Ada Spot Foto Cantik di Pulau Mahitam Pesawaran Lampung

Hidup di kota besar yang penuh dengan hiruk pikuk dan kesemrawutan, sering kali membuat kita ingin jalan-jalan ke tempat wisata yang alami, indah, dan menyegarkan pikiran. Dari ribuan pulau yang di Indonesia, Pulau Mahitam bisa menjadi pilihanmu untuk berwisata, rekreasi di akhir pekan.

Pulau Mahitam menarik untuk dikunjungi, karena memiliki keindahan dan keunikan. Bagus menjadi spot foto untuk kamu upload di media sosial. Dan asiknya lagi, pulau yang berada di Kabupaten Pesawaran ini masih termasuk dekat dari Kota Bandar Lampung. Bisa pergi pagi pulang siang atau sore.

Liburan yang dekat dari Kota Bandar Lampung tentu bisa membuat tubuh dan pikiranmu menjadi segar saat pulang ke rumah. Segarnya udara di pulau, pemandangan cantik, berendam di pantainya, atau snorkeling di sekitar pulau. Itu kegiatan yang bisa kamu lakukan saat ke Pulau Mahitam/Maitam/Maitem.

KelilingLampung sudah mengunjungi pulau ini di tahun 1990an dan saat itu belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Hanya yang hobi memancing dan menyelam saja yang biasanya tahu.

Di tahun 2012an sampai sekarang, nama Pulau Mahitam menjadi leih terdengar. Seiring dengan perkembangan media sosial dan penggunanya yang semakin banyak.

Pulau Mahitam - Pulau Cantik di Lampung - Yopie Pangkey - 10

Salah Satu Pulau Cantik di Lampung

KelilingLampung dan kawan-kawan pernah camping di pulau yang masih menyimpan banyak misteri ini. Cerita seru dan kejadian seru juga pernah kami alami saat bermalam di pulau ini.

Yang jelas, pulau cantik ini layak kamu kunjungi. Tak perlu berharap banyak akan keindahannya, karena pasti banyak pulau yang lebih indah, lebih bersih, dan banyak fasilitas penunjang.

Namanya pulau alami pasti banyak sampah yang terbawa arus dari mana-mana. Banyak dahan pohon, batang pohon, dan lainnya di tepi pantainya.

Foto sunset senja di Pulau Maitem - Pulau Cantik di Lampung - Yopie Pangkey - 2

Rute menuju Pulau Mahitam

Dari pusat Kota Bandar Lampung, arahkan kendaraanmu ke arah Barat ke Jalan Jend. Ahmad Yani. Berbelok ke Selatan masuk ke Jalan Wolter Monginsidi, lalu masuk ke Jalan Basuki Rahmat. Ikuti Jalan Basuki Rahmat sampai mentok menemui pertigaan Jalan WR Supratman.

Belok ke kanan di Jalan WR Supratman, belok kiri di Jalan Dr Setia Budi, dan belok kanan di Jalan Laksamana RE Martadinata. Ikuti terus Jalan Laksamana RE Martadinata dan Jalan Raya Way Ratai.

Kamu akan melewati TPI Lempasing, Pantai Queen Arta, Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung.

Setelah menempuh sekitar 25,5 kilometer, kamu akan menjumpai perkampungan Ketapang. Ditandai dengan adanya Pos Pengamat Ketapang milik TNI AL.

Lokasi di Google Map: Ketapang

Pantai Mahitam - Pulau Cantik di Lampung - Yopie Pangkey - 7

Menyeberang ke Pulau Mahitam

Di Ketapang kamu bisa cari jasa penyewaan perahu yang sangat banyak tersedia. Bisa menggunakan perahu biasa yang lebih lambat dan bisa sewa speedboat kayu yang jauh lebih cepat. Harga sewa tentu saja lebih mahal speedboat kayu.

Biaya sewa perahu ke Pulau Mahitam berkisar antara Rp. 200.000 – Rp. 350.000. Tergantung kesepakatan dengan pemilik perahu. Sepertinya belum ada kesepakatan bersama pemilik perahu mengenai harga sewa perahu. Ralat kalau salah ya.

Kapasitas maksimal antara 10-15 penumpang. Kalau sedang berangin agak kencang dan bergelombang, baiknya sewa 2 perahu saja kalau kamu rombongan terdiri dari 15-20 orang.

Dengan perahu biasa, membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk sampai di Pulau Mahitam. Dengan speedboat hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Saran kami, kalau ingin berkeliling snorkeling, lebih baik sewa perahu biasa. Lebih mudah untuk naik turun perahu di laut.

Di saat surut besar, kita bisa menyeberang dengan berjalan kaki melalui titik terdekat dengan daratan. Dari ujung pulau ke daratan hanya berjarak sekitar 300-350 meter saja.

Tapi sangat kami sarankan untuk sewa perahu saja yang lebih aman. Kecuali kamu orang yang faham dan sangat mengerti informasi pasang surut air laut.

Tapi sekali lagi, sewa perahu saja deh yaaa…

Tiket Masuk Pulau Mahitam

Tidak ada, alias gratis menikmati pulau.

Pulau Mahitam - Pulau Cantik di Lampung - Yopie Pangkey - 3
Foto Pulau Mahitam dalam suasana mendung.

Keindahan Pulau Mahitam

Pantai Mahitam

Pulau Mahitam cukup dikenal di kalangan netizen karena ada pasir memanjang ke arah daratan. Pasir ini seringkali muncul di timeline instagram dan menjadi spot foto andalan bagi pengunjung Pulau Mahitam.

Di sekitar pasir ini, kondisi airnya tidak cukup jernih. Karena berada di selat yang arusnya lumayan. Bisa saja snorkeling di sekitarnya untuk sekadar hiburan sebentar saja. Di Pantai Mahitam ini, kami lebih senang foto-foto dan mandi berendam saja.

Untuk snorkeling, tanyakan saja sama abang yang perahu yang mengantar kamu. Tanyakan dimana spot snorkeling yang bagus di sekitar Pulau Mahitam.

Pulau Mahitam - Pulau Cantik di Lampung - Yopie Pangkey - 6
Bisa motret kawanmu dari atas mercusuar Maitam.

Menara Suar

Di ujung Tenggara Pulau Mahitam ada sebuah menara suar dari kerangka besi yang bisa menjadi spot foto. Banyak juga orang yang foto di menara suar ini muncul di instagram. Kamu bisa cari sendiri.

Menara suar milik Kementerian Kelautan ini sebenarnya bukan untuk wisata. Namun banyak yang menjadikannya spot foto karena pemandangan dari atasnya bagus.

Kita tidak bisa naik sampai ke puncak menara, karena bagian atasnya dikunci oleh petugas penjaga. Dan itu adalah aset negara yang memang harus dijaga dan dipelihara untuk kepentingan umum.

Menginap di Pulau Mahitam - Pulau Cantik di Lampung - Yopie Pangkey - 1
Menginap di Pulau Mahitam.

Penginapan

Kalau KelilingLampung kasih saran, lebih baik kamu menginap di Kota Bandar Lamung saja. Karena pulau ini tidak terlalu jauh letaknya dari kota Bandar Lampung.

Apalagi pulau ini bisa kamu jelajahi dalam 1 hari atau bahkan bisa dalam setengah hari. Jadi kamu bisa segera kembali ke Bandar Lampung. Atau kalau mau sekalian ke Pulau Pahawang, lebih baik mengina di Pulau Pahawang Besar yang ada banyak homestay.

Jadi sekali liburan ke Lamupung, bisa mendapatkan banyak destinasi wisata. Termasuk ke Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian yang letaknya tidak jauh dari Pulau Maitam.

Baca juga ya:

* Wisata Pulau Pahawang di Pesawaran

Pantai Mahitam - Pulau Cantik di Lampung - Yopie Pangkey - 9
Pantai Mahitam, asik buat foto-foto.

Jaga Kebersihan dan Utamakan Keselamatan

Dimana-mana sebenarnya sama saja, kita harus jaga kebersihan dan utamakan keselamatan. Termasuk saat rekreasi di Pulau Mahitam, Pesawaran, Lampung.

Foto-foto di pantai, laut, dan menara suarnya memang bagus dan kamu bisa mendapat banyak ‘like’ di Instagram. Tapi dalam proses jalan-jalan dan saat ambil fotonya, selalu utamakan keselamatan.

Di Pantai Mahitam dan pantai lain juga utamakan keselamatan. Kita tidak tahu ada hewan apa di pasir atau di karang yang ada di sekitar pulau. Jangan sembarangan pegang batu karang kalau kamu tidak tahu jenisnya.

Dan selalu pakai alas kaki saat bermain di pasir pantai. Banyak kok tersedia di toko-toko online sepatu scuba dive/sepatu snorkeling/sepatu pantai, dengan harga yang bervariasi.

Baca yang ini juga:

* 7 Air Terjun Cantik di Pesawaran

Pantai Mahitam - Pulau Cantik di Lampung - Yopie Pangkey - 11

Pulau Mahitam yang Indah

Sekarang kamu sudah tahu mengenai Pulau Mahitam di Pesawaran, Lampung. Sekarang saatnya susun rencana liburan ke Pulau Mahitam untuk nenikmati pantai yang ada di Mahitam.

Selain keindahan yang sudah disebut di atas, KelilingLampung yakin kamu bisa menemukan keindahan Pulau Mahitam lainnya versi kamu sendiri.

Ayo jalan-jalan di Lampung, ke Pulau Mahitam, salah satu tempat wisata di Lampung yang memesona.


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *