Pulau Wayang, Pulau Cantik di Lampung

Pulau Wayang – Ada satu lagi tempat wisata di Lampung yang sedang heboh di dunia maya. Ramai di media sosial dan ramai dikunjungi banyak anak muda yang hobi Keliling Lampung dan wisatawan Nusantara.

Pulau Wayang bernama asli Pulau Kamintara atau biasa disebut Pulau Botak. Masuk wilayah administrative Kabupaten Tanggamus.

Karena ada kemiripan sedikit dengan Pulau Wayag di Raja Ampat, pulau ini dijuluki Pulau Wayang.

Bukan mengubah nama ya, ini sesebutan anak muda saja. Untuk memudahkan orang lain kenal dan mengingatnya. Sama seperti cerita Gigi Hiu yang bernama asli Batu Layar Pantai Pegadungan.

pulau wayang - masteguh78 - spot foto di lampung

Mas Teguh @lemestraveler dengan latar belakang Pulau Wayang. (Foto: bugis.traveler)

Pulau yang Unik

Pulau-pulau berbentuk unik dengan formasi unik pula ini terdiri dari 4 (empat) pulau. Dulunya mungkin merupakan satu pulau utuh yang kemudian terpisah menjadi pulau-pulau yang lebih kecil. Mungkin lho ya…

Pulau-pulau tersebut terbentuk dari bebatuan. Seluruh tepinya adalah tebing, tidak ada pantai berpasir. Jadi kita tidak bisa mendarat dengan mudah di pulau ini.

Belum lagi gelombang yang menghempas bebatuan karang di pulau-pulau tersebut. Hanya nelayan/awak perahu yang mahir saja yang bisa merapatkan perahunya.

Cantik Difoto

Pulau Wayang atau Pulau Kamintara ini memang unik dan cantik difoto. Dari sudut tertentu pulau ini terlihat begitu elok dan layak masuk album foto instagram. Anak-anak muda bilang instagrammable.

Keunikan bentuk pulau ini memang yang menjadi daya tarik utama wisatawan untuk datang berkunjung. Fotogenik saat difoto dan bagus untuk diposting di media sosial.

Hanya itu yang dilakukan, tidak ada kegiatan snorkeling di situ. Namun tetap saja banyak yang ingin ke sana untuk foto-foto. Karena mereka melihat foto-foto yang sudah menyebar di instagram. Dan mereka ingin pula memiliki foto serupa.

A post shared by teguh prasetyo (@masteguh78) on

Foto atas, mas Teguh yang aktif angkat wisata Lampung bersama komunitasnya @lemestraveler 😀

Destinasi Tambahan

Pulau Wayang memang baru berupa destinasi wisata tambahan saja. Menambah pilihan bagi wisatawan yang sedang menikmati wisata bahari di Teluk Lampung.

(Mau tau? 7 Destinasi Wisata Unggulan di Lampung)

Apalagi perahu memerlukan waktu 2 (dua) jam pelayaran dari dermaga Ketapang.

Para operator wisata Teluk Lampung tetap mengutamakan daya tarik utama lain. Seperti Pulau Pahawang dan Kelagian yang lebih dekat.

Jadi, mereka menuju Pulau Wayang. Begitu sampai foto-foto di sekitarnya. Sudah dapat foto, kembali lagi ke Teluk Lampung.

pulau wayang - masteguh78 - spot foto di lampung - 2

(Foto: Teguh Prasetyo/@masteguh78)

Pola Wisata Anak Muda

Uniknya pola wisata bahari ini dibuat oleh anak-anak muda Lampung. Dan diramaikan melalui media sosial, terutama instagram.

Bukan sekali ini saja anak-anak muda membua pola wisata Lampung menurut versi mereka, menyesuaikan keinginan wisata anak muda pada umumnya.

Di tahun 2012 mereka juga rintis pola wisata Canti – Sebesi – Anak Krakatau – Kiluan – Canti. Sebuah pola wisata yang mungkin kurang dipikirkan dan diperkirakan oleh pelaku wisata yang sudah mapan.

Fenomena ramainya “Pulau Wayang” atau Pulau Botak ini, tidak lepas dari semangat anak muda Lampung dalam eksplorasi wisata daerah Lampung.

Masalahnya adalah bisa jadi apa yang dipromosikan oleh mereka belum tentu sesuai keinginan bagi wisatawan umum. Hanya cocok untuk wisatawan dengan minat khusus, foto-foto dan wisata bawah laut (snorkeling).

Jadi kalau mau kemari, pikir dulu baik-baik. Mau pergi dengan siapa dan mau ajak siapa. Salah ajak bisa jadi kecewa yang didapat.

(Baca ceritanya Travelergadungan ke pulau ini)

MTMA

Pulau Wayang pertama kali mulai dikenal sejak masuk dalam sebuah acara televise bertajuk My Trip My Adventure (MTMA). Penayangannya sekitar satu setengah tahun lalu.

Di acara tersebut Marshall dan David begitu mengagumi keindahan pulau Wayang. Meskipun mereka berdua tidak bisa merapat ke pulaunya.

Apalagi program ini menampilkan keindahan pulau dengan menggunakan drone. Keindahannya lebih tampak menakjubkan.

Sejak itu keindahan Pulau Wayang menjadi incaran para pelancong yang suka berfoto ria.

Pulau Wayang - Yopie Pangkey - Keliling Lampung - 1

News Analys. Sudut pandang saya terhadap pulau ini di koran cetak Tribun Lampung.

Pulau Wayang - Yopie Pangkey - Keliling Lampung - 2

News Analys. Sudut pandang saya terhadap pulau ini di koran cetak Tribun Lampung.

 

Cara Menuju Pulau Wayang

Untuk menuju Pulau Wayang, terlebih dahulu kita harus ke dermaga Ketapang. Dermaga Ketapang letaknya sebelum Pantai Klapa Rapat (Klara). Bandar Lampung – Ketapang, sekitar 1 jam dengan mobil.

Di Ketapang kita bisa mendapatkan perahu yang bisa menampung sampai sekitar 10 (sepuluh) orang.

Biasanya perahu akan mematok harga sewa sekitar Rp. 1,2 – 1,5 juta. Harga tersebut sudah termasuk hopping island di beberapa pulau di Teluk Lampung.

Salah Satu Anugerah Pariwisata Lampung

Bagaimana pun keberadaan pulau Wayang ini menjadi anugerah bagi pariwisata Lampung. Keindahannya mampu menarik wisatawan untuk berkunjung.

Bahkan mereka rela datang dari jauh dan berlama-lama di atas perahu, hanya untuk foto-foto di dekatnya.

Soal keberadaannya yang masuk wilayah Tanggamus namun warga Pesawaran yang menangguk untung, itu baiknya dibicarakan para stakeholder terkait.

Anak-anak muda Lampung sedang senang-senangnya eksplorasi keindahan daerahnya sendiri. Semangat mereka pasti membawa dampak positif juga untuk Lampung.

Pulau Wayang atau Pulau Botak, menjadi salah satu tempat wisata di Lampung, spot foto di Lampung, yang bisa kita kunjungi di akhir pekan.

 

 


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

11 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *