Air Terjun Pagasan yang Indah di Pagelaran Utara Pringsewu

Foto Gambar Air Terjun Pagasan - Pagelaran Utara Pringsewu - aanmocha-1609156899906
(Foto: Instagram @aanmocha)

Air Terjun Pagasan – Tidak banyak yang tahu kalau Kabupaten Pringsewu juga menyimpan banyak potensi wisata alam. Termasuk air terun yang ternyata ada beberapa dan tersebar di daerah dengan julukan Bumi Jejama Secancanan.

Air Terjun Pagasan adalah air terjun dengan dinding dan aliran air terjun yang indah. Air terjunnya tidak jatuh tegak lurus, melainkan jatuh berundak-undak di tebing bebatuannya.

Baca juga:
* 10 Foto Indahnya Taman Sabin Pringsewu

Video

Bisa lihat dulu videonya sebelum lanjut membaca 🙂

Lokasi Air Terjun Pagasan

Foto Gambar Air Terjun Pagasan - Pagelaran Utara Pringsewu - rendy_mldn-1609157063382
(Foto: IG @rendy_mldn)

Tentu kita bertanya-tanya ya di mana lokasi air terjun yang belum banyak diketahui banyak orang ini.

Air terjun ini berada di daerah Utara kabupaten Pringsewu. Melihat lokasinya di peta, ternyata dekat dengan Bendungan Batu Tegi.

Berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Waktu tempuhnya sekitar 3 jam bekendara.

Sedangkan dari Pringsewu berjarak sekitar 50 kilometer. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam dengan berkendara.

Rute:

Kalau kamu dari arah Pringsewu, arahkan kendaraan ke Pasar Pagelaran. Lalu belok ke kanan menuju Fajar Baru dan Desa Neglasari.

Kalau dari arah Sukoharjo, arahkan kendaraan menuju Banyumas Lurus dan Pagelaran Utara. Kemudian menuju ke Neglasari dan sekitar Pagasan.

Dari Bandar Lampung, selain lewat Pringsewu, juga bisa lewat Tegineneng. Setelah Bandara Radin Inten II, belok ke kiri ke arah Negerikaton – Bangun Sari – Adi Luwih – Sribasuki – Pasar Kalirejo. Lalu arahkan kendaraan menuju Neglasari dan Pagasan.

Alamat

Air Terjun Pagasan Pringsewu
Pekon Way Kunyir, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu.

Peta

Bisa cek lokasinya di peta berikut ini.

Pesona Air Terjun Pagasan

Kalau kamu baru melihat fotonya saja kamu sudah bisa jatuh cinta dengan air terjun ini. Karena bentuk dinding air terjunnya yang unik. Batu cadas yang berundak-undak sehingga membuat air terjunnya jatuh bertingkat-tingkat.

Aliran airnya tidak terlalu deras dan debitnya juga tidak besar. Sehingga asyik buat main basah-basahan atau mandi di aliran airnya.

Air Terjun Pagasan ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari Bendungan Batu Tegi lho. Sehingga sangat potensial sekali menjadi satu destinasi wisata.

Selain pepohonan hutan yang masih rimbun, di sekitar air terjun terdapat juga perkebunan warga. Kamu bisa melihat dari dekat pohon-pohon cokelat, pohon sawit, dan persawahan warga.

Karena aksesnya yang masih belum mumpuni, tentu saja belum banyak wisatawan/traveler yang datang kemari. Bisa kita bilang ini adalah air terjun tersembunyi milik Pringsewu.

Karena akses jalan yang ada baru bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Kendaraan mobil belum bisa menjangkau lokasi air terjun.

Namun bukankah banyak air terjun juga memiliki masalah yang sama ya. Kita bisa berjalan kaki trekking atau naik ojek kebun yang ada di perkampungan.

Menuju air terjun ini kita bisa melihat suasana sehari-hari perkampungan yang masih asri. Dan menjelang sampai kita sudah bisa mendengar suara air dari kejauhan.

Lokasi air terjun ini seperti sebuah cerukan kecil di bumi. Dikelilingi pepohanan rindang, kita bisa memandang air terjun dari posisi sejajar dari arah depan.

Foto Gambar Air Terjun Pagasan - Pagelaran Utara Pringsewu - aanmocha-1609156886451
(Foto: IG @aanmocha)

Airnya jatuh berundak-undak sehingga membentuk sebuah air terjun yang unik dan indah. Di dasar air terjun ada semacam kolam yang bisa untuk berendam dan berenang.

Lalu airnya mengalir ke arah kanan air terjun. Tidak seperti kebanyakan air terjun yang airnya mengalir lurus ke arah bawahnya.

Kalau kamu berminat kemari ada baiknya membawa bekal makanan dan minuman. Karena belum ada fasilitas memadai di sekitar. Atau kalau membeli makanan dan minuman, bisa di warung atau toko yang kamu jumpai di desa.

Santai, duduk-duduk, foto-foto, bermain air di sini sangat mengasyikkan. Akan menambah daftar destinasi wisata yang sudah kamu kunjungi di Lampung.

Baca juga:
* Bukit Pangonan dan Talang Indah Pringsewu, Asyik Buat Foto

Kesimpulan

Berkunjung ke destinasi yang masih tersembunyi, yang masih jarang dikunjungi, bisa sangat mengasyikkan.

Karena belum banyak yang tahu dan belum banyak yang memiliki foto dan cerita seru di tempat tersebut.

Kalau kamu hobi eksplorasi tempat wisata baru, maka berkunjung ke Air Terjun Pagasan Pringsewu ini akan sangat menyenangkan. Ayo kita berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *