Ulang Tahun Pertama IHGMA, 23 Hotel di Lampung Tawarkan Diskon 70 Persen

Indonesian Hotel General Manager Association Chapter Lampung merayakan hari jadinya yang pertama dengan mengadakan banyak acara. Keliling Lampung mendapat info bahwa berbagai acara untuk memeriahkan sudah direncanakan dan akan dihelat di seluruh hotel anggota IHGMA. Hal ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi dan untuk menegaskan keberadaan IHGMA Chapter Lampung dalam dunia usaha pariwisata Lampung. Salah satunya ada diskon hotel di Lampung sampai 70% lho.

Simak aja artikel ini yang Keliling Lampung rangkum saat mengikuti press conference 1st Indonesian Hotel General Manager Association Chapter Lampung yang dilangsungkan di Lounge Bar Hotel Novotel, Kamis (16/03/2017).

Indonesian Hotel General Manager Association Chapter Lampung - IHGMA Lampung - Yopie Pangkey - 2

Press conference 1st anniversary Indonesian Hotel General Manager Association Lampung Chapter

Sekilas IHGMA

Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) didirikan pada 20 April 2016 di Bali. Sebuah organisasi tempat berkumpulnya General Manager Hotel dari seluruh Indonesia yang bertujuan meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam bidang perhotelan dan berkontribusi bagi kemajuan pariwisata Indonesia.

Saat ini sudah ada 40 DPD (Dewan Pimpinan Daerah) atau Chapter di seluruh Indonesia. Dan Lampung sendiri mereka juga aktif dalam kegiatan sosial, rapat bulanan, hingga menjadi pembicara dalam seminar-seminar yang terkait dengan dunia pariwisata Lampung.

Banyak Acara yang Bisa dinikmati Masyarakat Lampung

Ada 4 (empat) rangkaian acara yang dapat dinikmati oleh masyarakat Lampung dalam acara ulang tahunnya IHGMA ini. Diadakan di hotel-hotel anggota IHGMA, Museum Lampung, Bundaran Gajah, dan di sekolah-sekolah. Yuk disimak apa saja acaranya.

Lampung Hotels Great Sale

Bagi yang suka datang menikmati banyak tempat wisata di Lampung akan bisa menikmati diskon hotel besar-besaran dalam program Lampung Hotels Great Sale, pada tanggal 15 Maret – 20 Juni 2017. Ada 23 (dua puluh tiga) hotel yang tergabung di dalam program diskon ini. Seru kan?!

“Menawarkan Diskon sampai dengan 70% (tujuh puluh persen), kami berharap masyarakat Lampung dapat merasakan tinggal di hotel berbintang atau non bintang dengan harga terjangkau.” Ujar Managing Director Emersia Hotel & Resort, Budi Rahman.

Lampung Hotels Cleaning Campaign

Salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di kota Bandar Lampung adalah Museum Lampung. Meskipun Museum Lampung berada di bawah wewenang Pemerintah Provinsi Lampung, IHGMA tetap merasa memiliki tanggung jawab atas terpeliharanya kebersihan museum.

Dilaksanakan pada tanggal 2 April 2017, kegiatan pembersihan museum bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Ikatan Housekeeping Indonesia, dan anggota IHGMA sendiri.

Lampung Hotels Food Festival

Yang seru dan diadakan di luar ruangan adalah kegiatan Food Festival di Tugu Adipura, pada hari Minggu 9 April 2017. Bekerjasama dengan Asosiasi Chef Provinsi Lampung atau Indonesia Chef Hotel Association, akan diadakan Demo Chef on The Road.

Jadi akan ada chef profesional dari 19 hotel anggota IHGMA yang akan melalakukan demo memasak dan menampilkan variasi menu khas hotel asalnya. Yang spesial di acara ini adalah, menu yang ditampilkan adalah kombinasi tradisional khas Lampung dan modern. Akan dibagikan gratis saat acara Car Free Day, Minggu (09/04/2017) pagi.

Mengenai menu-menu apa saja yang akan ditampilkan, Keliling Lampung mendapatkan jawaban di sesi tanya jawab. Antara lain gulai taboh, jajanan pasar ala Lampung, kue jala ala Lampung, sandwich Lampung, berbagai macam bubur, mie Lampung, nasi goreng kampung ala Lampung, dan minuman serbat.

“Lampung bukan saja destinasi wisatanya yang bisa dikenalkan, kuliner Lampung juga patut dikenalkan ke wisatawan.” Ujar Budi Rahman.

(Baca juga 7 Destinasi Wisata Unggulan Lampung)

Ditambahkan oleh Jhoni Johan, GM BUkit Randu Hotel & Resort, masakan hotel sebenarnya sama saja dengan masakan di tempat lain. Hanya beda cara olah dan penyajiannya saja. Di kesempatan ini warga jadi bisa mencicipi masakan khas dari masing-masing hotel.

Lampung Tourism Professional Training

Sebagai tambahan dalam rangkaian acara hari jadi, IHGMA Chapter Lampung juga mengadakan pelatihan terkait kepariwisataan ke sekolah-sekolah pariwisata di Lampung. Dilaksanakan tanggal 1-30 April 2017, pelatihan ini dimaksudkan agar bibit-bibit SDM yang akan memulai karier di dunia pariwisata mempunyai gambaran nyata tentang perhotelan.

“Ini sebagai pelatihan dasar bagaimana melayani (service) menjadi sangat penting dalam industri pariwisata.” Tegas Jhoni Johan.

Ditambahkan oleh pak Jaya, pelatihan seperti ini sangat penting untuk persiapkan sumber daya manusia di bidang perhotelan. “Ini investasi jangka panjang untuk persiapan wisata Lampung yang semakin maju dan untuk perkembangan dunia perhotelan di Lampung. Ini lebih tepatnya sharing sebenarnya. Berbagi pengalaman apa yang sudah kami alami di
dunia perhotelan.” Ujarnya.

Indonesian Hotel General Manager Association Chapter Lampung - IHGMA Lampung - Yopie Pangkey - 1

Sebagian Anggota Indonesian Hotel General Manager Association Chapter Lampung.

Puncak Perayaan Indonesian Hotel General Manager Association 1st Anniversary

Sebagai puncak acara Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) 1st Anniversary, akan diadakan seremoni di salah satu hotel anggota IHGMA. Turut mengundang jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, Dinas Pariwisata, PHRI, ASITA, dan beberapa organisasi kepariwisataan lain.

Saat tulisan ini diturunkan masih belum diketahui akan diadakan diamana seremoni tersebut, karena masih dibahas lebih lanjut.

(Baca juga ya: Potensi Pariwisata Lampung)

Membangun Gairah Dunia Pariwisata Lampung

Melalui rilis resminya, Managing Director Emersia Hotel & Resort, Budi Rahman, menyatakan bahwa seluruh rangkain acara di atas diharapkan dapat membangun gairah dalam dunia pariwisata di Lampung, khususnya Bandar Lampung.

“Kami optimis dunia pariwisata Lampung khususnya bisnis hotel di Provinsi Lampung akan lebih berkembang ke arah yang lebih bergairah dan menggembirakan.” Tutup Budi Rahman.

Nah kalau menurutmu bagaimana dunia usaha hotel di Lampung. Apakah pariwisata Lampung sedang bergairah juga saat ini? Apakah semakin banyak wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang akan datang berkunjung ke banyak tempat wisata di Lampung?


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *