Air Terjun Anglo di Pesawaran, Mudah Dijangkau

Air Terjun Anglo Kaliawi Gunungrejo Pesawaran Lampung - derry_faizher-1609846433692
Air Terjun Anglo yang indah. (Foto: Instagran @derry_faizher)

Air Terjun Anglo – Kabupaten Pesawaran termasuk daerah yang lengkap. Memiliki pantai, pulau, gunung, sungai, hutan, dan termasuk air terjun atau curug.

Air Terjun Anglo adalah salah satu air terjun yang selalu ramai dikunjungi. Menjadi salah satu destinasi wisata alam di Lampung, khususnya Pesawaran.

Curug ini dikenal juga dengan nama Air Terjun Kaliawi. Ada juga yang menyebutnya Air Terjun Gunungrejo. Dan akhir-akhir ini lebih populer dengan sebutan Air Terjun Anglo.

Warga lokal tidak memperdebatkan mana dari ketiga nama itu yang benar. Tidak ada yang salah dengan semua sebutan tersebut.

Baca juga:
* Air Terjun Ciupang yang Indah Memesona

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Anglo

Air Terjun Anglo Kaliawi Gunungrejo Pesawaran Lampung - ichsaan14
(Foto: IG @ichsaan14)

Lokasi air terjun ini berada di lerengnya Gunung Pesawaran. Arah Barat Daya Kota Bandar Lampung atau arah Selatan Gedong Tataan.

Dari Gedong Tataan berjarak sekitar 32 kilometer. Membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Gedongtataan melewati Kedondong.

Sedangkan dari Kota Bandar Lampung berjarak sekitar 54 kilometer via Gedongtataan dan Kedondong. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam.

Atau bisa juga melewati Pantai Klara dan Padang Cermin serta Umbul Kluwih. Rute ini berjarak sekitar 58 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam juga.

Dari arah Kedondong, persis setelah lapangan bola dan Pasar Gunung Rejo, kamu harus belok ke kiri. Sedangkan kalau dari arah Pantai Klara belok kanan sebelum lapangan bola Gunung Rejo.

Dari pertigaan ini lokasinya sudah dekat, hanya sekitar 2 (dua) kilometer kamu akan sampai di lahan parkir air terjun.

Dari parkiran kendaraan, setelah membayar tiket masuk, kamu tinggal berjalan kaki kurang dari 100 meter. Sehingga termasuk mudah dijangkau dan tidak melelahkan.

Alamat Air Terjun Anglo

Gunung Rejo, Padang Cermin
Kabupaten Pesawaran, Lampung

Peta

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan curup, kamu tidak akan menghabiskan banyak biaya. Karena harga tiket masuknya termasuk murah. Dan itupun sudah termasuk biaya parkir.

Motor: Rp. 15.000
Mobil: Rp. 25.000

Santai di Air Terjun Anglo

Air Terjun Anglo Kaliawi Gunungrejo Pesawaran Lampung - chyntiamerlianti-16098456648302
(Foto: IG @chyntiamerlianti)

Lokasi air terjun ini termasuk yang mudah dijangkau. Tidak membutuhkan trekking yang menempuh jarak jauh dan waktu lama. Dari parkiran tinggal jalan kaki sebentar, kamu sudah sampai di lokasi.

Dari jalan raya menuju lokasi, kamu sudah terhibur dengan berbagai tanaman di kiri kanan jalan. Sebuah keindahan khas pedesaan yang jarang kamu temui di kota besar.

Saat berjalan kaki menjelang sampai, suara jatuhan air terjun sudah bisa terdengar dari kejauhan. Akan membuat kita semangat berjalan agar bisa cepat sampai.

Saat tiba, kamu akan melihat keindahan air terjun. Dikelilingi rerumputan, arter anglo memiliki ketinggian sekitar 25-30 meter.

Sebenarnya ada beberapa air terjun lagi di sekitaran. Namun jaraknya lumayan jauh dan berada di lereng gunung yang lebih tinggi.

Jadi pengelola, Karang Taruna Dusun Kaliawi Desa Gunung Rejo dan BUMDes setempat, baru membuka di satu titik ini. Mungkin saja kedepannya akan dibuka air terjun lainnya.

Karena ada pengelola, lokasi air terjun terlihat cukup bersih. Petugas kebersihan secara rutin selalu membersihkan area wisata ini.

Dulunya Air Terjun Kaliawi/Gunungrejo/Anglo ini memiliki aliran air yang deras. Namun sebagian airnya dialirkan dan digunakan untuk keperluan air bersih rumah tangga.

Sehingga debit airnya sudah berkurang tidak seperti awal mula dibuka. Namun bukan berarti kamu tidak bisa merasakan sensasi serunya mandi di air terjun. Aliran air dan jatuhan airnya masih sangat bisa dinikmati.

Aman dan bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Dari batita, balita, dan orang tua.

Fasilitas

Berbagai fasilitas pun sudah dilengkapi. Antara lain; ada jembatan bambu, pondokan bambu, musholla, kamar bilas/mandi, kolam.

Juga ada gua yang disebut gua landak oleh masyarakat sekitar.

Bagaimana kalau haus dan lapar?

Bagi kamu yang membawa bekal ya tidak ada masalah ya. Namun bagi kamu yang tidak membawa bekal, ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman di dekat gerbang masuk.

Selesai basah-basahan mandi di air terjun atau kolamnya, kamu bisa makan yang hangat-hangat. Ada makanan kemasan dan juga gorengan. Bisa minum kopi dan juga teh panas.

Harga makanan dan minumannya murah dan sangat terjangkau. Para penjualnya pun ramah-ramah.

Pengelola tidak membolehkan warga berjualan di dekat air terjun. Agar air terjun tetap terlihat indah dan tidak kumuh.

Baca juga:
* Asrinya Air Terjun Kusuma Sari di Pesawaran

Kesimpulan

Berkunjung ke kaki Gunung Pesawaran ini memang akan terasa menyegarkan. Baik menyegarkan badan dan juga menyegarkan pikiran.

Dua jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung memang bisa saja melelahkan. Namun selama di sana kamu akan mendapatkan pengalaman pelesiran yang menyenangkan. Apalagi kalau traveling bersama keluarga.

Kamu bisa mandi-mandi di air terjun atau kolam. Bisa duduk-duduk santai di pondokan atau di bawah pohon disekitaran area air terjun.

Jadi, kapan mau berkunjung ke Air Terjun Anglo atau Air Terjun Kaliawi/Gunungrejo?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *