Bukit Pangonan dan Talang Indah Pringsewu, Asyik Buat Foto

bukit pangonan pringsewu - @putri.lailawati
Salah satu spot foto di Bukit Pangonan Pringsewu. (Gambar: Instagram @putri.lailawati)

Kelilinglampung.net – Kalau mau jalan-jalan ke Pringsewu masih bingung mau kemana? Coba deh datang ke Bukit Pangonan dan Talang Air Indah Pajaresuk. Sebuah wisata bukit favorit anak muda di Pringsewu Lampung. Selain terkenal sebagai salah satu penghasil padi, Pringsewu ternyata asyik juga buat foto-foto.

Bukit Pangonan terlihat selalu update setiap tahunnya. Mengikuti perkembangan wisata yang digemari anak muda. Yang masih sama adalah, tempat wisata ini menjual gabungan daya tarik keindahan alam dan daya tarik buatan.

Baca juga:
* 10 Foto Indahnya Taman Sabin Pringsewu

Tempat wisata ini, menyajikan wisata spot foto di area perbukitan. Di sini, disediakan berbagai spot foto yang menarik. Pengunjung bisa memilih sesuai keinginan.

Penataan berbagai fasilitas di antara alam yang masih asri, terlihat asyik. Hal ini yang menjadikannya digemari oleh pengunjung. Bahkan banyak juga yang sedanja datang dari jauh dari kabupaten/kota lain.

Lokasi Bukit Pangonan

foto bukit pangonan pringsewu - kelilinglampung.net - yopie pangkey
(Foto: dok. kelilinglampung.net/yopie pangkey)

Lokasi spot foto ini, cukup mudah dicari. Di pinggir jalan utama ada papan nama petunjuk arah masuk. Satu lokasi dengan Talang Indah Pajaresuk, dan Taman Kota Pringsewu.

Alamat:

Fajar Esuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Peta Bukit Pangonan dan Talang Air Pajaresuk

Rute Menuju Bukit Pangonan.

Kalau kita dari arah Kota Bandar Lampung, lewati dulu Pasar Pringsewu. Terus menuju ke arah Kotaagung, maju sekitar 3,5 kilometer.

Kita akan melintasi SPBU di sebelah kiri jalan, dan di sebelah kiri ada aliran irigasi. Nanti di sebelah kanan jalan, ada Taman Pemakaman Umum. Jalan masuk ke BukitPangonan dan Talang Indah Pajaresuk persis sebelum TPU tersebut. Ada tulisan “Wisata Bukit Pangonan”.

Harga Tiket Masuk Bukit Pangonan

harga tiket masuk bukit pangonan pringsewu - @putri.lailawati
(Gambar: Instagram @putri.lailawati)

Masuk ke area taman wisata ini, kita diharuskan membayar tiket masuk. Murah tidak mahal guys.

Namun untuk menikmati tiap spot foto di sini, kita harus membayar lagi.

  • Tiket Masuk: Rp. 5.000
  • Spot Foto: Rp. 3000 – Rp. 5.000

Talang Indah Pajarersuk

talang indah pajareruk pringsewu - kelilinglampung.net - yopie pangkey
Talang Indah Pajareruk. (Foto: dok. kelilinglampung.net / Yopie Pangkey)

Di Talang Indah Pajarersuk ini ada talang air buatan Belanda yang masih ada sampai sekarang. Namun sepertinya sudah dilakukan renovasi.

Talang air buatan Belanda untuk mengairi sawah-sawah yang ada di Pringsewu. Dengan panjang sekitar 100 meter, menyeberangkan air melwati lembah di atas ketinggian sekitar 30an meter.

Sudah menjadi spot foto sejak dulu, bahkan sebelum dikelola menjadi tempat wisata seperti sekarang. Foto-foto disini bisa menghasilkan foto yang bagus. Fotogenik.

Banyak anak muda, dewasa, orang tua datang kemari. Juga beberapa kali terlihat pasangan yang sedang sesi foto pre-wedding disini.

Bukit Pangonan

bukit pangonan lampung - @putri.lailawati
(Gambar: Instagram @putri.lailawati)

Kalau sebelumnya hanya ada talang air yang menjadi daya tarik pengunjung. Saat ini, sejak beberapa tahun lalu, sudah ada Bukit Puncak Pangonan. Dikelola oleh masyarakat sekitar.

Menyeberangi talang air, kita bisa menuju Puncak Bukit Pangonan. Ada jalan setapak yang mengarah ke atas bukit. Di tengah pendakian, bisa istirahat terlebih dahulu. Ada beberapa kios yang menjajakan minuman dan makanan ringan.

Sampai di puncak bukit Pangonan, kita bisa melihat pemandangan indah Pringsewu dan sekitarnya. Yang suka foto-foto kekinian, pengelola menyediakan beberapa spot foto.

Maraknya pengguna instagram sangat membantu ramainya tempat wisata di Pringsewu ini. Spot-spot foto dengan latar belakang bebukitan dan pepohonan semakin menambah daya tariknya.

Disini ada panggung kayu yang membentuk 3 huruf, ILU. Ada yang berbentuk perahu. Ada ayunan, sayap burung, kelopak bunga, dan sebagainya. Tinggal kita pilih sesuai selera.

Fasilitas

bukitpangonan pringsewu - @triznadhewii
(Foto: Instagram @triznadhewii)

Berbagai fasilitas disiapkan oleh pengelola Wisata Bukit Pangonan untuk memanjakan pengunjungnya. Tersedia lahan parkir yang sangatluas. Puluhan mobil bisa tertampung, apalagi kendaraan roda dua.

Di dekat parkiran, ada kolam renang anak-anak. Ada toilet dan air yang cukup.

Ada beberapa warung warga sekitar yang menjajakan makanan dan minuman. Tak perlu kawatir kalau tidak membawa bekal dari rumah.

Baca juga:
* 10 Foto Cantik Wisata Villa Gardenia Lampung

Tempat yang Asyik

gambar bukit pangonan - tempat wisata di pringsewu yopie pangkey
(Foto: dok. kelilinglampung.net/@yopiefranz)

Dulu kita mungkin bingung, kalau jalan-jalan ke Pringsewu harus kemana. Sekarang sudah ada pilihan tempat wisata yang asyik buat foto-foto.

Bukit Pangonan, Talang Air Indah Pajaresuk, Taman Kota Pringsewu, bisa kita datangi di saat libur akhir pekan. Kalau mau sepi, bisa datang di hari kerja. Banyak spot foto, ada berbagai fasilitas, ada pemandangan indah di puncak bukit. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *