7 Gambar Curup Gangsa di Way Kanan yang Indah dan Megah

Air Terjun Gangsa - hasil foto Nikon 1 J5 - slowspeed - kelilinglampung.net - yopiefranz
Air Terjun Gangsa. di Kabupaten Way Kanan. (Foto: dok. kelilinglampung.net/ @yopiefranz)

Kelilinglampung.net – Berkunjung ke Curup Gangsa Way Kanan sudah menjadi list saya sedari masih jaman twitter. Instagram belum ramai, saya sudah melihat beberapa foto yang diambil oleh fotografer traveling. Alhamdulillah, niatan ini terwujud beberapa kali. Akhirnya bisa juga datang ke Curup Gangsa, selain ke Air Terjun Putri Malu.

Curup Gangsa, Air Terjun Gangsa, adalah air terjun yang berada di Way Kanan. Dinding air terjunnya lumayan tinggi dan lebar, membuatnya terlihat megah. Menjadi salah satu air terjun terindah di Provinsi Lampung.

Way Kanan ini memang dianugerahi bentangan alam yang sempurna. Memiliki pegunungan, perbukitan, dan sungai. Salah satu fenomena alam yang menjadi potensi wisatanya adalah air terjun. Ada banyak air terjun disini.

Baca juga:
* 10 Air Terjun di Way Kanan yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Lokasi Curup Gangsa

curup gangsa way kanan - hasil kamera nikon 1 j5 - yopie pangkey
(Foto: dok. kelilinglampung.net/ @yopiefranz)

Air Terjun Gangsa masuk di wilayah administratif Kecamatan Kasui. Berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Way Kanan, Blambangan Umpu. Atau sekitar 24 kilometer dari Jalan Lintas Tengah Sumatera, simpang ke Blambangan Umpu.

Peta Air Terjun Gangsa

Bisa lihat lokasinya di Google Map ini:

foto drone curup gangsa way kanan - rivaldihananto
Foto drone Curup Gangsa. (Gambar: Instagram @rivaldihananto)

Rute Menuju Curup Gangsa

Kalau dari arah Kota Bandar Lampung, atau Bandara Radin Inten II, kamu harus arahkan kendaraan ke Utara. Bisa lewat tol dari gerbang tol Branti dan keluar di gerbang tol Terbangi Besar.

Lalu melewati Kotabumi – Bukit Kemuning – Baradatu – Blambangan Umpu. Belok kiri di simpang empat Blambangan Umpu ke arah Kasui.

Persis setelah Polsek Kasui, belok ke kanan. Jalan sedikit berliku di Kota Kecamatan Kasui. Kalau ragu, jangan ragu untuk bertanya kepada warga. Dari pertigaan Polsek, air terjun masih berjarak kurang lebih 8 kilometer.

Harga Tiket Masuk Curup Gangsa

Harga Tiket Masuk curupgangsa way kanan - as_robby2
(Gambar: IG @as_robby2)

Pertama kali datang, kami belum membayar tiket masuk. Karena belum ada yang mengelolanya. Namun melihat info di berbagai blog, sekarang sudah ada tiket masuknya.

  • Tiket masuk: Rp. 10.000 per orang
  • Parkir motor: Rp. 5.000
  • Parkir mobil: Rp. 10.000
  • Parkir bus: Rp. 15.000

Pesona Air Terjun Gangsa

Lokasi Gangsa - barangtuo
(Gambar: IG @barangtuo)

Dulu membayangkan Way Kanan itu begitu jauh jaraknya dari Kota Bandar Lampung. Sehingga hanya bisa menikmati keindahan air terjun ini di foto yang tersebar di internet. Mungkin tidak lebih dari 5 foto bagus air terjun ini yang tersebar di tahun 2010an.

Pertama kali mendatangi air terun Gangsa, saya piknik bersama keluarga di tahun 2017. Mengajak istri dan anak. Ditemani oleh penggiat wisata Way Kanan, Pemula Way Kanan dan Way Kanan Insta.

Kalau istri sudah pernah kemari sebenarnya. Yaitu saat KKN di tahun 1997. Jadi saat itu, menjadi momen pertama saya dan momen kedua istri bertandang ke Gangsa.

gangsa waterfall - ean_war
(Gambar: IG @ean_war)

Air terjun Gangsa sangat megah, menurut saya. Susunan bebatuan besar yang membentuk dinding air terjun begitu terlihat megah.

Jarang sekali ada bentukan air terjun serupa ini di Lampung. Tinggi, besar, dan megah. Jadi wajar saja kalau saya, kelilinglampung.net, menobatkan Curup Gangsa di Kabupaten Way Kanan ini sebagai air terjun megah di Lampung.

Aliran airnya memang sudah melewati beberapa kampung diatasnya. Dan menjadi sumber air bagi persawahan disekitarnya.

Namun tetap saja, air terjun ini begitu indah dipandang. Juga terlihat sempurna saat diabadikan menjadi sebuah foto atau video.

Baca juga:
* Air Terjun Putri Malu

Recommended

gambar air terjun gangsa - yudivaizol
(Gambar: IG @yudivaizol)

Air terjun Gangsa adalah air terjun yang layak kamu datangi disaat liburan. Memang jaraknya lumayan jauh dari Bandar Lampung. Namun pengalaman perjalanan dan keindahannya masih layak dinikmati.

Curup Gangsa memiliki bentangan yang unik, cantik, dan megah. Tanpa ada spot foto tambahan, air terjun ini sudah cantik. Sekali jalan kemari, kita bisa mengunjungi beberapa air terjun lain yang ada di Way Kanan. Agar perjalanan jauh bisa maksimal dengan yang didapat. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *