Asrinya Air Terjun Kusuma Sari di Pesawaran

Foto Gambar Air Terjun Kusuma Sari Pesawaran Lampung - 2
Suasana Air Terjun Kusuma Sari. (Foto: Herlianto)

Air Terjun Kusuma Sari – Bicara potensi Kabupaten Pesawaran seakan tidak ada habisnya. Belum mengunjungi satu destinasi wisata alam kabupaten ini, sudah muncul tempat wisata alam baru lainnya. Termasuk potensi fenomena alam air terjunnya.

Air Terjun Kusuma Sari adalah salah satu air terjun (curup) yang ada di Bumi Andan Jejama. Bentukan dinding dan jatuhan airnya terlihat indah. Apalagi dikelilingi oleh pepohonan yang masih rimbun dan asri.

Baca juga:
* Asyiknya Foto-foto di Hutan Mangrove Petengoran Desa Gebang

Lokasi

Curup Kusuma Sari berada di arah Barat Daya Gedong Tataan, Ibukota Kabupaten Pesawaran. Atau arah Selatan Pringsewu.

Koordinat: 48 S 497239 9382921

Alamat

Foto Gambar Air Terjun Kusuma Sari Pesawaran Lampung - 1
(Foto: Herlianto)

Air Terjun KusumaSari
Desa Bayas Jaya, Kecamatan Way Khilau
Kabupaten Pesawaran

Rute

Foto Gambar Air Terjun Kusuma Sari Pesawaran Lampung - 5
(Foto: Herlianto)

Rute terdekat dari Kota Bandar Lampung adalah melalui Gedong Tataan dan Kedondong. Jarak Desa Bayas dari Kota Bandar Lampung sekitar 51 kilometer. Dengan waktu tempuh 2 jam berkendara.

Di Gedong Tataan, arahkan kendaraan ke Kedondong. Kamu akan melewati Balai Desa Kedondong, lalu Kantor Kecamatan Way Khilau. Terus melewati Desa Sukajaya lalu akan sampai di Bayas Jaya.

Sampai di Bayas Jaya, kamu bisa bertanya ke masyarakat di mana lokasi dan arah/rute air terjun Kusma Sari.

Pesona Air Terjun Kusuma Sari

Foto Gambar Air Terjun Kusuma Sari Pesawaran Lampung - 3
(Foto: Herlianto)

Keberadaan curup ini mungkin masih asing ya di telingamu. Kami pun baru mengetahuinya di grup para pelaku pariwisata Kabupaten Pesawaran.

Nama air terjun pun sudah diberikan oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona. Dalam prasasti yang terlihat baru dibuat, penetapan nama Air Terjun Kusuma Sari itu di tanggal 17 Desember 2019. Hampir setahun lalu saat tulisan ini dibuat.

Menuju air terjun, kita harus trekking atau dengan ojek kebun yang ada di sekitar perkampungan warga.
Menyusuri jalan tanah yang sudah diberi pecahan bebatuan agar tidak sulit berjalan saat hujan dan becek.

Dinding air terjun ditutupi oleh berbagau tumbuhan. Hanya bagian yang terkena air saja yang terlihat dinding bebatuannya.

Di bagian bawah air terjun ada genangan air yang tidak besar. Karena debit air terjunnya juga kecil, aliran air di bawahnya pun juga kecil. Namun kamu masih bisa sedikit berendam di situ. Karena dalam kolam air di bawah air terjun tingginya sekitar tinggi lutut orang dewasa.

Airnya jernih dan terasa sejuk. Bayangkan saja bagaimana sejuk airnya. Apalagi kalau hari sedang terik, mandi di sini bakal terasa menyegarkan.

Baca juga:
* Air Terjun Ciupang yang Indah Memesona

Kesimpulan

Air terjun ini masih dalam tahap pemolesan oleh warga. Namun bukan berarti kamu tidak bisa mengunjunginya. Warga pasti akan tetap menyambut kedatangan para traveler yang hobi berkegiatan di alam.

Bentuknya mungkin tidak semegah air terjun lain yang ada di Lampung. Namun setiap air terjun bisa jadi ada keunikan tersendiri. Dan juga bisa menjadi cerita dan kenangan khusus saat mengunjunginya.

Semoga Air Terjun Kusuma Sari di Desa Bayas Jaya, Kecamatan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran ramai dikunjungi wisatawan. Dan mendatangkan banyak manfaat bagi warga di sekitarnya ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *