10 Air Terjun di Way Kanan yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Air Terjun di Way Kanan – Mau cari tempat liburan di Lampung sudah mudah sekali saat ini. Destinasi wisata Lampung yang baru sudah mulai terekspos di banyak alur media sosial. Banyak wisata alam di Lampung yang secara perlahan mulai banyak dikenal. Termasuk banyak air terjun di Way Kanan yang bisa kamu coba saat akhir pekan atau liburan sekolah. Beberapa air terjun di Way Kanan itu mungkin sudah kamu tahu. Beberapa lainnya bahkan belum pernah Keliling Lampung kunjungi.

Sebelum menyambangi tempat wisata di Way Kanan tersebut, ada baiknya kita cari informasi sebanyak-banyaknya. ย Transportasi, akses, tempat makan, guide, biaya parkir, biaya keamanan, dan sebagainya. Jalan-jalan itu kan maksudnya untuk cari kesenangan. Jangan sampai karena waktu dan uang pas-pasan, sampai di tujuan malah mengeluh karena ini karena itu. Persiapkan segala hal sebelum pergi.

Saat ini ada banyak kontak yang bisa kita hubungi di Way Kanan. Sudah ada beberapa komunitas yang aktif di instagram. Kamu bisa follow semua akun ini: @kelilinglampung_ @lampunginsta @infolampung @lampuung dll. Atau akun-akun Way Kanan seperti: @wisata_waykanan @waykanan_insta @waykanankece @pemulawaykanan . Jangan segan komunikasi dengan mereka.

Curug atau Curup

Yang saya tahu air terjun itu nama lainnya “curug” yang sering digunakan di Jawa Barat. Sedangkan Curup adalah Kota Kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Masih belum tahu secara pasti kenapa di Kabupaten Way Kanan menggunakan kata “curup” untuk istilah air terjun. Jadi kalau saya menggunakan istilah “curup” di blog ini dan itu salah, mohon dimaafkan dulu ya.

Air Terjun di Way Kanan

Dulu Keliling Lampung tidak tahu kalau Way Kanan ternyata memiliki anugerah berupa banyaknya air terjun. Yang kami tahu hanya Way Kanan itu banyak hasil pertanian dan perkebunan. Saat pertama kali ke Way Kanan, saya langsung diajak ke Air Terjun Putri Malu. Saya langsung jatuh cinta kepada Way Kanan ๐Ÿ˜€

Nah sekarang sama-sama kita simak, air terjun di Way Kanan yang bisa kita sambangi. Yang ditulis di sini hanya sebagian kecil saja air terjun di Way Kanan. Kalau ada yang salah silakan dikoreksi di kolom komentar. Kalau ada usul air terjun yang perlu kami datangi, silakan usul juga di kolom komentar. Kalau mau ajak jalan bareng juga isi kolom komentar ya ๐Ÿ˜€

(Baca juga: 7 Destinasi Wisata Unggulan Lampung)

1. Putri Malu

Berada di dusun Juku Batu Kecamatan Banjit. Dari Pasar Banjit arahkan kendaraan ke Juku Batu yang ditempuh dalam waktu 30 (tiga puluh) menit. Dari Juku Batu, kita harus diantar oleh ojek trail dengan biaya sekitar Rp. 100.000. Sudah 3 kali kami kemari. Naik ojeknya sendiri sudah jadi hiburan tersendiri. Melintasi kebun kopi dan punggungan bukit yang indah. Saat kemarau sediakan tutup muka untuk mencegah debu masuk hidung/mulut. Di saat musim hujan jalurnya sangat licin. Semua penuh keseruan.

Bagi kami air terjun Putri Malu ini begitu megah dengan dindingnya yang lebar. Tak puas kalau hanya satu jam berada di sini. Airnya segar kalau ada yang mau mencoba berendam. Tapi jangan dekat-dekat dengan jatuhnya air ya. Lebih jauh berendam di jarak aman.

Air Terjun Putri Malu - Keliling Lampung - wisata way kanan - yopie pangkey

Putri Malu (Yopie Pangkey/Keliling Lampung)

2. Bukit Duduk

Di dekat air terjun Puteri Malu ada air terjun yang tak kalah indahnya. Dengan sedikit berjalan dalam waktu 15 menit, kita sudah bisa menjumpai air terjun Batu Duduk. Tersembunyi di antara rimbunnya pepohonan. Aliran airnya kecil, tidak sederas Putri Malu. Air terjun ini juga sangat indah untuk difoto.

bukit duduk - keliling lampung - air terjun di way kanan - yopie pangkey

Bukit Duduk. (yopie pangkey/@kelilinglampung)

3. Gangsa

Air terjun megah yang bisa kamu kunjungi berikutnya adalah Curup Gangsa. Berada di Kecamatan Kasui, bisa kamu tempuh dalam satu jam dari simpang Blambangan Umpu. Niatkan hati kalau mau kemari, karena kita harus melewati jalan yang belum bagus. Kalau kira-kira bakal ngedumel, lebih baik urungkan niat kemari.

Curup Gangsa itu sebenarnya berada di ujung aliran pengairan untuk pesawahan. Dinding tebingnya lumayan lebar (sekitar 20 meter) dan tinggi (sekitar 50 meter). Keliling Lampung baru sekali kemari. Ingin datang lagi untuk memotret dengan suasana berbeda.

(Baca: Curup Gangsa, Air Terjun Megah di Way Kanan)

4. Anggal

Berada di Dusun 8 Talang Kisam, Desa Suka Negeri, Kecamatan Gunung Labuhan. Dari jalan lintas Sumatera (dari arah Bandar Lampung) kita belok kiri, sekitar 2 km setelah rest area di perbatasan kabupaten. Dari Dusun 8 Talang Kisam kita bisa minta antar warga lokal ke curup Anggal. Atau bisa juga jalan kaki sejauh 2 km. Medannya tidak terlalu berat.

Curup Anggal ini unik menurut kami. Bentuknya seperti wahana air yang ada di water boom. Kita harus menyeberangi sungai yang dangkal untuk mencapai curup ini. Dulu banyak sekali anak muda yang berkemah di sini. Sekarang sudah sangat jarang.

(Baca: Curup Anggal, Air Terjun Unik di Way Kanan)

Curup Anggal - Keliling Lampung - 3

Anggal

5. Kinciran

Curug Kinciran berada di Kampung Bengkulu Tengah kecamatan Gunung Labuhan.

Curup Kinciran - Wisata Way Kanan - Desva

Curup Kinciran (Desva/@wisata_waykanan)

6. Curup Sembilan

Berada di Kampung Talang Sembilan, Desa Sukajadi, Kecamatan Kasui.

7. Semarang / Kayuagung

Air Terjun Semarang berada di dekat RW Semarang. Tepatnya di Desa Bhakti Negara, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan. Ada juga yang menyebutkan dengan nama air terjun Kayu Agung. Karena di sekitar air terjun ini ada sekitar 15 kepala keluarga yang menamakan kampunya dengan nama kampung Kayu Agung pada tahun 1970an.

Air terjun ini dulunya juga ramai didatangi orang. Namun semakin sepi seiring dengan debit air sungai yang mengecil. Mudah-mudahan kembali ramai dengan banyaknya foto yang dibagi di instagram.

8. Pinang Indah

Curup Pinang Indah berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Rebangtangkas. Memiliki tinggi sekitar 15 meter, air terjun ini terlihat cantik. Terbentuk dari aliran sungai yang cukup besar. Airnya jernih, kalau tidak hujan.

Curup pinang indah - wisata way kanan - desva

Pinang Indah (Desva/@wisata_waykanan)

9. Ranggal (Kedaton?)

Curup ranggal berada di kampung Kedaton, Kecamatan Kasui.
curup ranggal kecamatan kedaton kasui - Rahmat Hidayat 2012 - 2

Ranggal (Foto:ย Rahmat Hidayat)

10. Cangkah Kidau

Air terjun yang masih berada di Kedaton kecamatan Kasui ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Juntaian airnya begitu indah mengikuti bentukan bebatuan bertingkatnya.

Cangkah Kidau - Liburan di Lampung - Desva - Wisata Way Kanan

Cangkah Kidau (Desva – Wisata Way Kanan)

(Baca ini juga ya: Potensi Pariwisata Lampung)

Wisata Air Terjun Way Kanan

Memiliki luas sekitar 3922 km2, atau sekitar 10% luas Lampung, di sebelah Barat memiliki pegunungan dan lereng-lereng dari rangkaian Bukit Barisan. Dan sebagian besarnya merupakan dataran yang didominasi dengan pertanian dan perkebunan. Tentulah ini merupakan sebagian dari banyaknya potensi yang dimiliki.

Mungkin lain kali kalau masih ada umur panjang untuk wisata di Way Kanan, akan saya kunjungi satu persatu tempat wisata yang dimiliki Way Kanan sesuai kesanggupan. Yang penting tahu dulu kalau Way Kanan menyimpan begitu banyak potensi wisata.

Wisata alam di Lampung merupakan sebuah anugerah, khususnya di Way Kanan. Memiliki pegunungan, 9 sungai besar, dan banyak air terjun di Way Kanan. 10 air terjun yang saya bahas di sini baru sebagian dari banyak air terjun yang ada di Way Kanan dan Lampung pada umumnya. Belum semua air terjun tersebut sudah Keliling Lampung kunjungi. Namun paling tidak sudah menambah daftar air terjun di Lampung yang perlu dikunjungi berikutnya. Liburan di Lampung jadi lebih seru.


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

14 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *