7 Air Terjun Cantik di Pesawaran

Kelilinglampung.net – Banyak sekali yang suka wisata air terjun saat ini. Terutama warga kota yang ingin merasakan ketenangan, udara segar dan sejuk, dan tentunya bisa mandi di aliran airnya yang jernih dan segar. Termasuk air terjun di Pesawaran yang sudah banyak didatangi wisatawan, baik Lampung maupun luar Lampung. Bahkan beberapa wisman juga terlihat mendatanginya.

Air Terjun (arter) memang ternyata bisa memberikan ketenangan dan kegembiraan bagi yang mendatangi. Selain tentu saja asik buat berpetualang menjajal trek yang menantang, foto-foto, dan berbagi di media sosial. Bagi yag ingin datang ke Lampung, tidak ada salahnya mendatangi beberapa air terjun cantik yang ada di Pesawaran ini.

Baca:
* Wisata Pulau Pahawang di Pesawaran

7 Air Terjun di Pesawaran:

Air terjun Sinar Tiga di desa Harapan Jaya - Padang Cermin - Pesawaran - Lampung - Yopie Pangkey
Air terjun Sinar Tiga. Salah satu air terjun di Pesawarn yang cantik.

Air Terjun Sinar Tiga

Air Terjun Sinar Tiga berada di Dusun Sinar Tiga, Desa Harapan Jaya, Way Ratai, Pesawaran. Sekitar 1,5 jam dari Kota Bandar Lampung menggunakan mobil. Dari parkiran kita harus trekking dengan jalur yang relatif mudah dan landai. Saat KelilingLampung kemari di musim hujan. Jadi perlu sedikit hati-hati di beberapa titik tanjakan dan turunan yang tidak seberapa. Selebihnya sangat aman untuk anggota keluarga.

Tingginya sekitar 25 meter dan jatuhan airnya sangat deras. Tidak ada yang berani mandi langsung di bawah jatuhnya air. Kebayang kan kalau kepala kita kejatuhan batu dari atas. Kira-kira begitulah gambaran derasnya.

Lebih baik mandi di aliran setelahnya. Airnya jernih dan suasananya benar-benar asik.

Terakhir KelilingLampung kemari di bulan Januari 2016. Ada yang tahu kondisi saat ini?

Air Terjun Penantian

Sering disebut dengan Air Terjun Pencarian, namun sekarang warga sudah sepakat untuk menamainya dengan Air Terjun Penantian. Arter ini memiliki 5 tingkat dengan jarak bervariasi.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini berada di Dusun Kumbang Badak, Way Papak, Padang Cermin. Pepohonan hijau di sekekeliling air terjun ini bisa kamu betah dan malas pulang. Perlu tenaga ekstra untuk trekking kemari.

Air Terjun Anglo

Masih di Way Ratai, bisa sekalian juga ke arter ini yang berada di Desa Gunungrejo, Way Ratai. Waktu tempuh berkendara sekitar 1,5 jam. Di sini ada toilet dan kamar ganti. Juga ada gazebo dan musholla.

View this post on Instagram

A post shared by Keliling Lampung (@kelilinglampung_) on

Baca juga:
* Pulau Wayang, Pulau Cantik di Lampung

Air Terjun Kembar Caringin Asri

Kalau lihat di Instagram, ada beberapa nama untuk Air terjun yang berada di Desa Caringin Asri, Way Ratai ini. Ada yang menyebutnya dengan Curug Kembar Caringin Asri dan Air Terjun Rindu Kembar. Yang jelas, ada dua air terjun dengan ketinggian yang hampir sama dan berdekatan.

Untuk mencapainya, kita harus berjalan sekitar 200 meter melewati perkebunan warga.

Curug Tundo Telu

Arter Tundo Telu berada di Desa Poncorejo, Way Ratai. Yang unik dari air terjun ini bentukan dinding air terjunnya yang berupa batu besar. Air terjunnya mengalir berundak-undak menuruni dinding air terjun.

Sekitar 2 jam berkendara dari Bandar Lampung. Dilanjutkan trekking sekitar 10 menit. Jalurnya aman dan sudah disemen oleh warga. Ada pondokan jalur trekking buat kamu beristirahat.

Fasilitas di sini banyak pondokan dan juga toilet dengan kondisi sangat baik. Air terjun di Pesawaran yang satu ini memang sepertinya harus masuk ke dalam daftar tempat wisata yang harus kamu kunjungi yay dan atu.

Air Terjun Ciupang

Berada di Desa Sumber Jaya, Way Ratai. Air terjun ini cukup unik karena bentukan dinding/tebing air terjunnya. Di beberapa foto terlihat pengunjung berani memanjatnya. Tapi Kelilinglampung sarankan untuk berhati-hati ya. Keselamatan itu nomor satu.

Dari Bandar Lampung butuh waktu sekitar 2 jam untuk mencapainya. Dan relatif mudah ditemukan, karena dekat sekali dengan pemukiman warga.

Baca yang ini juga:
* 10 Air Terjun di Way Kanan yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Air Terjun Youthcamp Tahura Wan Abdul Rachman

Kalau kamu mau datangi air terjun yang tidak terlalu jauh dari Bandar Lampung, bisa datang ke Youthcamp Tahura Wan Abdul Rachman. Lokasinya berada di Desa Hurun, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Sebelum Pasar Hanura.

Ada 2 air terjun di sini yang keduanya perlu sekitar 20 menit trekking. Jalurnya lumayan menguras tenaga, Namun masih bisa dijangkau oleh anggota keluarga. Ada baiknya bawa bekal minuman kalau mau ke arter-nya.

Pepohonan di sini masih sangat rimbun. Jadi meskipun tidak terlalu jauh, kamu sudah bisa mendapatkan suasa tenang dan bisa rileks/santai di sini.

Ayo Jalan-jalan ke Air Terjun di Lampung

Demikian lah beberapa air terjun di Pesawaran Lampung yang menjadi plihan tempat wisata di Lampung yang bisa kamu datangi saat libur akhir pekan/wiken.

KelilingLampung yakin masih ada air terjun lain yang bagus dan belum ter-ekspos. Kalau ada saran dan usul silakan isi kolom komentar di bawah ya.


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *