25+ Tempat Wisata di Pesawaran, Mana Favoritmu?

Daftar Destinasi Tempat Wisata di Pesawaran - kelilinglampung.net - yopie pangkey
Daftar Destinasi Tempat Wisata di Pesawaran - kelilinglampung.net - yopie pangkey
Tempat wisata di Pesawaran yang mana yang ingin kamu datangi? Yuk baca artikel ini sampai selesai 🙂

Tempat Wisata di Pesawaran sudah terkenal sampai keluar Lampung. Apalagi akses untuk berwisata saat ini semakin mudah. Penyeberangan Merak-Bakauheni dan Tol Trans Sumatera membuat arus wisatawan semakin lancar. Tinggal menentukan saja tempat wisata yang mau dituju.

Tempat wisata di Pesawaran ada banyak pilihan. Bahkan beberapa destinasi wisata bisa dikunjungi dalam 1 hari saja. Mau sedikit lama bisa 2 hari 1 malam. Kamu bisa menikmati wisata pulau, pantai, gunung, bukit, air terjun, sungai, dan lainnya.

Sesuaikan saja dengan keinginan dan selera kamu dan keluarga.

Baca juga:
* Liburan ke Bandar Lampung Yuk, Datangi 25 Tempat Wisata Ini!

Daftar Tempat Wisata di Pesawaran

Berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur.

Urutan tempat wisata di Pesawaran ini bukan berdasar nilai atau rating apa pun ya. Kamu bisa memilih sesuai keinginan.

1. Pulau Pahawang

pulau pahawang kecil - pahawang island lampung - yopie pangkey 1
Pantai Pulau Pahawang Kecil.

Pulau Pahawang sudah menjadi favorit liburan wisatawan dari berbagai daerah luar Lampung. Setiap akhir pekan pulau ini ‘diserbu’ banyak traveler. Dari Sumatera Selatan, Jambi, Jabodetabek, dan sebagainya.

Berada di Teluk Lampung, pulau ini berdekatan dengan beberapa pulau lain yang juga indah. Kamu bisa mendatangi dan menikmati beberapa spot snorkeling di sekitar pulau. Melihat berbagai jenis karang dan biota laut yang imut dan lucu.

Saat ini sudah banyak penyedia penginapan di pulau. Kamu bisa menginap di cottage yang nyaman atau di homestay milik warga.

Kamu juga bisa berkunjung ke Pulau Pahawang Kecil (Pahawang Lunik) di sebelah barat Pahawang Besar.

Baca juga:
* Wisata Pulau Pahawang di Pesawaran

2. Pulau Kelagian

Pulau Kelagian - destinasi wisata lampung - 6

Kalau kamu menyeberang dari Dermaga Ketapang, kamu bisa melihat pulau ini yang hanya berjarak sekitar 3,3 kilometer. Beberapa tour agency biasanya mengajak tamunya mampir kemari sebelum ke Pahawang.

Ada banyak pantai berpasir putih yang lembut di sekeliling pulau. Ada pantainya yang dikelola dengan berbagai fasilitas. Dan ada lebih banyak pantai kosong yang indah.

Ada banyak spot snorkeling di sekitarnya. Termasuk di Pulau Kelagian Kecil yang ada di sebelah selatan Kelagian Besar.

3. Pulau Mahitam

Pantai Mahitam - Pulau Cantik di Lampung - Yopie Pangkey - 11

Di arah barat Dermaga Ketapang, ada Pulau Mahitam yang jaraknya dekat. Hanya butuh waktu 10-15 menit untuk tiba di sini dengan perahu.

Pulau ini bergitu cantik dengan adanya bagian pantai yang berpasir putih dan lembut di sebelah barat. Sedangkan di tengah pulau bannyak sekali pohon kelapa yang membuat rimbun.

Pantai ini dikelola dengan baik dan memiliki berbagai fasilitas memadai. Bahkan kamu bisa bersantai dan menginap di sini.

Baca juga:
* Ada Spot Foto Cantik di Pulau Mahitam Pesawaran Lampung

4. Pulau Tanjung Putus

pulau tanjung putus - tempat wisata di pesawaran - kelilinglampung
(Foto: dok. yopie pangkey/kelilinglampung.net)

Agak lebih jauh, setelah Pulau Pahawang, ada Pulau Tanjung Putus yang juga indah. Pulau ini hanya berjarak sekitar 200-300 meter dari daratan Sumatera. Terpisah oleh selat kecil yang jernih lautnya.

Selain menginap di Pulau Pahawang, kamu bisa memilih untuk menginap di Tanjung Putus.

5. Pulau Balak

Pulau Balak Lok Lunik Pesawaran - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 2
Pulau Balak dengan hamparan pasir yang menawan. Pulau Lok di latar belakang. (Foto: dok. kelilinglampung.net / Yopie Pangkey)

Berjarak sekitar 3 kilometer arah barat daya Pulau Tanjung Putus, ada Pulau Balak. Berukuran lebih kecil dibanding pulau-pulau di atas, suasana di sini lebih terasa tenang. Sedikit wisatawan yang datang kemari, karena lokasinya lebih jauh.

Berada sedikit terlindung di dalam sebuah teluk kecil, seringnya laut di sekitarnya terlihat begitu tenang. Bisa menjadi pilihan bila kamu lebih suka dengan tempat yang sepi.

Baca juga:
* Pulau Balak di Pesawaran, Asyik Buat Snorkeling dan Menyepi

6. Pulau Tegal

pulau tegal - kelilinglampung.net - tempat wisata di lampung
Salah satu pantai yang ada di Pulau Tegal. (Foto: Yopie Pangkey)

Pulau Tegal sudah dikenal banyak penyelam sedari dulu. Menjadi semakin terkenal setelah sering dikunjungi wisatawan yang ingin snorkeling.

Banyak pantai indah di sekeliling pulau. Bahkan sudah ada resort “Pulau Tegal Mas” di sisi utara. Kamu bisa menginap di resort dengan berbagai fasilitas memadai.

Untuk snorkeling, kamu bisa mendatangi beberapa spot di sekitar pulau.

Di dekat Pulau Balak ada Pulau Lok dan Pulau Lunik.

7. Pantai Teluk Hantu

Pantai Teluk Hantu Pesawaran Lampung - kelilinglampung - Yopie Pangkey - 6
Suasana di pantai Teluk Hantu. (Foto: Yopie Pangkey/kelilinglampung.net)

Berjarak sekitar 5 kilometer arah selatan Pulau Tanjung Putus terdapat Pantai Teluk Hantu. Tidak seseram namanya, pantainya begitu indah dengan laut yang tenang. Kamu bisa melihat keindahan gradasi warna laut di sini.

Di sekitarnya masih berupa kebun-kebun warga yang rimbun dan asri. Belum ada fasilitas memadai di sini. Namuan beberapa traveler yang suka dengan kesunyian akan memilih tempat ini.

Banyak yang memilih untuk menempuh jalur darat saat ingin kemari. Walau akses jalannya belum bagus, mereka menghindari kebosanan kalau menempuh jalur laut beberapa jam.

Baca juga:
* Pesona Teluk Hantu di Pesawaran Lampung

8. Pulau Legundi

Berada di mulut Teluk Lampung, ada Pulau Legundi yang menyimpan begitu banyak potensi wisata. Belum banyak wisatawan umum yang datang kemari.

Ada beberapa pulau di sekitarnya. Ada Pulau Siuncal, Pulau Kepala Siuncal, Pulau Legundi Tua, Pulau Seserot, Pulau Sijebi, Pulau Unang-unang, Pulau Pertapaan.

Untuk menuju kemari kamu akan melalui laut dengan gelombang lebih besar dibanding ke pulau-pulau sebelum.

Beberapa pantai di sini memiliki laut yang tenang karena terlindung di balik teluk.

9. Pantai Mutun

Pantai ini hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Bandar Lampung. Butuh waktu kurang dari 1 jam untuk sampai.

Pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan berbagai daerah. Karena lebih ramah anak dengan lautnya yang sangat tenang.

Terdapat berbagai fasilitas pendukung yang membuat pengunjung nyaman. Seperti pondokan-pondokan, tempat bilas dan toilet, mushola, warung, dermaga, dan lainnya.

10. Pulau Tangkil

Foto Gambar Pulau Tangkil Resort Pesawaran Lampung - ferdiawed-1609403844231
View pulau dilihat dari wahana parasailing. (Foto: IG @ferdiawed)

Pulau ini hanya berjarak sekitar 700an meter dari Pantai Mutun. Bisa menjadi tujuan wisata saat kamu berkunjung ke Pantai Mutun.

Pulau mungil ini juga memiliki pantai berpasir putih. Di sisi-sisi lain ada hutan bakau dan pantai berkarang.

Baca juga:
* Pulau Tangkil di Pesawaran, Mungil Indah serta Menawan

11. Pantai Sari Ringgung

Pantai ini berjarak sekitar 7,5 kilometer dari pertigaan masuk Pantai Mutun. Atau sekitar 20an kilometer dari Kota Bandar Lampung.

Pantai ini juga memiliki pasir putih dan laut yang tenang. Banyak fasilitas pendukung untuk pengunjung.

12. Hutan Mangrove Petengoran Desa Gebang

Hutan Mangrove Petengoran Desa Gebang Pesawaran - tempat wisata di pesawaran - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey
(Foto: Yopie Pangkey/ kelilinglampung.net)

Tidak jauh dari Pantai Sari Ringgung terdapat hutan mangrove yang asri. Magrovenya tersebar di lahan seluas 113 hektar, melindungi pantai-pantai dan perkampungan di baliknya.

Ada beberapa jenis mangrove di sini. Kamu bisa melihat perbedaan dari bentuk akar dan batangnya.

Ada jalur untuk pejalan kaki menembus rimbunnya hutan mangrove. Asyik sekali santai duduk-duduk di pagi hari atau di sore hari di sini.

Baca juga:
* Asyiknya Foto-foto di Hutan Mangrove Petengoran Desa Gebang

13. Pantai Klara

Klara adalah singkatan dari Kelapa Rapat. Karena dulunya ada banyak sekali pepohonan kelapa yang begitu rapat dan membuat rimbun pantai.

Pantai yang dikelola oleh koperasi AL ini ada banyak pondokan dan warung. Sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga terutama anak-anak.

14. Pantai Bensam

Tidak jauh dari Pantai Klara ada pantai yang juga cocok untuk wisatawan umum, yaitu Pantai Bensam. Bensam adalah singkatan dari Benteng Samudera. Ada Pantai Bensam 1 dan Bensam 2.

Kamu bisa mengajak keluarga untuk bersantai di sini. Mengajak anak-anak bermain dan mandi di pantainya dengan ombak yang sangat tenang.

15. Youth Camp Tahura Wan Abdul Rahman

tahura WAR - tempat wisata di pesawaran - yopie pangkey
(Foto: dok. yopie pangkey/kelilinglampung.net)

Youth camp ini dibawah pengelolaan UPTD Tahura Wan Abdul Rahman Dinas Kehutanan Provinsi Lampung. Jalan masuknya berada kurang dari 1 kilometer sebelum keramaian Desa Hanura.

Pepohonan di sini begitu rimbun dan udaranya terasa sejuk. Ada 2 air terjun yang bisa kamu kunjungi di sini.

16. Perkemahan Bukit Cendana

Bukit Cendana - Daftar Destinasi Tempat Wisata di Pesawaran - kelilinglampung.net - yopie pangkey
Perkemahan Bukit Cendana, salah satu tempat wisata di Pesawaran yang bisa kamu kunjungi untuk berkemah. (Foto: dok. Yopie Pangkey/kelilinglampung.net)

Bosan dengan wisata bahari, kamu bisa mencoba berkemah di bumi perkemahan Bukit Cendana di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai.

Wisata perkemahan ini dikelola oleh desa dengan suguhan berupa view indah lereng gunung dan Teluk Lampung di kejauhan. Di sekitarnya ada kebun sereh, nilam, pepohonan cendana, cengkeh, dan sebagainya.

Ada fasilitas warung dan toilet di sini.

17. Pemandian Air Panas Way Urang

Pemandian air panas ini bisa menjadi alternatif wisata. Apalagi aksesnya termasuk mudah tidak sulit untuk dicari. Berada di Desa Hanau Brak, Kecamatan Padang Cermin.

Berjarak sekitar 17an kilometer dari Pantai Klara. Tinggal menambah waktu saja sekitar 30an menit untuk kemari.

Di sini kamu bisa berendam di aliran air yang hangat. Bisa membuat hati dan pikiran tenang dan rileks. Dan banyak juga yang memercayai bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Suasana di sekitarnya rimbun dengan berbagai pepohonan. Dan dari sini kamu bisa lanjut ke Desa Harapan Jaya ke Bukit Cendana. Tinggal melanjutkan perjalanan sejauh sekitar 7-8 kilometer lagi.

18. Wisata Bronjong Way Lima

Baca di: Wisata Bronjong Way Lima di Pesawaran

19. Air Terjun Sinar Tiga

Foto Gambar Air Terjun Sinar Tiga Way Ratai Pesawaran - kelilinglampung.net - 3
(Foto: dok. kelilinglampung.net/Yopie Pangkey)

Baca di:

20. Air Terjun Anglo

Baca di: Air Terjun Anglo di Pesawaran, Mudah Dijangkau

21. Air Terjun Ciupang

Baca di: Air Terjun Ciupang yang Indah Memesona

22. Bukit Kendeng

Baca di: Wisata Alam Bukit Kendeng di Way Ratai Pesawaran

23. Wisata Punggung Naga

Baca di: Wisata Punggung Naga di Pesawaran Indah, Udaranya Sejuk!

24. Pulau Wayang / Kamintara

Baca di:

25. Pantai Dewi Mandapa

Baca di: Pantai Dewi Mandapa, Asyik Buat Foto-foto

26. Desa Wisata Harapan Jaya

Baca di: Desa Wisata Harapan Jaya di Way Ratai Pesawaran

Wisata Pesawaran Memang Mengasyikkan

Demikian beberapa tempat yang kami rangkum di artikel ini. Bisa menjadi rujukanmu saat ingin memilih mana yang ingin dikunjungi.

Kalau ingin praktis dan mudah, kamu bisa menghubungi kami untuk bantuan mengatur perjalananmu. Ada beberapa paket wisata yang kami tawarkan. Bisa one day trip, atau 2D1N, bahkan bisa juga lebih dari 3 hari 3 malam kalau ada banyak waktu.

Beberapa tempat wisata di Pesawaran ini memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Ada yang khas pantai dan pulau dan ada yang khas lereng pegunungan. Tingga pilih mana yang kamu suka. Selamat berlibur dan menikmati wisata Pesawaran!