Foto Gambar Air Terjun Talang Rabun - Tahura Wan Abdul Rachman - Pesawaran Lampung - kelilinglampung.net -  20220706_112458@
Salah satu arter yang indah di dalam Tahura Wan Abdul Rachman, Lampung. (Foto: yopie pangkey/kelilinglampung.net)

Ada banyak air terjun yang ada di Lampung, khususnya Pesawaran. Salah satunya adalah Air Terjun Talang Rabun. Belum banyak traveler yang datang kemari. Alasan utamanya adalah karena akses yang termasuk susah.

Air Terjun Talang Rabun adalah air terjun dengan tinggi sekitar 30 meter yang berada di dalam Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman Lampung. Suasananya asri dan alami, karena jauh dari pemukiman padat penduduk.

Baca juga:
* Wisata Punggung Naga di Pesawaran Indah, Udaranya Sejuk!

Lokasi Air Terjun Talang Rabun

Air terjun ini berada di arah selatan puncak Gunung Betung atau arah barat daya dari pusat Kota Bandar Lampung.

Dari sisi kehutanan, air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung.

Dari sisi wilayah administratif, air terjun ini masuk Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Alamat:
Talang Rabun, Desa Sukadadi
Kecamatan Gedongtataan
Kabupaten Pesawaran
Lampung

Cara Menuju Air Terjun Talang Rabun

Jika kamu berangkat dari Kota Bandar Lampung, ruter terdekat adalah melewati Desa Talang Mulya.

Kamu bisa berkendara dengan motor maupun mobil ke Talang Mulya. Bisa parkir kendaraan sebelum portal yang dipasang oleh UPTD KPH Tahura Wan Adbul Rahman.

Dari lokasi parkir, kamu bisa berjalan kaki menuju Talang Kelik yang berada di ketinggian sekitar 900an mdpl. Sudah tentu kamu harus mendari dari sini dan akan menguras banyak tenaga.

Jarak Talang Mulya – Talang Kelik sekitar 4 kilometer. Ada beberapa titik yang kemiringan jalannya lumayan curam.

Tiba di Talang Kelik, kamu bisa beristirahat sejenak. Sebelum melanjutkan perjalanan sekitar 4,5 kilometer. Di rute ini ada banyak jalan datar. Karena kamu akan melewati punggungan bukit.

Tiba di kampung kecil Talang Rabun, kamu masih harus berjalan lagi turun ke dasar lembah tempat air terjun berada.

Kebayang rasa lelahnya kalau memilih berjalan kaki dari Talang Mulya. Mau yang lebih menghemat tenaga, bisa sewa ojek lokal. Sewa ojek berkisar Rp. 150ribu – 200ribu pp.

Dengan berjalan kaki dari Talang Mulya, membutuhkan waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Sedangkan dengan ojek sekitar 2 jam kalau lancar. Di musim hujan mungkin kamu harus rela tergelincir atau menunggu jalurnya kering.

Harga Tiket Masuk

Jam Buka

24 Jam

Keindahan Air Terjun Talang Rabun

Foto Gambar Air Terjun Talang Rabun - Tahura Wan Abdul Rahman - Pesawaran Lampung - kelilinglampung.net -  20220706_110432@
(Foto: yopie pangkey/kelilinglampung.net)

Air terjun ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai petualangan ke tempat-tempat baru yang belum viral. Karena akses jalannya yang termasuk tidak bagus.

Bagi yang suka berwisata nyaman sebaiknya mempersiapkan diri dan mental sebelum berangkat. Karena akan menghadapi jalur yang lumayan jelek. Dan sangat jelek di musim hujan.

Bagi yang suka berwisata petualangan di alam, saat baru jalan menuju lokasi sudah menjadi hiburan tersendiri.

Di perjalanan kita akan melihat kebun-kebun warga, pemdangan kota Bandar Lampung di kejauhan di bawah kita.

Juga view punggungan bukit yang dikelilingi oleh hutan.

Tiba di Talang Rabun, kamu bisa jadi sudah sangat lelah. Namun udara di sini dijamin masih segar. Kondisinya jauh dibanding di pusat kota yang penuh polusi.

Jalan menuruni lembah menuju air terjun, kita bisa menikmati suasana alam yang lebih asri lagi. Dengan hiburan suara-suara hewan kecil di sekitar.

Dan rasa lelah yang sangat, akan segera terbayar saat tiba di air terjun.

Kelebihan air terjun ini adalah lokasinya yang begitu terpencil. Jauh dari keramaian. Kalau pun sedang banyak pengunjung, biasanya mereka dari komunitas motor trail atau komunitas sepeda.

Kamu tidak akan menjumpai kerumunan wisatawan di lokasi.

Air terjun ini berada di cekungan kecil tebing bebatuan setinggi sekitar 30an meter. Tebing rendah ini diselimuti oleh lumut dan tumbuhan merambat lainnya.

Jatuhan airnya termasuk deras. Jika berdiri persis di bawahnya mungkin akan membuat tubuh terasa sakit.

Dikatakan, debit air terjun ini stabil sepanjang musim. Oleh karena itu, banyak juga yang menyebutnya dengan nama ‘Air Terjun Stabil Talang Rabun’

Saat kemarau debit air tetap deras. Sedangkan di musim hujan terlihat lebih besar.

Ada kolam alami di sini dengan ukuran yang lumayan luas. Sangat aman untuk berenang dan berendam, karena tidak dalam. Dan jatuhan airnya tidak langsung menghujam kolam. Melainkan mengenai bebatuan di bagian bawah terlebih dahulu.

Tips

Sebelum berangkat ke air terjun ini, perlu perhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Jika ingin trip satu hari, usahakan berangkat dari pusat kota Bandar Lampung sepagi mungkin. Akan lebih baik berangkat pukul 06.00 WIB, atau sebelumnya.
  • Jika memilih berjalan kaki, kondisi tubuh harus fit dan cukup istirahat sebelumnya.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin dan bisa untuk basah-basahan.
  • Bawa baju ganti dan bekal secukupnya dan bawa kembali semua sampah yang dihasilkan.
  • Jika ingin maksimal, bisa gunakan jasa guide atau travel agent yang memiliki paket wisata kemari.

Kesimpulan

Kegiatan wisata di sini sangat cocok bagi kalian yang suka dengan daya tarik alam yang mash asri jauh dari keramaian.

Selain air terjun ini, ada beberapa daya tarik lain di sekitar. Ada Batu Lapis Talang Rabun, Tebing Talang Rabun, Air Terjun Batu Tegak, dan lainnya.

Namun harus dipahami, ini adalah wisata hutan. Jadi belum tentu cocok untuk semua wisatawan. Apalagi harus menempuh jalur yang sulit, terutama jika pergi di musim hujan.

Baca juga:
* 25+ Tempat Wisata di Pesawaran, Mana Favoritmu?

Air Terjun ini sangat layak untuk dikunjungi. Termasuk dekat dari Bandar Lampung dan banyak daya tarik di sekitarnya. Bisa ajak kawan-kawan yang sama-sama suka berwisata di hutan.

Mengunjungi air terjun ini, akan memberikan pengalaman menarik berwisata di hutan. Ada rasa lelah, udara segar, air yang segar, alam di sekitar yang asri, suasana tenang. Dan tentu saja kamu bisa mendapatkan banyak foto dan video bagus selama di sini.

Ayo berwisata hutan di Air Terjun Stabil Talang Rabun, Tahura Wan Abdul Rahman, Lampung.

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published.