Ketoprak dan Empal Gentong Romo di Enggal

Ketoprak Empal Gentong Romo Enggal - kelilinglampung.net - yopie pangkey
Ketoprak dan Empal Gentong Romo, di Jalan Sudirman, Enggal. (Foto: dok. kelilinglampung.net / yopie pangkey)

Kelilinglampung.net Mencari ketoprak dan Empal Gentong terdekat yang enak di Enggal Tanjung Karang Pusat? Kalian bisa mudah menemukan kuliner khas Cirebon ini di dekat Taman Gajah (Elephan Park) Enggal. Sudah coba Ketoprak Romo belum?

Ketoprak Romo sudah dikenal oleh masyarakat Bandar Lampung. Khususnya yang sering melewati Jalan Sudirman di seputaran Enggal. Setau saya, ketoprak Romo sudah lama berjualan. Kalau tak salah sudah dari tahun 90an.

Baca juga:
* Warung Pindang Kepala Simba Restu Murni

Lokasi Ketoprak dan Empal Gentong Romo

Lokasi ketoprak ini berada di komplek ruko Jalan Sudirman. Di seberang toko kue Yussy Akmal dan Gelael. Atau sekitar 350 meter dari Tugu Adipura. Satu-satunya ketoprak disitu.

Termasuk dekat dari beberapa hotel. Sekitar 750 meter dari Anugerah Express dan Whiz Prime Hotel. 450 meter dari Grand Anugerah. Dan 550 meter dari Hotel Pelangi. Kesemuanya ini jarak kalau berjalan kaki.

Peta Ketoprak Romo

Bisa dilihat petanya di bawah ini, dari Google Map.

Jam Buka

Untuk bubur ayam dan empal gentong bukanya dari pagi, pukul 09:30. Sedangkan ketoprak mulai dari sore pukul 16:00. Tutupnya malam sekitar pukul 23:00.

1. Ketoprak Romo

Ketoprak Romo Enggal - kelilinglampung.net - yopie pangkey
Ketoprak Romo Enggal. (Foto: dok. kelilinglampung.net / yopie pangkey)

Ada banyak tukang/penjual ketoprak. Namun ketoprak yang satu ini menjadi favorit kami. Pernah dalam satu kurun wamtu, hampir setiap hari makan disini. Karena kantor berada tidak jauh dari tempatnya berjualan.

Walau tempatnya sederhana, namun pengunjung dan pembelinya tidak pernah sepi. Kalau kita makan disini, akan terlihat pembeli datang silih berganti. Ada yang makan di tempat dan ada yang dibawa pulang.

Bumbu kacang Ketoprak Romo halus dan banyak. Rasanya gurih dan terasa manis khas kacang. Menjadi andalan dan digemari pelanggannya. Berbeda dari ketoprak kebanyakan di sekitar.

Saya belum sempat bertanya apa bumbu rahasianya. Kapan-kapan ingin mengobrol dengan pemiliknya dan bertanya-tanya 😀

Isi lainnya, sama dengan ketoprak pada umumnya. Ada bihun, toge, potongan tahu goreng, dan potongan ketimun. Ditambah taburan bawang goreng dan kerupuk. Saat kita memakannya, ada kombinasi segar, gurih, manis, renyah. Nikmat sekali.

Oya, ada menu tambahannya selain yang sudah disebut diatas. Yaitu sate telur puyuh dan telur asin. Saya suka keduanya. Telur puyuh dan telur asinnya enak banget. Tapi yang paling saya pilih adalah telur asinnya. Suka dengan rasanya yang pas, tidak terlalu asin.

2. Empal Gentong Romo

Empal Gentong Romo Enggal - kelilinglampung.net - yopie pangkey
Empal Gentong Romo Enggal. (Foto: dok. kelilinglampung.net / yopie pangkey)

Selama tinggal di Bandar Lampung, jarang sekali saya makan empal gentong. Karena selama ini jarang memperhatikan penjualnya.

Belakangan ini, semakin sering memakannya. Karena sejak Ketoprak Romo memiliki ruko, ada jualan empal gentong juga. Ketoprak tetap berjualan di gerobaknya, empal gentong dan bubur di ruko.

Kalau makan berdua bersama istri, kami selalu pesan ketoprak dan empal gentong. Bisa tukaran makan berdua.

Rasa empal gentongnya enak. Kuahnya termasuk berasa strong, berasa tebal bumbu-bumbunya. Ada rasa gurih, manis, dan dominan asin.

Sedangkan dagingnya sangat lembut dan mudah dikunyah. Dagingnya juga gurih dan nikmat. Satu porsi empal gentong plus sepiring nasi, bisa membuat kita kenyang.

Harga

Harga keduanya standar untuk jenis kuliner yang sama.

  • Ketoprak: Rp. 14.000
  • Empal Gentong: Rp. 25.000

Baca juga:
* Warung Bakso Podo Moro Mas Min, Bakso Enak di Rajabasa!

Recommended

Kalau kamu tinggal di sekitaran Enggal dan belum pernah mampir, oba deh mampir ke Ketoprak dan Empal Gentong Romo ini. Rata-rata yang mencoba bakal ketagihan.

Rasa Ketoprak Romo enak sekali, segar, gurih dan nikmat. Empal gentongnya juga layak dicoba. Jangan lupa mencoba sate telur puyuh dan telur asinnya juga. Dan banyak juga pelanggannya yang bilang kerupuknya enak dan renyah. Saya sudah berkali-kali makan disini. Bagaimana dengan kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *