Tempat Wisata di Lampung ala Menpar Arief Yahya

Tempat Wisata di Lampung ala Menpar Arief Yahya – Sudah dengar Menteri Pariwisata RI ajak promosikan destinasi wisata di Lampung? Ya, Arief Yahya mengimbau pemudik Lampung untuk bantu promosi daerah asalnya.

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, mengajak para pemudik untuk turut mempromosikan destinasi wisata Lampung dengan cara memposting foto-foto mereka saat jalan-jalan ke media sosial masing-masing.

“Bila liburan wisata ke Lampung, jangan lupa share foto-fotonya ke media sosia sebanyak-banyaknya. Jangan lupa beri hashtag #WisataJalurMudik #MudikPenuhPesona #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia,” ajak Menpar Arief Yahya. Demikian yang kelilinglampung sadur dari portal sportourism.

Selain membahas lintasan mudik, Arief Yahya menyatakan bahwa Lampung sebetulnya menyimpan potensi wisata tinggi. Banyak obyek wisata kelas dunia yang belum diolah di Lampung.

Baca: 7 Destinasi Wisata Unggulan Lampung

Menurut Arief Yahya, destinasi wisata di Lampung termasuk lengkap. Mulai wisata bahari, wisata adventure, taman nasional, hingga wisata sejarah. Semua ada. Yang dari Jawa tinggal menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni. Itu pun tidak lama.

“Jadi, kalau akses dan amenitasnya sudah bagus, standar dunia, maka atraksinya sudah memenuhi syarat untuk dikembangkan menjadi destinasi top,” ungkap Arief Yahya.

Destinasi mana saja yang dianjurkan oleh Menpar Arief Yahya. Berikut daftarnya:

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih adalah tempat wisata di Lampung yang menjadi favorit bagi para pemudik. Sebenarnya sudah banyak warga Bandar Lampung juga yang bosan kemari. Namun untuk beberapa keluarga, pantai ini masih dianggap layak dikunjungi.

Hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari Bandar Lampung, kita hanya butuh sekitar 3o menit berkendara saat lancar. Berada di pinggir Jalan Lintas Sumatera, sehingga dianggap mudah aksesnya bagi pengunjungnya.

Jangan kaget kalau datang di hari libur lebaran, libur tahun baru. Pantai ini sangat padat sekali.

2. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan adalah sebuah ekowisata di Lampung yang menawarkan atraksi lumba-lumba di habitat aslinya.

Sangat beda rasanya melihat lumba-lumba di alam liar dengan melihat atraksi lumba-lumba di sirkus. Di alam liar akan lebih tidak pasti bertemu. Namun di situlah daya tariknya. Ada unsur petualangan dalam mencari lumba-lumba di atas jukung yang hanya dapat memuat 2-3 penumpang.

Selain lumba-lumba, di Kiluan kita bisa menikmati suasana yang sepi dan pasir putihnya yang indah. Juga ada daya Tarik tambahan yaitu Laguna Gayau dan Pulau Kelapa dengan pantainya yang indah.

Lumba lumba Teluk Kiluan - tempat wisata di Lampung - Yopie Pangkey.jpg

3. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) adalah taman nasional tertua di Indonesia. Fokus pada pelatihan dan perlindungan gajah. Juga focus pada manajeman konflik antara manusia dan gajah yang sering terjadi di sekita TNWK.

Didirikan tahun 1985, Pusat Latihan Gajah pertama di Indonesia ini sudah berganti nama menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG).

Selain gajah, di sekitar TNWK terdapat beberapa hewan yang hampir punah. Seperti harimau Sumatera dan Badak Sumatera.

Berjarak sekitar 106 kilometer dari Bandar Lampung, dengan waktu tempuh sekitar 3 (tiga) jam. . Di sini kita bisa melihat berbagai pertunjukan gajah,seperti sepak bola gajah, menaiki gajah, dan lain-lain.

Taman Nasional Way Kambas - Keliling Lampung - Yopie Pangkey

4. Pulau Pahawang

Nah kalau yang ini lagi ngehits didatangi wisatawan asal Jakarta, Bandrung, Bogor, dan Palembang. Paket Wisata Pulau Pahawang banyak sekali ditawarkan oleh para tour operator.

Ada banyak pantai bagus di sekeliling Pulau Pahawang. Hamparan pasir putihnya sangat indah.Ombak di sekita pun relative tenang. Nyaman untuk bermain-main di pantai atau snorkeling di beberapa spot.

Baca lengkapnya di: Wisata Pulau Pahawang

pulau pahawang kecil - pahawang island lampung - yopie pangkey 1

Pantai Pulau Pahawang Kecil.

5. Menara Siger

Menara Siger adalah bangunan menara yang berbentuk seperti siger. Menjadi Titik Nol Jalan Lintas Sumatera. Letaknya tidak jauh dari pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

6. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu berada di wilayah administratif Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan. Satu tempat wisata di Way Kanan yang sedang naik daun.

Suasana di sekitar air terjun ini begitu asri. Ketinggian air terjun Putri Malu sekitar 80an meter.

Airnya sangat segar dan bersih. Karena tidak ada perkampungan di aliran air di atasnya.  Kalaupun keruh itu karena endapan tanah yang terbawa. Jadi jangan ragu kalau ingin mandi di aliran airnya.

Baca lengkapnya di: Air Terjun Putri Malu

air terjun putri malu - wisata way kanan - yopie pangkey - keliling lampung - 3

7. Anak Gunung Krakatau

Siapa yang tidak tahu dengan sejarah letusan Gunung Krakatau pada 1883. Begitu dahsyat ledakannya saat itu. Namun saat ini sudah menjadi salah satu daya tarik wisata Lampung. Masuk dalam kawasan cagar alam, sehingga kalau mau masuk harus ada izin dari Balai Konservasi Lampung.

Gunung Anak Krakatau - obyek wisata di lampung - keliling lampung - yopie pangkey

Saya foto ini di tahun 2011 dari Pulau Sebesi. Penduduk Pulau Sebesi tetap melaut di sekitar Anak Krakatau meski alami erupsi.

8. Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau adalah tempat wisata buatan yang ada di Kota Bandar Lampung. Memiliki taman rekreasi, water boom, dan kebun binatang mini, Taman Wisata Lembah Hijau adalah tempat wisata yang cocok untuk keluarga.

9. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia berjarak 270 KM dari Bandar Lampung, dan waktu tempuh sekitar 6 jam. Di sekitar Pantai Tanjung Setia banyak sekali spot surfing. Menjadi incaran para peselancar dunia dan nasional.

Berada di Kabupaten Pesisir Barat, kawasan Wisata Pantai Tanjung Setia sering sekali dikunjungi wisatawan manca negara, khususnya para peselancar.

Tanjung Setia Pesisir Barat - destinasi wisata Lampung - Yopie Pangkey

Pantai Tanjung Setia. Tempat wisata di Lampung yang ini adalah salah satu destinasi unggulan.

10. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo adalah kompleks peninggalan kebudayaan masa lalu. Memiliki koleksi pra-sejarah, hindu, dan Islam.

Koleksi peninggalan purbakala antara lain: kuburan batu, meja batu, altar batu, batu mayat, dan lain-lain. Wisata sejarah ini seringkali dikunjungi oleh para siswa sekolah-sekolah dari seluruh Lampung.

Taman Purbakala Pugung Raharjo - keliling lampung - yopie pangkey

Punden Berundak di Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Ayo Jalan-jalan Keliling Lampung..!!!

Tempat Wisata di Lampung

Itulah 10 tempat wisata di Lampung yang Menpar RI Arief Yahya rekomendasikan untuk dipromosikan. Tentunya masih banyak lagi destinasi dan obyek wisata yang menarik di luar 10 tersebut.

Kalau belum pernah berkunjung, tidak ada salahnya rekan-rekan mendatangi satu persatu tempat-tempat itu. Ayo kita Keliling Lampung!!


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *