim hujan jalur akan sangat licin di beberapa titik. Semuanya penuh dengan keseruan.

air terjun putri malu - wisata way kanan - yopie pangkey - keliling lampung - 3

Air Terjun Yang Indah

Bisa dibilang air terjun Putri Malu adalah salah satu air terjun  megah yang ada di Lampung, khususnya Way Kanan. Selain Air terjun Gangsa (Curup Gangsa) di Kecamatan Kasui Way Kanan.

Ayo ke air terjun yang ada di Way Kanan…!!!

Bentuk tebing tempat air jatuh lumayan lebar melengkung. Air terjun jatuh dari ketinggian sekitar 60-70 meter. Menciptakan pemandangan yang menakjubkan bagi yang pertama kali datang dan melihat. Membuat rindu orang yang sudah pernah datang.

Airnya segar dan bersih, tidak ada perkampungan di aliran air di atasnya.  Kalaupun keruh itu karena endapan tanah yang terbawa. Jadi jangan ragu kalau ingin mandi di aliran airnya. Beberapa kali kemari, kami suka sekali mandi di situ.

Di air Terjun Putri Malu, kita bisa duduk-dudk saja menikmati keindahan dan keasrian alam sekitar. Atau coba jalan sedikit sekitar 50an meter. Ada Air Terjun Bukit Duduk di dekatnya. Ketinggian airnya kurang lebih sama. Bedanya debit airnya yang jauh lebih kecil.

Lokasinya di antara pepohonan tinggi. Memandang air terjun Bukit Duduk, kita akan merasa seperti memasuki dunia yang berbeda.  Suasana mistis dan indah. Yang jarang, bahkan tidak pernah, kita lihat di kota.

Mengingat jarak dan waktu, setiap ke air terjun Putri Malu kami selalu membawa bekal makan siang. Sekali waktu tidak membawa, kami seperti terburu-buru kembali ke Juku Batu. Jadi lebih baik bawa saja bekal secukupnya untuk mengisi perut selama di sana.

air terjun bukit duduk - wisata way kanan - yopie pangkey - keliling lampung - 1

Air Terjun Bukit Duduk.

Ayo ke Air Terjun Putri Malu

Berkali-kali berkunjung, kami selalu menikmati suasana keindahan. Setiap perjalanan mempunyai ceritanya masing-masing. Tidak pernah bosan.

Suasana ‘mystical beauty’ yang selalu membuat kami datang kembali. Jadi pilihan alternatif tempat wisata di Lampung. Satu tempat wisata di Way Kanan yang masih alami, segar, sejuk, dan indah.

Semoga Pariwisata Way Kanan semakin maju, Pariwisata Lampung semakin berkembang.

Ayo kita jalan-jalan wisata ke Way Kanan. Datangi Air Terjun Putri Malu yang indah. Semarakkan wisata air terjun di Lampung.

 


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

10 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *