15 Air Terjun Tersembunyi yang Indah di Lampung Utara

Air Terjun di Lampung Utara – Lampung itu memiliki banyak tempat indah yang bisa kita jadikan destinasi wisata di akhir pekan. Termasuk Lampung Utara yang selama ini jarang kita dengar soal pariwisata. KelilingLampung juga sampai saat ini penasaran dengan pariwisata Lampung Utara.

Rasa penasaran itu akhirnya sedikit membuahkan hasil. Baru-baru ini KelilingLampung mendapatkan kiriman foto dari seorang kawan di Kotabumi. Foto-foto air terjun di Lampung Utara.

Kamu yang tinggal di Lampung Utara patut berbangga hati, ternyata daerahnya menyimpan potensi wisata yang bisa diangkat ke permukaan. Menjadi bagian dari pariwisata Lampung secara keseluruhan. Dan kita dari daerah lain, kita dukung bersama yuk. Kita bantu Kabupaten Lampung Utara, khususnya di sektor pariwisata.

Air Terjun di Lampung Utara

Selama ini kita tahunya hanya beberapa kabupaten di Lampung yang mempunyai air terjun bukan? Dan ternyata Lampung Utara memiliki banyak sekali air terjun.

Terimakasih untuk kawan sesama blogger yang sudah memberikan info keren ini.

Sekarang kita bahas satu-persatu ya air terjun di Lampura ini. Semuanya belum pernah KelilingLampung kunjungi, silakan kawan-kawan eksplorasi.

Belum banyak informasi terkait air terjun tersebut. Baiknya kawan-kawan gali lebih jauh informasinya sebanyak-banyaknya kalau mau datang.

Air Terjun Ateng - air terjun di lampura - Yandigsa
Air Terjun Ateng. (Foto: @yandigsa)

1. Air Terjun Ateng

Air Terjun ini jarang sekali dikunjungi banyak orang. Memiliki keindahan tersendiri walai air terjunnya pendek.

Yang suka jalan-jalan dengan sensasi berpetualang cocok datang kemari. Karena untuk mencapai air terjun Ateng kamu harus trekking terlebih dahulu. Tidak berat dan mengasikkan.

Lokasi Air Terjun Ateng:
Suka Menanti, Bukit Kemuning, Lampung Utara

Air Terjun Ghofar - air terjun di lampung utara - Yandigsa
Air Terjun Ghofar. (Foto: @yandigsa)

2. Air Terjun Ghofar

Untuk bisa sampai ke Air Terun Ghofar, selain berjalan kaki kita juga bisa menggunakan motor. Ya tapi dengan sedikit berpetualang ya, karena motormu harus melewati aliran sungai kecil di sini.

Boleh dibilang air terjun ini adalah air terjun tersembunyi di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Tanjung Raja. Jarang yang kemari dan suasananya juga sangat asri.

Lokasi Air Terjun Ghofar berada di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara.

Air Terjun Jono - arter di lampung utara - Yandigsa
Air Terjun Jono. (Foto: @Yandigsa)

3. Air Terjun Jono

Air terjun Jono cukup ramai dikunjungi oleh muda-mudi Lampun Utara. Di akhir pekan, air terjun Jono akan terlihat ramai. Banyak yang mandi-mandi, berendam di aliran airnya, atau hanya duduk-duduk saja.

Sudah dikelola dengan baik oleh warga dan ada beberapa fasilitas penunjang, seperti tangga semen untuk turun ke lokasi dan pondokan untuk duduk-duduk.

Berada tidak jauh dari pemukiman warga. Karena letaknya yang strategis ini memungkinkan pengunjung membawa kendaraan roda dua dan empat untuk bisa mendekat sampai di tempat parkirnya yang ada di depan gerbang masuk air terjun.

Dari arah Bandar Lampung atau Kotabumi kamu bisa melewati jalur Lintas Tengah Sumatera ke arah Bukit Kemuning. Sampai di Kecamatan Abung Barat tak jauh dari pasar Ogan Lima, kamu berbelok ke kanan menuju ke kecamatan Sungkai Barat.

Setelah melewati beberapa desa akan melewati Desa Gunung Betuah, tak jauh dari gerbang masuk desa, dan kamu akan sampai di SDN 1 Sinar Mas Kecamatan Sungkai Barat.

Berbelok ke kiri menuju ke Desa Way Isem. Sampai di depan kantor Desa Way Isem kamu berbelok ke kiri. Sekitar 250 meter kamu akan sampai di lokasi Curup Jono.

Lokasi Air Terjun Jono: Desa Way Isem, Kecamatan Sungkai Barat, Kabupaten Lampung Utara.

Air Terjun Selampung - air terjun di lampung utara - Yandigsa
Air Terjun Selampung, salah satu air terjun di Lampung Utara yang indah. (Foto: @Yandigsa)

4. Air Terjun Selampung

Di Air Terjun Selampung, kita bisa menikmati uniknya 2 air terjun dengan ketinggian masing-masing 12 dan 20 meter.

Banyak cerita mistis dan misteri yang berkembang di warga sekitar. Konondi malam-malam tertentu banyak warga yang mengaku mendengar suara tentara baris di sekitar air terjun.

Dan tidak sedikit pula ada yang datang ke air terjun ini untuk mencari harta karun yang kabarnya adalah harta peninggalan pasukan Jepang.

Kalau kamu kemari ya berwisata yang asik aja ya. Terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Desa Gunung Betuah, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara.

Air Terjun Merai - air terjun di lampura - Yandigsa
Air Terjun Merai. (Foto: @Yandigsa)

5. Air Terjun Merai

Air terjun ini jarang sekali didatangi oleh warga dan masih sangat alami. Ada yang sampai mengibaratkan bagai seorang gadis peraman yang belum dijamah oleh laki-laki. Nah air terjun Merai ini juga sama, bisa dibilang nyaris didatangi pengunjung.

Kamu bisa mandi-mandi dan berendam di kolam alami di aliran airnya yang jernih. Memiliki ketinggian 15-20 meter dan ada 4 tingkatan dengan ketinggian berbeda.

Dari Tugu Payan Emas Kotabumi, butuh waktu sekitar 1 sampai dengan 2 jam. Ke arah bukit Kemuning, menempuh sekitar 32 kilometer, belok ke kiri di Abung Tengah.
Setelah parkir kendaraan kita harus melewati jalan setapak yang mudah ditempuh.

Lokasi: Desa Sinar Mulya, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara.

Mau cek

Mau cek penerbangan Halim Way Kanan?


Buka ini: Penerbangan Citilink ke Lampung

Air Terjun Thamrin - air terjun di lampung utara - Yandigsa
Air Terjun Thamrin. (Foto: @Yandigsa)

6. Air Terjun Thamrin

Air Terjun Thamrin ini lumayan asik suasananya, seperti terlindung di lembah kecil. Di sekitarnya masih banyak pepohonan rimbun yang terlihat asri.

Kalau melihat beberapa video yang beredar, sepertinya tidak susah untuk sampai di lokasi.

Lokasi Air Terjun Thamrin berada di Desa Merabung, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara.

Air Terjun Campang Gijul - air terjun di lampung utara - Yandigsa
Kontributor foto ‘air terjun di Lampung Utara’, @Yandigsa, berpose di Air Terjun Campang Gijul.

7. Air Terjun Campang Gijul

Tidak seperti air terjun lain yang airnya jatuh dari ketinggian. Di Air Terjun Campang Gijul, airnya mengalir di dinding bebatuan yang berundak-undak.

Bentuk dinding air terjunnya seperti batu lapis di tempat-tempat lain. Asik juga mandi bermain basah-basahan di aliran air terjunnya.

Di beberaa video youtube, Kelilinglampung melihat ada yang bisa menaiki air terjun ini sampai ke atasnya. Tapi kalau kamu kemari, tetap utamakan keselamatan ya.

Lokasi: Desa Campang Gijul, Kecamatan Abung Pekurun. Kabupaten Lampung Utara.

Air Terjun Kabul - air terjun di lampura - Yandigsa
Air Terjun Kabul. (Foto: @Yandigsa)

8. Air Terjun Kabul

Air Terjun Kabul termasuk yang paling mudah untuk dikunjungi. Akses jalannya bagus dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua untuk sampai di air terjun.

Keunikan Air Terjun Kabul adalah adanya lekukan lebar yang menjadi kolam alami. Ada 3 kolam yang kamu bisa basah-basahan di situ. Memberikan sensasi segar kalau mandi di sini.

Air Terjun Kabul berada di Dusun Halampam, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara. Tidak ada biaya tiket masuk di sini.

Air Terjun Indah Klawas - air terjun di lampung utara - Yandigsa
Air Terjun Indah Klawas.(Foto: @Yandigsa)

9. Air Terjun Indah Klawas

Air Terjun Indah Klawas berada di Desa Pekurun Barat, Kecamatan Abung Tengah. Tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kotabumi. Dengan motor hanya perlu sekitar 50-60 menit. Akses jalannya baik.

Sudah banyak yang berkunjung ke air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini. Kamu bisa mandi di aliran airnya yang segar.
Dari parkir kendaraan, kamu harus berjalan kaki sekitar 300 meter terlebih dahulu untuk ke air terjunnya.

Ada biaya parkir Rp. 5.000 – 10.000. Dan belum ada fasilitas umum seperti toilet dan warung makan.

Air Terjun Saung Nage - air terjun di lampungutara - Yandigsa
Asik banget duduk-duduk di Air Terjun Saung Nage. ~Yandigsa

10. Air Terjun Saung Nage

Air Terjun Saung Nage ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk. Untuk sampai di air terjunnya juga tidak terlalu sulit.

Di siang hari seringkali terlihat anak-anak sekolah yang bermain di sini selepas waktu belajar sekolah. Air terjunnya tidak tinggi, hanya berupa undakan bebatuan. Sekilas memang tidak seperti air terjun lain yang tinggi dan curam. Air Terjun Saung Nage berundak-undak dan landai.

Di sini kamu bisa berendam dan lompat dari batu paling bawah. Seru juga.

Berada di Desa Sindang Agung, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara

Air Terjun Kupit - air terjun di lampung utara - Yandigsa
Air Terjun Kupit. (Foto: Yandigsa)

11. Air Terjun Kupit

Air Terjun Kupit mudah untuk dicapai. Namun harus agak berhati-hati saat hendak ke spot air terjunnya. Karena kamu harus trekking sedikit mengikuti aliran air.

Di satu titik, kita harus menuruni tebing kecil dengan tali tambang yang memang sudah disediakan untuk pengunjung.

Lihat Videonya Yandigsa dan jangan lupa subscribe channel youtubenya yaa…

Bagi yang suka berpetualang, air terjun Kupit bisa menjadi pilihan jalan-jalan di akhir pekan. Recommended buat yang hobi foto-foto. Bentangan tebing bebatuannya bagus jadi spot foto.

Di sini kita bisa mandi, bergantungan di akar pohon, dan bisa berendam sepuasnya.

Lokasi Air Terjun Kupit: Desa Sumber Tani, Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara.

Air Terjun Kayu - curug di lampung utara - Yandigsa
Air Terjun Kayu. (Foto: Yandigsa)

12. Air Terjun Kayu

Untuk menuju air terjun ini, kita harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang rindang, banyak pepohonan di sekitar. Di lokasi kita bisa mandi aliran airnya. Ada tumpukan batu yang berfungsi seperti bendungan kecil. Sehingga kita bisa berendam di situ.

Suasananya adem karena dikelilingi banyak pepohonan.

Lokasi: Desa Sumber Tani, Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara.

Air Terjun Kincir - air terjun di lampung utara - Yandigsa
Air Terjun Kincir. (Foto: Yandigsa)

13. Air Terjun Kincir

Lokasi di:
Desa Sukamarga
Kecamatan Abung Tinggi
Kabupaten Lampung Utara

Air Terjun Temiangan - air terjun di lampung utara - Yandigsa
Air Terjun Temiangan. (Foto: Yandigsa)

14. Air Terjun Temiangan

Air Terjun Kembar Temiangan ini juga unik. Kalau tebing air terjun lain batu lapisnya horisontal. Di sini batu lapisnya vertikal. Terlihat seperti bebatuan kuno.

Masih terlihat asri walau disekitarnya banyak yang sudah menjadi kebun warga. Unik.

Lokasi: Desa Tanjung Baru Timur, Kecamatan Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara.

Arter Bukit Bidadari
Arter Bukit Bidadari. (Foto: Yandigsa)

15. Air Terjun Bidadari atau Soko Langit

Desa Tanjung Baru
Kecamatan Bukit Kemuning
Kabupaten Lampung Utara

Dan air terjun berikut di bawah ini adalah hasil dari mencari di berbagai artikel dan berita.

Simak terus yaa 🙂

16. Curup Menjukut

Air terjun ini berada di wilayah kecamatan Bukit Kemuning. Air terjunnya bertingkat dan termasuk pendek. Ada kolam yang bisa dijadikan arena untuk berenang.

Bagi yang memiliki keberanian bisa coba melakukan cliff jumping dari tingkat kedua. Ukuran tebingnya sekitar 3-4 meter. Kamu berani?

Dan dengar-dengar lokasi air terjun ini sering digunakan sebagai tempat uji nyali lho.

17. Curup Muara Aman

Air terjun ini tentu saja hampir tidak pernah terdengar oleh kamu. Bahkan belum pernah mendengarnya.

Ada yang sudah ke Curup Muara Aman?

18. Air Terjun Sukaemi

Coba lah datang ke Air Terjun Sukaemi, karena air terjun ini tersembunyi dan jauh dari keramaian. Keindahan yang masih tersembunyi yang cocok bagi kamu yang suka dengan keheningan.

Panoramanya indah dan memesonam dan masih sangat asri.

Lokasi Air Terjun Sukaemi berada di Dusun Sinarogan, Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara.
Sekitar 42 km dari Kotabumi atau sekitar 1,5 jam dengan kendaraan.

19. Air Terjun Mandi Angin

Belum tahu apakah Air Terjun Mandi Angin ini sama dengan Air Terjun Sukaemi. Perlu dicek lagi apa sama atau beda.

Berada di Talang Kodok Desa Gendot Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara. Namun untuk mencapainya hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua. Untuk mencapai dasar air terjun hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 100 meter menuruni bukit curam.

Menurut cerita yang sudah kemari, air terjunnya yang berteras tiga dan bercabang dua ini begitu memesona.

Oleh masyarakat sekitar dinamakan Air terjun Mandi Angin.

Baca juga:
* 7 Air Terjun Cantik di Pesawaran

* Info Lengkap Jasa TRAVEL Lampung, Antarkota Antarpovinsi

Masih Banyak Air Terjun Lain di Lampung Utara

Air terjun di atas baru sebagian dari puluhan air terun yang ada di Kabupaten Lampung Utara. Ya, Lampura ternyata mempunyai banyak air terjun lho. KelilingLampung juga baru tahu. Selama ini kemana aja ya 😀

Soal indah atau tidaknya, itu kembali lagi ke selera kamu yang mengunjunginya. Kalau KelilingLampung sih senangnya bisa jalan, bisa trekking, bisa berinteraksi dan berkenalan dengan warga sekitar.

Berkunjung ke tempat baru juga bisa menambah wawasan kita tentang kearifan lokal yang berlaku di daerah yang kita kunjungi. “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”, ini yang KelilingLampung ingat dan jadi bekal kalau sedang bepergian. Seringkali kita mendapat pengetahuan baru justru dari orang-orang yang berada jauh dari kota. Tidak percaya? Coba saja sendiri.

Kita eksplorasi bersama keindahan Lampung Utara. Nikmati alamnya dan pelajari budaya yang berlaku di sekitarnya.

Ayo ke air terjun di Lampung Utara. Temukan air terjun lain diluar yang sudah disebutkan disini 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *