Wisata Pulau Pahawang di Pesawaran

Wisata Pulau Pahawang – Obyek wisata Pulau Pahawang menjadi destinasi wisata di Lampung yang sedang hits dikunjungi. Tempat wisata di Lampung yang lagi hits di kalangan netizen nusantara. Lokasi Pulau Pahawang berada di Teluk Lampung, masuk kabupaten Pesawaran.

Lokasi Pulau Pahawang tidak jauh setelah pulau Kelagian. Jadi sangat memungkinkan bagi wisatawan untuk melakukan hopping island ke pulau-pulau terdekat. Memang Kabupaten Pesawaran memiliki banyak pulau indah, baik pulau besar maupun pulau kecil.

Rekan Keliling Lampung tidak perlu pusing kalu ingin berlibur bersama keluarga atau kawan-kawan. Tidak terlalu jauh, lokasi Pulau Pahawang sangat mudah dicapai saat ini. Hanya 3 jam dari Bandar Lampung, kita sudah bisa menikmati pasir putih dan keelokan terumbu karang serta hewan laut lucu seperti ikan badut.

Saat Keliling Lampung membuat akun twitter @kelilinglampung di akhir tahun 2011, Pulau Pahawang dan pulau lainnya masih jarang dikunjungi wisatawan. Di akhir pekan paling banyak hanya 5 sampai 10 perahu yang membawa wisatawan ke pulau Pahawang.

Namun di pertengahan tahun 2017 ini, setiap akhir pekan bisa ratusan kendaraan yang parkir di Ketapang. Kira-kira saja berapa wisatawan yang datang ke Pulau Pahawang. Apalagi sering ramai dibicarakan para netizen di media sosial. Sejak 2011, Pulau Pahawang semakin diminati oleh wisatawan nusantara.

Baca juga: Pulau Wayang, Pulau Cantik di Lampung

pulau pahawang besar- pahawang island lampung - yopie pangkey 8

Salah satu pantai di Pulau Pahawang Besar.

Pulau Pahawang Besar

Pulau Pahawang (Pahawang Besar) memiliki banyak pantai yang bagus di sekelilingnya. Hamparan pasir putihnya begitu indah, membuat kita ingin foto/difoto di atasnya. Di cuaca cerah, ombak di Teluk Lampung sangat tenang. Bermain-main di laut yang tenang, membuat kita begitu nyaman snorkeling. Duduk berendam tanpa melakukan apapun juga menyenangkan.

Sangat aman ajak anak-anak berenang di Pulau Pahawang. Namun tetap waspada ya, jangan lepas begitu saja. Tetap jaga-jaga jangan sampai terjadi sesuatu walau semua kita anggap aman.

wisata pulau pahawang - pahawang island lampung - yopie pangkey 2 wisata pulau pahawang - pahawang island lampung - yopie pangkey 3

Baca juga: Pulau Pasaran di Bandar Lampung

Apa Yang Bisa Dilakukan di Pahawang

Saat ini yang dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pahawang adalah pantai pasir putih yang indah dan keindahan pemandangan bawah lautnya di beberapa spot.

Snorkeling menjadi kegiatan menarik di Pahawang. Melihat karang bawah laut warna-warni. Dan melihat beberapa jenis ikan yang mudah ditemui. Ada taman nemo di beberapa spot snorkeling. Seperti Cukuh Bedil dan Gosong Pancong.

Ada spot buatan di kedua spot tersebut. Wisatawan bisa foto-foto underwater dengan dibimbing oleh guide dari tour operator. Kedalaman laut rata-rata di kedua spot tersebut antara 3-4 meter.

Selain underwater, foto-foto di pantai berpasir putih juga banyak dilakukan wisatawan. Indah dan masih alami.

pulau pahawang kecil - pahawang island lampung - yopie pangkey 1

Pantai Pulau Pahawang Kecil.

Pulau Pahawang Kecil

Pulau Pahawang mempunyai pulau kecil di dekatnya. Dikelola oleh seorang warga negara asing yang lama tinggal di Jakarta. Dia menjaga keasrian pulau tersebut sedemikian rupa. Menjaga jangan sampai ada kerusakan alam. Banyak membantu masyarakatPahawang dalam hal pendidikan. Seperti membangun sekolah, dermaga, dan kantor desa.

Dia jarang sekali datang ke villa miliknya di Pahawang Kecil. Kita masih bisa bermain-main di salah satu pantai berpasir putihnya di sana. Bisa juga snorkeling di sekitar pantainya.

Terakhir datang ke sana, Keliling Lampung melihat sudah ada banana boat dan kano yang bisa kita sewa. Menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan yang berkunjung.

wisata pulau pahawang - pahawang kecil - yopie pangkey

Pulau Pahawang kecil (Pahawang Lunik)

Paket Wisata Pulau Pahawang

Sekitar Tahun 2011-2012, masih sedikit operator yang mmebuat paket wisata Pulau Pahawang. Di tahun 2017 ini jangan ditanya lagi, selain operator lokal banyak sekali operator luar Lampung yang membuat paket wisata Pulau Pahawang. Harga paket wisata Pulau Pahawang termasuk bersaing di antara mereka. Menerima wisatawan ala backpacker, biasanya 12-20an wisatawan dalam satu grup.

Kebanyakan wisatawan berasal dari Jakarta, Bandung, Palembang, dan pastinya Bandar Lampung.

Kami akun @kelilinglampung dari tahun 2011 berkali-kali membuat paket serupa dengan waktu, tempat wisata dan harga yang menyesuaikan.

wisata pulau pahawang - pahawang island lampung - yopie pangkey 8

Banyak anemon dan ikan badut di sekitar Pulau Pahawang.

Penginapan di Pulau Pahawang

Kita bisa menginap di pulau Pahawang dengan kawan-kawan dan keluarga. Ada beberapa rumah penduduk yang siap melayani tamu, walau dengan fasilitas seadanya.

Tidak ada hotel di Pahawang. Jangan berharap lebih pada penginapan yang ada di Pulau Pahawang. Warga menyediakan homestay dengan swadana dan swadaya.

Berikut kontak yang bisa kamu hubungi:
Pak Arsali: 087797955447
Pak Arifin: 085268579392
Pak Selamat: 081271446651

Pernah ke: Air Terjun Putri Malu di Way Kanan

wisata pulau pahawang - pahawang island lampung - yopie pangkey 4

Kalau beruntung bisa bertemu ikan pari bintik biru dan penyu.

Rute Ke Pulau Pahawang

Kebanyakan wisatawan menggunakan jasa tour oeprator open trip menuju Pahwang. Sehingga tidak perlu memikirkan lagi rute dan harus naik apa. Dan memang, saat ini masih minim angkutan umum yang melayani trayek Bandar Lampung – Ketapang. Ketapang sebuah perkampungan sebelum pantai Klara. Ada dermaga dan banyak perahu yang siap disewa seharian di sana.

Yang membawa sendiri kendaraan bermotor bisa ikuti rute di bawah ini.

Bandar Lampung – Lempasing – Pantai Mutun – Hanura – Pantai Sari Ringgung – Ketapang.

Dengar-dengar informasi, Bus Trans Lampung akan segera membuka trayek Bandar Lampung – Ketapang. Untuk memudahkan wisatawan yang ingin ke Pahawang. Kita tunggu saja infonya tidak lama lagi.

Parkir kendaraan dan cari perahu penyeberangan di Ketapang. Ada perahu biasa yang bisa memuat 10-14 penumpang dengan biaya sewa sekitar Rp 600.000. Ada speedboat kayu yang lebih cepat namun kapasitas hanya 6 penumpang.

Dengan perahu biasa waktu tempuh ke Pulau Pahawang sekitar 60 menit. Dengan speedboat sekitar 30 menit.

Ayo liburan jalan-jalan ke Pulau Pahawang..!!

Ayo jalan-jalan ke Pulau Pahawang

Bagi masyarakat Lampung, menikmati libur akhir pekan tidak perlu menghabiskan jatah cuti kerjanya. Jalan-jalan sehari kita sudah bisa puas menikmati keindahan pantai dan underwater di sekitar Pahawang. Netizen di media sosial sudah banyak yang tahu tentang pulau yang menjadi salah satu tempat wisata di Lampung ini. Tidak ada salahnya rekan Keliling Lampung juga datang berkunjung sekali waktu.

Sudah dijelaskan lokasi, rute, biaya, penginapan pulau Pahawang. Bisa pergi sendiri bersama kawan-kawan. Atau gunakan jasa operator yang sudah banyak sekali saat ini.

Atau kamu punya cerita sendiri tentang Wisata Pulau Pahawang?

 


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *