Liburan ke Bandar Lampung Yuk, Datangi 20 Tempat Wisata Ini!

Kelilinglampung.net – Untuk menuju Kota Bandar Lampung, saat ini terasa mudah sekali. Banyak penerbangan langsung, sudah ada Tol Trans Sumatera, juga berbagai bus dan ada kereta api dari Palembang. Kamu masih bingung dimana saja tempat wisata di Bandar Lampung? Harus kemana saja, dimana tempatnya?

Wisata Bandar Lampung ada banyak. Ada berbagai tempat wisata di Bandar Lampung yang bisa kamu kunjungi dalam 1 (satu hari). Ada wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wista kuliner, wisata belanja, wisata buatan, dan lainnya.

Tinggal tergantung kamu sukanya apa. Sesuaikan saja minat dan passionmu dengan destinasi yang akan kamu tuju di Kota Bandar Lampung.

Tempat Wisata di Bandar Lampung

Mari kita datangi satu-persatu daya tarik kota Bandar Lampung yang kita sayangi ini yuk.

1. Museum Negeri Lampung

Koleksi Museum Lampung - Wisata Bandar Lampung - Yopie Pangkey
Salah satu koleksi Museum Lampung, rumah Kenali dari Lampung Barat.

Tempat wisata di Bandar Lampung yang kita bahas pertama adalah Museum Lampung. Museum ini berlokasi di Jl. ZA. Pagaralam, dekat underpass Unila. Juga tidak jauh dari terminal Rajabasa.

Museum Lampung memiliki banyak koleksi. Seperti: benda-benda hasil seni, keramik dari negeri Siam dan negeri Cina dari jaman Dinasti Ming, stempel dan mata uang kuno berasal dari masa penjajahan Belanda.

Pada bulan Februari 2016, koleksi Museum Lampung berjumlah 4751. Ada koleksi geologika, biologika, numismatika/heraldika, filoqika, keramologika, seni rupa dan teknologika. Koleksi langka unggulan berupa bejana perunggu yang ditemukan di Sri Minosari Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Di lantai satu ada koleksi berbagai peninggalan prasejarah, benda-benda zaman Hindu – Budha, zaman kedatangan Islam, masa penjajahan, dan paska kemerdekaan RI. Di Lantai dua, ada koleksi aksesori dua sub-etnik Lampung. Saibatin dan Pepadun.

2. Tugu Adipura / Tugu Gajah

Tugu Adipura - Bundaran Gajah - Foto Udara Kota Bandar Lampung - Budhi Marta Utama
Kawasan bundaran Tugu Adipura (Foto: Budhi Marta Utama)

Tugu Adipura merupakan landmark di jantung kota Bandar Lampung. Tugu ini dikenal juga sebagai tugu gajah, karena ada 4 patung gajah di tengah kolam di bagian bawah tugu ini. Terletak di perempatan jalan di antara jalan Radin Intan, jalan A.Yani, jalan Jenderal Sudirman dan jalan Diponegoro.

Tugu adipura menjadi salah satu pilihan warga Bandar Lampung untuk bersantai menikmati kuliner jalanan seperti bandrek dan somay. Atau foto-foto bersama kawan-kawan dan keluarga. Terlihat lebih ramai di malam minggu. Di Minggu pagi, area sekitar tugu gajah dari pertigaan Gramedia jalan Raden Intan ditutup , dipakai untuk senam, jalan pagi, dan bermain warga kota.

Di saat-saat tertentu, kamu bisa melihat banyak wisatawan foto-foto di sekeliling tugu ini.

3. Kawasan Jalan Kotaraja dan Pasar Bambu Kuning

Bambu Kuning - Pasar Tengah - Budhi Marta Utama
Kawasan Pasar Tengah – Bambu Kuning dilihat dari atas. (Foto: Budhi Marta Utama)
Bambu Kuning - Yopie Pangkey - Keliling Lampung
Keliling pasar tradisional Bambu Kuning bisa jadi menyenangkan. Ada tawar penawar harga antara penjual dan pembeli.

(Baca juga: 7 Oleh-oleh Khas Bandar Lampung )

Kawasan ini adalah pusat Kota Tanjungkarang dulu sekali. Banyak sekali saksi sejarah perkembangan kota Bandar Lampung di kawasan ini. Seperti Gereja Kristus Raja, Masjid Taqwa, Stasiun Kereta Api, Gedung Juang 45, Terminal Pasar Bawah, Pasar SMEP, dll.

Tempat-tempat tersebut sudah ada sebelum Bandar Lampung ramai seperti sekarang ini. Kita bisa bernostalgia dan mengira-ngira, seperti apa Tanjungkarang tempo dulu. Coba saja berjalan di Pasar Tengah, dari Plaza Pos ke Jalan Pangkal Pinang. Masih ada beberapa ruko lama yang bertahan. Kita bisa berburu pakaian dan kopi di sini.

Sedangkan Pasar Bambu Kuning adalah pasar tradisional yang paling terkenal di kota Bandar Lampung. Di situ ada beragam pakaian, perhiasan, cindera mata, perlengkapan acara adat, dll. Di dekatnya ada Gereja Marturia yang juga menjadi saksi sejarah kota Bandar Lampung.

4. Masjid Al-Anwar

Masjid Al Anwar - Kota Bandar Lampung - Yopie Pangkey
Tiang-tiang ini adalah bagian masjid di awal mula dibangun.

Masjid ini didirikan pada tahun 1875, 8 (delapan) tahun sebelum meletusnya Gunung Krakatau dengan dahsyatnya. Berada di Jalan R.E. Martadinata di kawasan Kampung Palembang, Teluk Betung. Masjid yang sudah pernah dipugar pada tahun 1888 ini masih digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim sampai sekarang.

Pernah terkena sapuan tsunami setinggi 40 meter akibat letusan Krakatau, namun tetap berdiri kokok meski ada kerusakan. Kalau mau melihat bangunan aslinya, kita mesti masuk ke dalam. Tiang-tiang di tengah bagian masjid itulah bagian asli masjid di masa lalu. Bangunan yang sekarang adalah pengembangannya.

Di sini kita bisa melihat peninggalan-peninggalan masa lalu seperti meriam yang ada di halaman. Juga ada Al-Quran cetakan batu di sini.

5. Vihara Thay Hin Bio

Vihara Thay Hin Bio - Budhi Marta Utama
Vihara Thay Hin Bio (Foto: Budhi Marta Utama)

Masih di kawasan Teluk Betung, kita bisa melihat-lihat Vihara Than Hin Bio. Posisinya tepat sebelum deretan toko oleh-oleh yang ada di jalan Ikan Kakap. Sekali parkir, kita sudah bisa belanja oleh-oleh dan wisata sejarah di sini.

Pada awalnya vihara ini didirikan atas keinginan masyarakat Lampung keturunan Tionghoa. Dinamakan Vihara Kuan Im Thing. Dalam perjalanannya vihara ini diperluas dan berganti nama menjadi Vihara Than Hin Bio.

6. Monumen Gunung Krakatau

Sebenarnya monumen ini adalah sebuah rambu laut seberat 250kg yang terlempar karena hempasan tsunami setinggi 40 meter akibat letusan Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883.

Berada di depan Kantor Polda Lampung, monumen ini berada di Taman Dipangga yang asri dan sejuk. Banyak pepohonan besar yang ditanam di situ. Berada di Jl. W.R. Supratman Telukbetung Bandar Lampung, menjadi titik nol kilometer Lampung.

7. Taman Kupu-kupu Gita Persada

Taman kupu-kupu Gita Persada - tempat wisata bandar lampung - yopie pangkey
Kupu-kupu di Taman Kupu-kupu Gita Persada.

Taman kupu-kupu Gita Persada terletak di Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Di kaki Gunung Betung, bersebelahan dengan Taman Rusa Tahura Wan Abdul Rahman. Menuju kemari bisa lewat Sumur Putri dan Bumi Kedaton. Namun kalau dari pusat kota, saya memilih lewat Perum Langkapura. Hanya sekitar 3 km dari SLB dengan kondisi jalan yang bagus.

Di taman ini kita bisa melihat banyak kupu-kupu dari dekat. Selain itu bisa belajar tentang siklus kehidupan kupu-kupu dimulai dari kepompong. Waktu terbaik berkunjung adalah di pagi hari saat cuaca cerah.

8. Kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman

Tahura Wan Abdul Rahman - tempat wisata di bandar lampung - Yopie Pangkey
Salah satu viewing platform di Tahura WAR.

Ada banyak spot yang bisa kita kunjungi di sini. bisa melihat dan mencoba viewing platform Tahura Wan Abdul Rahman (Tahura WAR).

Kita bisa mendatangi Taman Rusa, beberapa air terjun yang ada didalamnya, dan youthcamp.

Di Taman Rusa, sudah disediakan beberapa spot foto cantik dan lucu. Sudah banyak anak muda, dan keluarga yang berkunjung kemari. Biasanya mereka foto-foto lalu upload di Instagram.

9. Wira Garden

Wira Garden - @trybunchul
Wira Garden. (Gambar: Instagram @trybunchul)

Tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, kamu bisa bersantai di alam terbuka yang segar di Wira Garden.

Berbagai fasilitas disediakan di Wira Garden. Cocok kalau kamu ingin mengajak keluarga dan anak-anak untuk santai sejenak disini.

Ada aliran sungai yang berasal dari air terjun Batu Putu di Wira Garden. Kamu bisa foto-foto di berbagai sudutnya.

Harga tiket masuk: Rp 12.500.

10. Puncak Mas

Puncak Mas - Wisata Bandar Lampung - hasil foto Nikon 1 J5 - Yopie Pangkey
Puncak Mas.

Sama seperti destinasi sebelum, Puncak Mas juga dikelola oleh swasta. Menawarkan pemandangan kota Bandar Lampung dan sedikit Teluk Lampung dari ketinggian. Biaya masuk Rp. 10ribu/orang, kita bisa memilih pondokan untuk duduk-duduk.

Ada banyak viewing platform yang disediakan di sini menggunakan pohon-pohon tinggi dan kokoh. Bahkan musholla-nya pun dibuat di atas pohon, seru. Ada beberapa pondokan penjual makanan di sini. Jadi jangan kawatir kalau lapar dan haus.

Menambah daftar tempat wisata di Bandar Lampung yang bisa kamu kunjungi bersama kawan-kawan atau keluarga.

11. Pantai Duta Wisata

Pantai ini tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Bandar Lampung, Tugu Adipura. Banyak pondokan dan ada warung seafood dengan rasa yang lezat dan banyak pengunjung.

Pantainya memang berkarang, cocok buat warga yang ingin duduk-duduk santai bersama kawan atau keluarga. Dari Duta Wisata, kita bisa memandang sebagian kota Bandar Lampung dengan latar depan perairan Teluk Lampung.

12. Pantai Queen Artha

Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandar Lampung bagi warga yang tidak ingin pergi terlalu jauh. Kita mesti membayar tiket masuk yang tidak terlalu mahal di pantai ini. Letaknya sekitar 2 km dari gerbang Pantai Duta Wisata.

13. Taman Bumi Kedaton

Bumi Kedaton Resort Lampung - Heni Puspita
Bumi Kedaton Resort Lampung (Foto: Heni Puspita)

Bandar Lampung memiliki beberapa taman rekreasi di pinggiran kota, salah satunya Bumi Kedaton. Taman satwa dan wisata ini memilik cottage dan beragam permainan rekreasi. Tersedia camping ground, cottage, water park, jalur jogging. Ada sungai yang mengalir dari lereng Gunung Betung.

Kalau mau makan, di Bumi Kedaton juga tersedia menu-menu seperti ikan mas panggang, ayam panggang. Jadi tidak perlu kawatir kalau tidak membawa makanan dan lapar di sini.

Suasananya tenang, damai, rindang, memberikan suasana menyenangkan bagi yang ingin jauh dari hiruk pikuk kota. Dan taman ini tidak terlalu jauh juga dari pusat kota. Terletak di Kelurahan Batu Putuk Teluk Betung. Untuk reservasi bisa hubungi 0721-7488047 dan Fax 7154152.

14. Taman Wisata Lembah Hijau

Lembah Hijau - lembahhijaulampung
Lembah Hijau (Foto: lembahhijaulampung)

Satu tempat wisata di Bandar Lampung yang sudah dikenal banyak orang. Terletak di bebukitan sebelah Barat kota Bandar Lampung, Lembah Hijau memberikan suasana alam yang sejuk dan pemandangan yang membuat hati adem. Taman Wisata Lembah Hijau merupakan perpaduan antara taman rekreasi pegunungan dan taman satwa.

Tersedia cottage, ruang pertemuan, cafe, waterboom, arena outbound, dan wahana-wahana hiburan lain. Tersedia juga beberapa koleksi satwa, seperti kuda, unta, rusa, burung, dll.

Sekitar 3-4 kilometer dari pusat kota, Lembah Hijau terletak di JI. Radin Imba Kesuma Ratu, Kampung Sukajadi, Kel. Sukadanaham. Untuk reservasi bisa hubungi (0721) 7404744 / 9638387. Email: lembah.hijau@yahoo.co.id.

(Baca juga: 7 Destinasi Wisata Unggulan Lampung)

15. Pulau Pasaran

Pulau Pasaran - Keliling Lampung - Tempat Wisata Bandar Lampung
Pulau Pasaran (Foto: Yopie Pangkey)
Pulau Pasaran - Paramotor Lampung - Budhi Marta Utama
Pulau Pasaran (Foto: Budhi Marta Utama)

Kalau lagi wisata di Bandar Lampung, jangan lupa mampir di Pulau Pasaran. Sebuah pulau karang di Selatan Kota Bandar Lampung. Hanya berjarak sekitar 300an meter dari daratan. Pulau yang pada awalnya hanya seluas 3,5 hektar ini sekarang sudah menjadi 12an hektar. Ditempati sekitar 240 kepala keluarga.

Kalau kamu suka fotografi, silakan datang kemari dan hunting foto. Banyak aktivitas keseharian warga Pulau Pasaran yang menarik untuk direkam. Mereka mengolah hasil laut berupa ikan teri rebus. memilah-milah ikan, merebus, menjemur, dan lain-lain.

Banyak spot lain di Pulau Pasaran yang menarik untuk difoto. Ada hutan mangrove, jembatan beton, dermaga kapal, pemandangan kota Bandar Lampung dari kejauhan. Menjadi KM 0 Pariwisata Bandar Lampung.

16. Air Terjun Batu Putuk

air terjun batu putuk - elseyuliastuti dot blogspot dot co dot id
Air Terjun Batu Putuk (Foto: elseyuliastuti blogspot co id)

Banyak yang belum tahu kalau Kota Bandar Lampung memiliki air terjun Batu Putuk. Lokasinya tidak jauh dari Taman Bumi Kedaton. Ada area parkir kendaraan yang juga memiliki view cantik Kota Bandar Lampung dari ketinggian.

Dari parkiran kita harus menuruni jalan setapak yang sudah disemen. Hanya sekitar 200an meter kita berjalan kaki untuk melihat air terjun ini.

Hutan seluas 3 hektar milik pemerintah kota Bandar Lampung ini terletak di Sumur Batu, kecamatan Teluk Betung Utara. Dinamakan hutan monyet karena ada ratusan monyet yang tinggal di situ.  Untuk menuju hutan ini bisa lewat belakang hotel Hartono atau lewat Sarijo melewati bekas kolam renang tirtosari.

Untuk sekedar jalan-jalan melepas kejenuhan sambil menikmati udara segar dan rindangnya peohonan,  kita bisa kapan saja datang kemari. Hanya sekitar 5-10 menit dari tugu Adipura Enggal dengan kendaraan pribadi.

17. Hutan Monyet

hutan monyet - wisata bandar lampung - yopie pangkey
Monyet di Hutan Kota Bandar Lampung (Foto: Yopie Pangkey)

Di sekitaran Sumur Batu, Teluk Betung, ada hutan seluas 3 hektar milik pemerintah kota Bandar Lampung. Banyak monyet yang berkembang biak dengan pesat di situ. Untuk sekedar jalan-jalan mengisi waktu luang, kita bisa mampir sebentar di sini.

Cari saja Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, ada jalan masuk di sampingnya. Atau bisa memutar lewat Sarijo melewati bekas kolam renang tirtosari.

18. Pulau Kubur

Tidak seseram namanya, Pulau Kubur asyik juga didatangi lho. Kamu bisa foto-foto di beberapa spot foto di sini.

Di hari kerja, pulau ini cukup sepi. Jauh berbeda kalau kamu datang di saat akhir pekan atau hari libur nasional. Oleh karenanya, lebih baik datang di saat sepi saja. Bisa foto-foto sepuasnya tanpa merasa terganggu atau mengganggu yang lain.

19. Bukit Sakura

Bukit Sakur adalah bukit dengan konsep ala-ala Jepang. Di bukit ini kamu bisa berfoto dengan pakaian tradisional Jepang. Bisa ambil foto dengan suasana rumah Jepang, atau di luar di pohon sakura buatan.

Dari bukit ini kita bisa melihat Kota Bandar Lampung dari ketinnggian.

Baca:
* 10 Foto Bukit Sakura Bandar Lampung

20. Jembatan Kali Akar Sumur Putri

Jembatan Gantung Kali Akar - indra pradya - @duniaindra
Jembatan gantung bewarna merah di Kali Akar, di area bendungan kali akar. (Foto: Facebook Indra Pradya – @duniaindra)

Jembatan gantung ini baru saja selesai dibuat oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung. Tempatnya memang biasa saja. Namun kalau sudah jadi foto, hasilnya ya lumayan.

Kamu bisa mampir ke jembatan ini, saat mau ke Taman Boemi Kedaton. Karena berada di satu jalur.

Wisata Bandar Lampung Mengasyikkan

Demikian bahasan saya mengenai tempat wisata di Bandar Lampung. Artikel ini hanyalah rujukan saja. Semoga bisa bermanfaat bagi yang belum tahu mau jalan kemana di Kota Bandar Lampung.

Beberapa tempat wisata di Bandar Lampung ini bisa kamu datangi dalam satu hari.. Karena beberapa letaknya berdekatan. Beberapa ada yang harus membayar tiket masuk dan beberapa gratis. Kamu tinggal pilih mana yang kamu suka. Selamat menikmati wisata Bandar Lampung.


6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *