7 Destinasi Wisata Unggulan Lampung

Lampung memilik banyak sekali tempat wisata yang menonjolkan keindahan alam. Dan setiap tahun angka kunjungan wisatawan selalu naik ke beberapa tempat wisata di Lampung. Hal ini tidak membuat berbagai pihak lengah. Banyak sekali pembangunan yang sudah dilakukan untuk mendukung dan mempromosikan destinasi Wisata Unggulan Lampung. Tidak langsung beres, namun secara bertahap pastinya.

Kali ini akan kita bahas apa saja destinasi wisata Lampung. Tidak secara panjang lebar, namun secara singkat saja ya.

Pulau Kelagian - destinasi wisata lampung - 6

Kawasan Wisata Kota Bandar Lampung

Banyak orang pasti bingung kenapa kota Bandar Lampung bisa menjadi destinasi wisata unggulan. Banyak yang berpikir Kota Bandar Lampung tidak memiliki daya tarik wisata sama sekali. Padahal saya yakin banyak sekali uang yang masuk ke kota Bandar Lampung karena banyak orang (wisatawan) yang datang.

Jadi begini. Kota Bandar Lampung itu bisa kita sebut sebagai etalase budaya Lampung. Banyak budaya dari luar Bandar Lampung yang ditampilkan di kota Bandar Lampung. Sebut saja melalui acara-acara festival tingkat kota maupun provinsi. Seperti Festival Krakatau dan Tapis Carnival misalnya. Banyak wisatawan yang datang untuk melihat acara-acara tersebut.

Sebut saja Gamolan, Sekura Cakak Buah, Tuping, Khakot, tarian-tarian daerah, dan seterusnya, yang sudah berkali-kali ditampilkan di kota Bandar Lampung.

Walaupun banyak wisatawan berkunjung ke kabupaten-kabupaten, banyak yang membeli oleh-olehnya itu di Kota Bandar Lampung. Meskipun hanya mampir sebentar membeli oleh-oleh, mereka itu wisatawan juga dan berbelanja banyak juga. Kota Bandar Lampung kecipratan untung juga.

Belum lagi kalau kita data, banyak sekali wisata kuliner di kota Bandar Lampung. Lalu ada sentra kripik di Gang PU dan toko-toko oleh-oleh lainnya. Ada Museum Lampung, Pulau Pasaran, beberapa pantai wisata, dll.

Kawasan Wisata Bakauheni dan Menara Siger

Pelabuhan Bakauheni merupakan Gerbang Sumatera. Selain pintu masuk lain seperti Bandara Radin Inten II. Di sekitar Bakauheni ada beberapa destinasi wisata yang belum diketahui banyak orang. Beberapa sudah mulai ramai di media sosial terutama instagram.

Sedangkan Menara Sigernya berdiri dengan megah. Dapat kita lihat dari kejauhan dari atas kapal menjelang sampai di Pelabuhan Bakauheni. Menjadi semacam ikon yang menyambut kedatangan orang-orang yang datang di Sumatera khususnya Lampung.

(Foto: Wisata patroli gajah di Way Pemerihan TNBBS)

Kawasan Wisata TNBBS

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan kawasan yang dikhususkan untuk pelestarian alam. Menjadi benteng terakhir hutan hujan tropis di Lampung. Memiliki ekosistem yang lumayan banyak bahkan lengkap. Mulai dari pantai, hutan hujan dataran rendah dan hutan hujan pegunungan.

Potensi utama Taman Nasional Bukit Barisan Selatan adalah sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, dan sebagai penyangga kehidupan serta mendukung pembangunan daerah. Jadi bisa saja kita melakukan pemanfaatan jasa lingkungan dan wisata alam di TNBBS. Hal ini untuk kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan TNBBS juga kan.

Kawasan Wisata Gunung Krakatau dan Pulau Sebesi

Lampung memiliki Gunung Anak Krakatau, sebuah kepulauan vulkanik yang masih aktif. Lokasinya di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatera. Menjadi cagar alam, semacam laboraturium alami tentang sebuah proses alam tanpa campur tangan manusia.

Saat ini banyak sekali wisatawan yang mendatangi Anak Krakatau, karena statusnya yang masih relatif aman meski aktif dan sering ada letusan kecil. Letusannya berjenis strombolian, sangat indah untuk diamati. Jarak aman adalah 2-3 kilometer.

Pulau Sebesi yang berjarak sekitar 17 (tujuh belas) kilometer menjadi salah satu tempat yang sangat aman untuk mengamati aktivitas erupsi Anak Krakatau. Selain untuk pengamatan, kita bisa melakukan snorkeling di sekitar Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku.

Kawasan Wisata Bahari Krui dan Tanjung Setia

Lampung memiliki banyak spot surfing di Pantai Pesisit Barat. Yang terkenal di kalangan surfer mancanegara dan nusantara adalah di Krui dan Tanjung Setia. Di Ibukota Kabupaten Pesisir Barat, Krui, kita bisa menikmati suasana pesisir yang begitu indah. Banyak pantai dengan ombak bagus untuk surfing dan banyak tempat untuk duduk-duduk sambil menanti terbenamnya matahari.

Tanjung Setia, sebuah pantai yang terletak sekitar 25 (dua puluh lima) kilometer dar Krui. Juga menjadi salah satu destinasi wisata di Lampung yang terkenal sampai ke mancanegara. Ombaknya disebut sebagai salah satu ombak terbaik di dunia untuk surfing. Kalau kamu surfer dan datang kemari. Kamu akan dimanjakan dengan banyaknya spot surfing di sini.

Kawasan Wisata Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) terletak di Kabupaten Lampung Timur. Selain menjadi pusat konservasi gajah juga ada Suaka Suaka Rhino Sumatera (SRS) di dekatnya. Yang kita patut bangga, SRS menjadi satu-satunya lokasi pengembangbiakan badak Sumatera secara semi-alami di Asia atau dunia.

Sedangkan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) sendiri sudah ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park) pada tahun 2016. Menjadikan TNWK sebagai Taman Warisan ASEAN ke-4 di Indonesia atau ke-36 di Asia Tenggara.

Dan tahu gak kamu, di TNWK ini ada hewan yang hapir punah lho. Antara lain Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit. Di bagian pesisit TNWK sering ditemukan Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau Raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.

Kawasan Wisata Teluk Kiluan

Nah kalau Teluk Kiluan, yakin deh sudah banyak yang tahu juga meskipun belum tentu pernah mengunjunginya. Ekowisata Teluk Kiluan ini mulai berkembang sejak mulai tahun 200

Yayasan Ekowisata Cikal sangat peduli dengan ekowisata berbasis masyarakat. Dengan peran serta masyarakat lokal dan pendampingan dari Cikal, Teluk Kiluan berhasil menjadi tempat wisata di Lampung yang terkenal di Nusantara.

Dari teluk Kiluan ini, kita bisa melihat lumba-lumba di habitat aslinya. Dengan menggunakan jukung/ketinting, sebuah perahu motor kecil yang bisa memuat 3 penumpang, kita diajak ke tengah laut melihat lumba-lumba berloncatan.

Selain lumba-lumba, kita bisa menikmati daya tarik alam di sekitar Teluk Kiluan. Pulau Kelapa memiliki pantai berpasir lembut dan indah untuk foto-foto. Lalu ada Laguna Gayau, sebuah kolam air alami hasil air laut yang terjebak di bebatuan karang. Kamu bisa berendam di sini. Meskipun aman, namun kita harus tetap hati-hati dan jangan ceroboh. Patuhi apa yang disarankan oleh guide lokal Kiluan.

Masih Banyak Destinasi Wisata Lampung Lainnya

Selain yang sudah disebut di atas, sebenarnya masih banyak tempat wisata lain yang ada di Lampung. Kalau kita amati, banyak sekali destinasi-destinasi baru yang muncul dan mulai dikunjungi baru kalangan terbatas saja. Pantai saja akun instagram @kelilinglampung_ dan @lampunginsta , kedua akun tersebut setiap hari selalu share foto-foto menarik, spot-spot foto bagus di Lampung. Baik hasil foto sendiri maupun hasil dari repost dari para follower mereka.

Yang jelas, Provinsi Lampung masih menyimpan banyak potensi yang bisa kita pergunakan dengan sebijak mungkin. Kita tentu bakal bangka banyak destinasi wisata di Lampung yang menjadi salah satu tempat wisata yang indah di Indonesia. Bukan hanya satu, bahkan bisa beberapa.

Jadi selain 7 kawasan wisata unggulan ini, Lampung juga memiliki banyak sekali daya tarik tambahan berupa alam, budaya, dan makanan. Kita semua bisa berperan aktif untuk membantu mengangkat pariwisata Lampung ini dengan cara masing-masing. Kalau menurutmu bagaimana?


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

9 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *