Persiapan Festival Krakatau 2017, Acaranya Apa Saja ya?

Persiapan Festival Krakatau 2017 – Festival Krakatau atau Lampung Krakatau Festival itu untuk mengenalkan destinasi wisata Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Air Terjun Putri Malu, sertapahawang Taman Nasional Way Kambas kepada wisatawan. Selain promosi Gunung Anak Krakatau itu sendiri.

“Kami ingin menaikkan grade-nya Festival Krakatau Lampung 2017 supaya dapat menjadi ikon pariwisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempromosikan keindahan serta daya tarik wisata di daerah Lampung dan membangun pasar untuk mengembangkan skala ekonomi dari bidang pariwisata.” Jelas Budiharto, seperti dilansir Republika, (13/07/2017).

Budiharto menjelaskan, Dalam Festival Krakatau 2017 di tanggal 21-27 Agustus 2017 nanti akan ada aktivitas seperti snorkeling, food festival, fun swimming, bermain layang-layang, dan berbagai macam perlombaan.

Baca juga: Wisata Pulau Pahawang     Baca juga: Air Terjun Putri Malu

Persiapan Festival Krakatau 2017 - Keliling Lampung - Yopie Pangkey

Tarian di Pembukaan Parade Budaya pada Festival Krakatau 2014. (Foto: Keliling Lampung/Yopie Pangkey)

Yang Keliling Lampung tahu, Festival Krakatau ini tujuannya adalah  promosi keindahan dan daya tarik wisata yang ada di Lampung. Juga membangun pasar untuk kembangkan skala ekonomi dari bidang pariwisata.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyatakan, Pemprov ingin menaikkan grade Festival Krakatau, agar dapat menjadi ikon pariwisata. Apalagi posisi geografis Lampung sebagai Gerbang Sumatera. Sangat dekat dengan Jakarta.

Menurut Ridho Ficardo, Provinsi Lampung selama ini dikenal sebagai daerah pertanian. Dengan pembangunan jalan tol, Pemprov Lampung sudah menyiapkan lokasi-lokasi untuk industrialisasi.

Unggul di bidang pertanian dan sedang menyiapkan lokasi-lokasi industrialisasi, Lampung tetap akan selalu angkat pariwisatanya.

“Dengan keindahan alamnya, Lampung ini memiliki potensi yang besar untuk pariwisata. Pembangunan jasa pariwisata dapat menyejahterahkan, empat kali dari pertanian dan dua kali dari industri. Pariwisata harus selalu didorong karena potensi Pariwisata Lampung begitu besar,” kata Ridho Ficardo.

Baca juga: 10 Air Terjun di Way Kanan yang Wajib Dikunjungi

Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya menganggap bahwa, Festival Krakatau adalah fakta dan sebuah warisan yang harus terus dilestarikan. Tentu dengan cara-cara yang kontekstual, sesuai dengan perkembangan dan perubahan zaman.

Menpar  meminta agar Festival Krakatau ini dapat bersaing di kancah nasional bahkan internasional. “Jadikan Festival Krakatau ini sebagai satu-satunya yang ada di dunia. Saya rasa tidak sulit menjual nama Krakatau karena hampir setiap orang sudah tahu dengan Krakatau,” kata Arief.

Lihat di sini: Rangkaian Kegiatan Festival Krakatau 2017

Menurut Arief Yahya, Festival Krakatau harus dikemas dengan  baik sehingga festival tersebut bisa mendunia. Apalagi wisatawan yang ingin ke Anak Gunung Krakatau merasa kesulitan jika berangkat dari Banten. Padahal dari Lampung, turis bisa berkunjung kapan saja ke Anak Krakatau.

“Berbeda jika dari Banten, yang hanya bisa ke Anak Gunung Krakatau pada saat pagi hari. Kalau dari Lampung bisa kapan saja,” ujar Arief.

Semoga persiapan Festival Krakatau 2017 matang dan terlaksana dengan baik dan lancar ya. Kita nantikan pelaksanaan Festivalnya di tanggal 21 hingga 27 Agustus 2017.


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

6 comments

  • Evi

    Festival Krakatau 2017 tampaknya destinasinya semakin keren. Destinasi yang pasti semua orang ingin kunjungi kalau sedang liburan di Lampung 🙂

  • Lampung memang lagi hits banget! ditambah dengan adanya festival keren ini, makin menggaung seantero nusantara. Semoga persiapannya matang dan pelaksanaanya dapat terselenggara dengan baik. Amin 🙂

  • Destinasi wisatanya semakin banyak. Semoga ada waktu bisa ikut festival ini lg.

  • Wah Festival Krakatau 2017 tambah Destinasi baru lagi nih.. Bakalan Seru

  • Basori Rohim

    Saya sebagai pegawai di industry ramaha tamah (hospitality) sangan mendukung sekali program tahunan ini. Pelaku bisnis pariwisata Lampung yg terus menjamur menjadikan Lampung pusat wisata Indonesia. Terbukanya lapangan kerja yg luas sehingga memberikan dampak yg positif. Banyak pekerja dr luar Lampung yg tdk sungkan memberikan ilmu nya sihingga memberikan dampak positip bagi pengetahuan pegawai hospitality itu sendiri. Bayangkan sekarang saja jalan2 di Kabupaten dan Kotamadya sudah mulus sehingga memberikan kemudahan dalam transportasi. Mohon kiranya jalur2 jalan raya di Pasawaran di tinjau ulang dan memberikan perhatian lebih di jalur2 destinasi pilihan, seperti jalur ke kiluan dan gigi hiu.

    Terima kasih Dinas Pariwisata Lampung dan Pemprov Lampung

  • Basori Rohim

    Terus maju Lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *