Mie Khodon, Mie Tek-tek Gurih di Bandar Lampung

Mie Khodon - mie tek-tek enak di bandar lampung - kelilinglampung.net - yopie pangkey
Mie tek-tek enak di Kota Bandar Lampung. (Foto: dok. kelilinglampung.net/ yopie pangkey)

Makan di Mie Khodon di siang atau sore hari, bisa menjadi pengalaman wisata kuliner di Teluk Betung yang mengasyikkan. Pulang dari membeli oleh-oleh, atau dari berbagai destinasi di pesisir Teluk Lampung. Mampir saja kemari.

Mie Khodon adalah salah satu penjual mie tek-tek paling enak di Kota Bandar Lampung. Rasa kuahnya terkenal gurih. Racikan bumbunya terasa sekali saat kita menyeruput kuahnya.

Baca juga:
* Enaknya Ngopi dan Ngemie di KOPI MI Pahoman

Lokasi Mie Khodon

Lokasi Mie Khodon - bandar lampung - kelilinglampung.net - yopie pangkey
(Foto: dok. kelilinglampung.net/ yopie pangkey)

Mie Khodon berlokasi di Jalan Ikan Bawal, Teluk Betung Selatan. Berada di satu jalan dengan Chandra Supermarket dan Vihara Amurwa Bhumi Graha. Dan dekat dengan Taman Dipangga dan Polda Lampung.

Berjarak sekitar 350 meter (5 menit berjalan kaki) dari Hotel Yunna. Dan sekitar 600 meter (10 menit berjalan kaki) dari Jazz Guest House.

Sedangkan dari Tugu Adipura, berjarak 3,6 kilometer. Atau sekitar 10-15 menit dengan kendaraan.

Peta Mie Khodon

LIhat di peta Google Map:

Jam Buka

Mie Khodon buka setiap hari, dari siangs sampai sore. Kalau kamu mau mencobanya, sebaiknya mulai dari siang saja. Agar tidak kehabisan.

Karena biasanya sebelum jam tutup mie sudah habis. Dan kalau masih ada, siap-siap dan bersabar untuk antri.

Buka: 13:00 – 18:00 WIB

Menu dan Harga Mie Khodon

Apa saja yang bisa kita pesan disini?

Kita bisa memesan beberapa macam masakan dari bahan mie. Ada menu mie rebus biasa dan mie rebus spesial, mie goreng biasa dan spesial.

Juga ada bihun goreng biasa dan bihun goreng spesial. Lalu bihun rebus biasa dan spesial. Berbagai menu minuman, tersedia di sebelah. Kita bisa memesan es jeruk, es campur, es tomat, air mineral, dan lainnya.

Kalau soal harga, memang lebih mahal dari mie tek-tek yang sering lewat di depan rumah. Namun ada harga ada rasa. Bisa coba sendiri deh.

  • Mie rebus: Rp. 19.000,-
  • Air mineral Rp. 5.000,-

Rasanya Gurih

Sudah pernah makan mie tek tek keliling di komplek perumahanmu? Menurut saya, cita rasa Mie Khodon itu ya tidak beda jauh dengan yang keliling tersebut.

Bahannya juga sama; mie basah dan udang kering (ebi). Kedua bahan dan resep ini yang menjadi rahasia enaknya mie tek-tek Khodon.

Menurut penuturan pemiliknya saat ini, pak Subarno, mie-nya adalah buatan sendiri. Bahan mie sudah tentu terigu dan telur. Beberapa kawan mengatakan, rasa mie-nya hampir sama dengan mie godog.

Salah satu ciri khas mie tek-tek adalah, aroma kuahnya yang begitu khas. Terasa sekali ada aroma ebi. Dan harumnya bisa menyebar ke satu ruangan. Bisa membuat kita bersemangat untuk menghabiskan satu porsi mie.

Ada juga taburan kol, ebi, dan telur. Dan yang saya suka adalah, ada suwiran ayam goreng.

Sejarah Mie Khodon

Sekali waktu disaat agak longgar, sembari membayar saya sedikit bertanya-tanya kepada Pak Subarno. Ternyata asal nama Khodon itu adalah dari sebutan kakeknya. Saat itu sang kakek masih berjualan mie tek-tek keliling Teluk Betung. Nama itulah yang melekat hingga sekarang.

Dari kakek, usaha mie tek-tek ini diteruskan ke ayahnya Pak Subarno. Sang ayah, yang bernama Pak Manto, merintis usaha orangtuanya dengan berdagang di pinggir jalan. Yaitu di Jalan Ikan Tenggiri, di depan bekas pabrik batu es.

Di tahun 1990an saya sering makan di tempat lamanya ini. Dan saat itu, nama Mie Khodon sudah terkenal.

Kemudian Pak Subarno, di tahun 2000an, meneruskan usaha kakek dan bapaknya ini. Bukan di Jalan Ikan Tenggiri lagi. Tapi pindah ke lokasi baru yang tidak jauh dari lokasi sebelum. Yaitu di jalan Ikan Bawal, di dekat Vihara Amurwa Bhumi Graha.

Baca juga:
* Romantika Kopi Bola Dunia Lampung

Recommended

Itulah sedikit cerita mengenai sejarah, menu, dan rasa Mie Khodon. Kalau belum pernah, lebih baik kamu segera rencanakan untuk mencobanya.

Mie Khodon mie tek-tek terenak di Kota Bandar Lampung, sangat recommended untuk dicoba. Dari sisi pariwisata, lokasinya cukup strategis. Dekat dengan beberapa toko oleh-oleh terkenal. Dan dekat dengan rute wisata ke Teluk Lampung. Kamu bisa mampir sebelum atau sesudah piknik. Rasa kuahnya maknyos, terasa sekali bumbunya. Dan aromanya sungguh mengundang. Silakan mencoba.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *