Air Terjun Ciupang yang Indah Memesona

Foto gambar curup air terjun ciupang pesawaran - nfl.irfans-1605425904038
(Sumber gambar: Instagram @nfl.irfans)

Air Terjun Ciupang – Wisata alam menjadi primadona akhir-akhir ini. Banyak wisatawan lokal yang mencari air terjun/curup/curug untuk didatangi. Termasuk berbagai air terjun yang ada di Kabupaten Pesawaran.

Air Terjun Ciupang adalah air terjun dengan bentukan alam yang indah. Kombinasi jatuhan air dan tebing yang indah menantang. Sangat layak masuk kedalam list destinasi yang wajib dikunjungi di Kabupaten Pesawaran.

Sudah ada keinginan dan rencana untuk datang ke curug ini? Yuk simak berbagai informasinya di artikel ini.

Baca juga:
* Wisata Desa Pagar Jaya di Pesawaran, Ada 5 Spot Indah Alami!

Lokasi Air Terjun Ciupang

Foto gambar curup air terjun ciupang pesawaran - kronologi.7-1605426057176
(Gambar: IG @kronologi.7)

Dimana lokasi air terjun Ciupang ini? Sudah tahu?

Curug ini secara administratif masuk wilayah Dusun Purwajaya, Pekon/Desa Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Berada di arah Barat Daya Kota Bandar Lampung atau Baratnya Teluk Ratai.

Peta

Bisa lihat lokasi persisnya di peta di bawah ini

Rute Menuju Air Terjun Ciupang

Menuju curug ini bisa melalui 2 (dua) rute. Tergantung posisi kamu berada dimana, bisa pilih salah satunya.

Dari Bandar Lampung

Dari Kota Bandar Lampung Curug Ciupang berjarak sekitar 57 kilometer. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam.

Arahkan kendaraan ke Jalan Laksamana R.E.Martadinata, melewati TPI Lempasing dan Pantai Queen Artha. Lalu memasuk Jalan Raya Way Ratay, melewati Pantai Klara.

Ketemu pertigaan Padang Cermin, belok ke kanan ke arah Pasar Bunut dan Pasar Umbul Keluih. Di Umbul Kluih belok kiri ke arah Desa Sumberjaya.

Dari pertigaan Umbul Kluih, Desa Sumberjaya berjarak sekitar 5,6 kilometer. Di Sumberjaya kita akan belok ke kanan untuk menuju Dusun Purwajaya dan air terjunnya.

Dari Gedong Tataan

Dari Tugu Pengantin Gedong Tataan, air terjun berjarak sekitar 45 kilometer. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam 30 menit.

Dari Tugu Pengantin, arahkan kendaraan ke arah Kedondong. Di Kedondong belok ke kiri ke arah Umbul Keluih. Di Umbul Keluih belok ke kanan ke arah Sumberjaya.

Dari pertigaan Sumberjaya ke Dusun Purwajaya, jaraknya sekitar 2,5 kilometer.

Di Dusun Purwajaya ini kita bisa titipkan kendaraan di rumah warga. Lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki/trekking.

Berjalan kaki santai mungkin hanya membutuhkan waktu 10-15 menit saja. Tidak jauh.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Ciupang

Apakah saat menuju Curup Ciupang kita harus membayar tiket?

Menurut berbagai sumber di banyak artikel, untuk bisa menikmati keindahan curup ini kita tidak dikenai biaya. Gratis alias tidak berbayar.

Pesona Curup Ciupang

Foto gambar curup air terjun ciupang pesawaran - ervinaayuuu-1605425861695
(Gambar: IG @ervinaayuuu)

Lalu apa saja keistimewaan air terjun ini, sehingga kamu harus mendatanginya?

Melihat berbagai fotonya yang tersebar di berbagai kanal media sosial, curup ini begitu indah dilihat. Dari berbagai sudut, foto/gambar air Terjun Ciupang terlihat begitu memesona.

Bukan hanya hasil foto kamera DSLR dan kamera mirrorless, banyak yang hanya menggunakan kamera HP. Namun hasil fotonya terlihat indah.

Lalu salah satu keunikan arter Ciupang adalah, jatuhan airnya tidak langsung mengenai dasar air terjun. Jatuhan airnya mengenai bebatuan di tebing curug. Sehingga air tidak keras mengenai dasar air terjun.

Hal inilah yang membuat pengunjung bisa mandi-mandi di bawah jatuhan airnya. Jatuhan air terjun tidak akan membuat tubuh kita terasa sakit.

Karena hal ini juga, banyak yang menjadikannya spot foto lanskap. Dengan kecepatan rana rendah (slow speed), kita bisa membuat foto yang indah. Aliran air terjun akan terlihat halus dan indah.

Di sini beberapa pengunjung juga terlihat menaiki bebatuan di dasar curup. Satu batu berukuran besar biasa dijadikan spot foto oleh para wisatawan.

Foto diri kita akan terlihat menakjubkan berdiri di batu tersebut. Dengan latar belakang air terjun yang menawan.

Kalau saran kami, selalu utamakan keselamatan. Kalau kamu ragu atau tidak berani memanjat, lebih baik foto-foto atau mandi-mandi saja di bawah. Walau memanjat batunya tidak tinggi, kalau terjatuh tetap ada peluang cidera bukan?

Fasilitas

Foto gambar curup air terjun ciupang pesawaran - sigitekocsudarto-1605426201830
(Gambar: IG @sigitekocsudarto)

Belum ada fasilitas memadai di sini. Jadi semuanya serba seadanya. Termasuk juga tidak ada warung yang menjajakan berbagai makanan dan minuman.

Jadi sebaiknya sebelum pergi kemari, pastikan membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Agar tidak kelaparan dan kehausan selama berada di sini.

Baa juga:
* Pesona Teluk Hantu di Pesawaran Lampung

Kesimpulan

Air terjun/curug/curup yang berada di Kabupaten Pesawaran ini sangat layak dikunjungi. Satu destinasi wisata dengan bentangan alam yang indah. Plus suasana yang masih asri, udara sejuk, dan suasana tenang.

Air Terjun Ciupang layak masuk ke dalam tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Pesawaran. Bisa datang bersama kawan-kawan sepermainan atau kawan satu kantor. Bisa juga ajak keluarga, selain mengajak mereka jalan-jalan di mal.

Mengunjungi Air Terjun Ciupang akan memberikan pengalaman menarik tersendiri bagi anggota keluarga kita. Satu catatan, selalu utamakan keselamatan dan kebersihan ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *