Wisata Desa Pagar Jaya di Pesawaran, Ada 5 Spot Indah Alami!

Desa Pagar Jaya di Pesawaran Lampung memiliki banyak keindahan. Hal ini sudah saya saksikan langsung saat datang pertama kali di Labuan Jaya,, salah satu dusunnya. Saat itu saya, istri, dan kawan-kawan, mengikuti rangkaian acara Festival Pahawang. Yang salah satu kegiatannya adalah makan siang di tepi pantai Pagar Jaya.

Pagar Jaya adalah sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Memiliki luas sekitar 400 hektar. Sebuah desa dengan banyak pesona dan masih jarang dikunjungi wisatawan.

Ada 7 dusun dan 10 Rukun Tetangga (RT) di Desa Pagar Jaya. Dengan jumlah penduduk sekitar 1.254 Orang, dari 467 Kepala Keluarga.

Apa saja potensi wisata di desa ini? Simak terus ya artikel ini sampai selesai.

Baca juga:
* Pesona Wisata Alam Desa Talang Mulya Pesawaran

Lokasi Desa Pagar Jaya

Dusun Kucing Riang - PagarJaya - kelilinglampung - Yopie Pangkey
Salah satu pantai di Pagar Jaya, Pesawaran. (Gambar: kelilinglampung.net/Yopie Pangkey)

Desa Pagar Jaya termasuk desa yang jauh dari Ibukota Provinsi Lampung. Berbatasan dengan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Menjadi desa terjauhnya Pesawaran di Teluk Lampung, setelah Pulau Legundi.

Jarak dari Pagar Jaya ke kecamatan adalah sekitar 10 kilometer dan ke kabupaten sekitar 105 kilometer. Dari Kota Bandar Lampung sekitar 82 kilometer.

Lihat Video Jalan Menuju kemari:

Potensi Wisata Pagar Jaya

Desa Pagar Jaya berada di pesisir pantai Pesawaran. Memiliki banyak sekali tanjung dan teluk kecil. Juga ada beberapa pulau kecil yang indah. Tak kalah menarik adalah hutan dan kebun-kebun warga. Kelapa dan pisang menjadi andalannya.

Secara keseluruhan, sumber daya alam yang dimiliki desa terujung di Pesawran ini sangatlah potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Disatu sisi, akses yang sulit justru bisa membatasi dan menyaring wisatawan yang datang. Agar suasana yang asri dan belum banyak terjamah bisa tetap dipertahankan.

1. Kucing Riang

Pantai di Kucing Riang desa Pagar Jaya - Punduh Pidada - Pesawaran - kelilinglampungnet - Yopie Pangkey
Pantai di Kucing Riang (Gambar: kelilinglampung.net – Yopie Pangkey)

Kucing Riang adalah dusun pertama yang kami datangi saat acara Festival Pagar Jaya Waway 2019, (13/12/2019) kemarin. Berada di tepi pantai yang asri dan indah.

Memiliki garis pantai sepanjang kira-kira 200 meter. Pantainya berpasir putih dan banyak terdapat pecahan karang dan kerang. Kita bisa menyusuri pantainya dari ujung ke ujung.

Di ujung Barat, pantainya terdiri dari bebatuan karang yang berukuran sedang ke besar. KIta bisa menaikinya dan foto-foto disini. Sedangkan pantai di dekat perkampungan menyajikan suasana asri dan rindang. Tersedia tempat duduk kayu dan gazebo kayu yang bisa memuat sekitar 10 orang.

Ketua Pokdarwis, Mursidi, bercerita mengenai asal muasal nama dusun ini. Dulu sering ditemui macan akar disekitar sini. Macan Akar dalam bahasa setempat adalah Kucing Reang (Kucing Riang).

2. Teluk Hantu

Berjarak sekitar 1,2 kilometer dari Kucing Riang, terdapat pantai Teluk Hantu. Kalau berjalan kaki hanya membutuhkan waktu 15-20 menit saja. Dengan kendaraan, hanya butuh sekitar 5 menit.

Lebih jelasnya bisa baca artikel ini: Pesona Teluk Hantu di Pesawaran Lampung

3. Labuan Jaya

Pantai Labuan Jaya- Pagar Jaya - Pesawaran - kelilinglampung - Yopie Pangkey
Pantai di Labuan Jaya, bersebelahan dengan Teluk Hantu. (Gambar: kelilinglampung.net/Yopie Pangkey)

Kalau Kucing Riang adalah RT 2, maka Labuan Jaya adalah RT 1 di Pagar Jaya. Dan sepertinya lebih banyak rumah dan penduduknya di RT 1 Labuan Jaya ini.

Labuan Jaya adalah dusun/pantai di Pagar Jaya yang pernah saya datangi di tahun 2017 di acara Festival Pahawang. Saat itu kami disuguhi dengan makanan pedesaan yang gurih dan nikmat sekali. Kalau kemari, kamu wajib coba kelapa muda/dugan-nya. Pohon kelapanya pendek-pendek, dan rasa air kelapanya manis banget.

Pantai di Labuan Jaya sangat indah. Berpasir putih dengan air laut bewarna hijau kebiruan. Masih berada di satu garis pantai dengan Teluk Hantu.

Kita bisa snorkeling di Labuan Jaya. Karang dan biota lautnya indah-indah lho. Demikian dikatakan oleh kawan-kawan saya yang sudah mencobanya. Juga dijelaskan oleh Ketua Pokdarwis Pagar Jaya, asyik banget snorkeling disini.

4. Pulau Wayang

Pulau Wayang - Punduh Pidada - kelilinglampung - Yopie Pangkey
Pulau Wayang. (Gambar: kelilinglampung.net/Yopie Pangkey)

Pulau Wayang sudah lebih dulu dikenal dikaangan traveler/wisatawan. Bentuknya yang unik dan bagus difoto, membuatnya banyak didatangi.

Kalau ke Pulau Wayang, kita bisa mampir di Pantai Kamintara, Teluk Hantu, Dusun Labuan Jaya, atau Dusun Kucing Riang.

Baca tentang Pulau Wayang disini: Pulau Wayang, Pulau Cantik di Lampung

5. Pantai Kamintara

Pantai Kamintara Pesawaran - @lampung_gram
Pantai Kamintara. (Foto: Instagram @lampung_gram)

Pantai indah lainnya di Pagar Jaya adalah Pantai Kamintara. Dari pantai ini kita bisa memandang Pulau Wayang dari jarak tidak sampai 500an meter.

Pantai Kamintara memiliki pasir putih dan juga banyak pecahan karang dan kerang. Di dekat pantai, ada Pulau Mengkudu yang didominasi oleh bebatuan karang.

Belum tahu banyak mengenai pantai ini. Hanya melihat beberapa fotonya di Instagram. Tanyakan ke warga sekitar, apakah aman untuk berenang disini.

Kesimpulan

Labuan Jaya - Pesawaran - Yopie Pangkey
Labuan Jaya. (Foto: Yopie Pangkey)

Desa Pagar Jaya menyimpan banyak potensi wisata yang sayang sekali untuk kita lewatkan begitu saja. Memiliki panjang garis pantai yang lumayan. Mungkin belasan kilometer atau bahkan mungkin lebih dari 20an kilometer.

Baca juga:
* Ada Spot Foto Cantik di Pulau Mahitam Pesawaran Lampung

Memiliki beberapa tanjung dan teluk kecil yang indah. Berpasir putih dengan air laut jernih bewarna hijau kebiruan. Di beberapa titik, bisa untuk berenang, snorkeling bahkan diving.

Belum dikelola secara besar-besaran, sehingga otomatis belum banyak dibangun berbagai fasilitas. Namun justru inilah keindahannya. Benar-benar masih alami dan belum banyak ada campur tangan manusia.

Berkunjung di Desa Pagar Jaya 2 hari 1 malam, benar-benar pengalaman yang menyenangkan bagi saya. Mendapatkan banyak pengetahuan alam dari warganya, khususnya dari kepala desa dan Ketua Pokdarwis. Semoga Desa Pagar Jaya tetap terjaga keindahannya. Dan semoga Pokdarwis serta wisatanya berkembang dengan baik.

3 comments

  • Onot

    Nice article om Yopie, keep up the great job.

  • Asalamualaikum wr.wb
    mas saya ingin membagikan wisata2 yang ada di waykanan
    mungkin dengan situs kelilinglampung ini bisa membantu saya mempromosikan wisata2 ditempat saya (waykanan)
    nanti saya yang tulis sendiri semua nya,
    setelah saya slesai nanti saya kirim ke email mngkin? untuk email nya mngkin bsa dibalas di koment saya
    mas nya langsung bisa upload saja nanti
    terimakasih ditunggu balasan nya mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *