Wisata Punggung Naga di Pesawaran Indah, Udaranya Sejuk!

Foto Gambar Wisata Puncak Punggung Naga Sukmoilang Pesawaran Indah - kelilinglampung.net
Suasana berkabut di area wisata Punggung Naga, Sukmoilang, Pesawaran Indah. (Foto: dok. kelilinglampung.net/yopiefranz)

Punggung Naga Pesawaran Indah – Yang belum banyak diketahui warga, Kabupaten Pesawaran itu punya wisata gunung yang memesona. Selain pantai dan pulau, wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan piknik di akhir pekan.

Wisata Punggung Naga Pesawaran Indah adalah sebuah spot di lereng Gunung Pesawaran. Memiliki pemandangan indah membentang dengan udara sejuk dan segar.

Bisa masuk ke dalam daftar tempat wisata di Pesawaran yang harus kamu kunjungi.

Baca juga:
* Air Terjun Ciupang yang Indah Memesona

Lokasi Punggung Naga Pesawaran Indah

Berada di ketinggian 1000an meter di atas permukaan laut, lokasinya menawarkan nuansa keindahan berbeda. Mendaki sedikit ke atas, sudah memasuki kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman.

Secara administratif, masuk wilayah Kelurahan Pesawaran Indah, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Berjarak sekitar 55 kilometer dari Kota Bandar Lampung, via Gedongtaan dam Kedondong. Atau sekitar 69 kilometer dari Bandar Lampung via Lempasing, Ketapang, dan Kelapa Rapat.

Waktu tempuh kedua rute di atas kurang lebih sama. Antara 1,5- 2 jam. Namun akhir-akhir ini banyak yang memilih rute via Gedongtataan dan Kedondong. Karena jalan provinsi di jalur ini sudah bagus.

Via Kedondong, masuk ke atasnya di Pasar Umbul Kluuh. Kalau lewat Pantai Klara, bisa belok di Pasar Bunut.

Akses ke atas bisa dari Desa Pesawaran Indah atau Desa Harapan Jaya. Dengan ojek memerlukan waktu sekitar 15 menit. Sedangkan dengan trekking memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Peta

Bisa lihat lokasinya di peta di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Punggung Naga

Setelah sampai, kamu akan menjumpai gerbang dan loket. Ada tiket masuk yang harus kamu bayar. Dana yang kamu bayarkan tersebut masuk ke pengelola dan kas Desa Pesawaran Indah.

  • Tiket masuk: Rp. 10.000
  • Tenda: Rp. 25.000
  • Kayu bakar: Rp. 20.000

Jam buka

Jalur menuju Wisata Puncak Punggung Naga Sukmoilang Pesawaran Indah - kelilinglampung.net - 1
View sebelum sampai. (Foto: dok. kelilinglampung.net/Yopie Pangkey)

Jam operasional loket atau tempat ini pada dasarnya 24 jam. Karena lokasinya yang berada di tempat terbuka di lereng gunung.

Namun pada umumnya wisatawan datang waktu pagi hingga sore hari. Kalau mau datang sore atau malam, sebaiknya menghubungi pengelola terlebih dahulu.

Keindahan Puncak Punggung Naga

Foto Gambar Puncak Punggung Naga Sukmoilang Pesawaran Indah - kelilinglampung.net
Bersama mimin @lampunginsta dan Restu Bumi Adventure. (Foto: dok. kelilinglampung.net/Yopie Pangkey)

Menjelang tiba di Desa Pesawaran Indah atau Harapan Jaya, kamu sudah disuguhi oleh indahnya pemandangan di kiri kanan jalan. Mulai dari persawahan bertingkat sampati rumah-rumah penduduk dengan berbagai tanaman hias warna-warni.

Di jalur trekking ke atas, kita akan melewati perkebunan warga. Ada cokelat, kopi, pinang, durian, dan lainnya. Di pertengahan jalan ada rerumputan yang bagus juga untuk lokasi foto.

Dari sini, ketinggiannya sudah lumayan. Sudah bisa melihat area yang lebih rendah. Sekaligus view lereng-lereng dan punggungan Gunung Pesawaran.

Kalau sudah melihat gerbang kayu yang dibangun warga, berarti kamu sudah sampai di lokasi. Kamu bisa menaiki gerbang kayu ini dan foto-foto di sini. Tidak jauh dari gerbang ada portal dan loket masuk.

Tiba di lokasi, kamu akan disambut dengan view yang menawan. Bisa melihat lereng dan punggungan gunung di kiri dan kanan lokasi.

Bisa duduk-duduk di kursi dan meja dari potongan pohon. Atau berkeliling sebentar di sekitar area Punggung Naga.

Ada platform kayu yang bisa untuk duduk-duduk lesehan dan foto-foto. Naik sedikit ke atas, bisa duduk-duduk di bawah pepohonan tinggi yang rindang.

Bisa memesan makanan ringan di warung kecil. Ada mie instan rebus atau goreng. Serta minuman hangat, baik kopi maupun teh.

Kami suka sekali menikmati suasana indah, dengan udara sejuk dan segar di sini. Sambil ngobrol-ngobrol santai bersama kawan. Juga memesan makanan dan minuman yang ada.

Bagi yang ingin nge-camp, bisa datang siang atau sore. Tiba di lokasi masih terang, bisa mendirikan tenda dan menunggu momen matahari terbenam. Suasana sunset di sini juga tidak kalah indahnya.

Pastikan membawa pakaian yang cukup kalau camping di sini. Berada di udara terbuka di ketinggian sekitar 1000 mdpl tentu akan terasa lebih sejuk dibanding daratan yang lebih rendah di kota.

Baca juga:
* Air Terjun Anglo di Pesawaran, Mudah Dijangkau

Kalau mau kemari bareng kami, bisa email ke kelilinglampung@gmail.com. Bisa kami atur berbagai keperluanmu, baik transportasi maupun akomodasi selama di lokasi.

Kesimpulan

Berkendara 1,5 sampai 2 jam dari Kota Bandar Lampung ke tempat ini terbayarkan dengan keindahan dan suasananya yang masih alami. Lelah di perjalanan seakan tidak ada apa-apanya.

Baca juga:
* Desa Wisata Harapan Jaya di Way Ratai Pesawaran

Bisa menikmati keindaan alam, melihat kebun warga, hutan yang masih rapat. Serta menghirup udara sejuk dan segar khas pegunungan. Sebuah ‘wisata mahal’ yang tidak bisa kita dapatkan di kota besar.

Ada rencana berwisata/piknik/trekking ke Punggung Naga di Pesawaran Indah Way Ratai dalam waktu dekat?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *