Pulau Balak di Pesawaran, Asyik Buat Snorkeling dan Menyepi

Pulau Balak Lok Lunik Pesawaran - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 2
Pulau Balak dengan hamparan pasir yang menawan. Pulau Lok di latar belakang. (Foto: dok. kelilinglampung.net / Yopie Pangkey)

Pulau Balak – Liburan di Teluk Lampung Pesawaran bisa jadi sebuah pengalaman menyenangkan. Kamu bisa mencoba datangi pulau yang dekat maupun yang jauh dari dermaga keberangkatan. Merasakan sensai berperahu melewati beberapa pulau dan menikmati pemandangan sekitar.

Pulau Balak adalah salah satu destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Sebuah pulau yang terlindungi di sebuah teluk kecil. Memiliki pasir putih yang lembut dan keindahan terumbu karang di sekelilingnya.

Dinamakan Pulau Balak, mungkin karena pulau ini adalah pulau yang besar di antara 2 (dua) pulau lain di dekatnya. Dua pulau lain di dekatnya adalah Pulau Lok dan Pulau Lunik.

Balak adalah bahasa Lampung yang berarti besar. Sedangkan Lunik artinya kecil.

Baca juga:
* Wisata Pulau Pahawang di Pesawaran

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Balak

PulauBalak2_bmu
Perahu nelayan di Pulau Balak. (Foto: Budhi Marta Utama)

Pulau cantik ini berada di dalam teluk kecil yang berada di mulut Teluk Lampung. Sisi Timur menghadap Teluk Lampung dan sisi Barat menghadap ke daratan Sumatera terdekat.

Kalau kamu lihat di peta, sebenarnya lokasinya berdekatan dengan Teluk Kiluan. Juga dekat dari Desa Kucing Riang dan Pagar Jaya.

Kalau ditarik garis lurus dari Kota Bandar Lampung berjarak sekitar 50an kilometer.

Kalau melewati rute jalan darat, kamu harus mengarah ke Pasar Bawang yang berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Waktu tempuhnya sekitar 2-2,5 jam.

Dari Pasar Bawang ambil jalan yang lurus yang mengarah ke Kucing Riang dan Pagar Jaya. Sekitar 5 kilometer dari Pasar Bawang akan ketemu Desa Sukamaju. Kamu bisa bertanya apa ada perahu yang bisa disewa menuju Pulau Balak.

Atau sekalian menuju Kucing Riang yang berjarak sekitar 16 kilometer dari Pasar Bawang. Dari Kucing Riang kamu bisa menyewa perahu menuju Pulau Balak.

Kalau kami, lebih memilih menyeberang dari Pelabuhan Ketapang. Memang sewa perahunya lebih mahal dibanding biaya sewa ke Pulau Kelagian dan Pahawang. Tapi tidak lelah di perjalanan darat.

Alternatif untuk menghilangkan kejenuhan di perahu adalah, mampir di beberapa pulau yang dilewati.

Atau kalau mau lebih cepat bisa sewa speed boat yang banyak tersedia di Ketapang.

Peta Pulau Balak

Alamat

Sukarame, Punduh Pidada
Kabupaten Pesawaran, Lampung

Harga Tiket Masuk

Pulau Balak - Budhi Marta Utama
Pulau Balak tempat piknik/rekreasi yang menawan di Kabupaten Pesawaran. (Foto: Budhi Marta Utama)

Tidak ada tiket masuk yang harus kamu keluarkan biaya saat sampai di lokasi. Kamu bisa santai, duduk-duduk, berenang, dan snorkeling sepuasnya di sini.

Kalaupun ada penjaganya, kamu bisalah bersedekah memberinya tips untuk uang tambahan belanjanya.

Jam buka

Pulau ini tidak dikelola sebagaimana pengelolaan pantai lain di Pesawaran. Jadi sebenarnya bebas-bebas saja datang kemari 24 jam.

Tapi sebaiknya kamu konsultasi dulu dengan agen travel perjalananmu.

Pesona Pulau Balak

Foto Gambar Pulau Balak Lok Lunik Pesawaran - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 3
(Foto: dok. kelilinglampung.net / Yopie Pangkey)

Baik lewat jalur darat maupun laut, kamu sudah disuguhi berbagai keindahan alam di sepanjang perjalanan. Kalau lewat darat akan menjumpai beberapa perkampungan masyarakat Lampung. Juga persawahan dan kebun kopi atau coklati di kanan kiri jalan.

Jalur laut, kamu akan melewati Pulau Kelagian, Pulau Pahawang, serta Teluk dan Pulau Tanjung Putus.

Saat cuaca cerah dan tenang, kamu akan berperahu di lautan yang tenang dengan sedikit ombak. Di beberapa titik mungkin lautnya terlihat seperti perairan danau. Itu karena begitu tenangnya.

Menjelang sampai, kamu akan melewati Tanjung Putus terlebih dahulu. Melewati selat sempit yang unik dan indah.

Sisi kanan adalah daratan Pulau Sumatera dan sebelah kiri adalah Pulau Tanjung Putus. Dan di depan kita Pulau Balak siap menyambut.

Setelah sekitar 10 menit berperahu melewati Tanjung Putus, kamu akan tiba di Pulau Balak yang indah.

Beberapa jenis perahu tidak bisa langsung merapat di pantai berpasirnya. Beberapa perahu bisa merapat di pasirnya, terutama speed boat.

Foto Gambar Speed Boat dari Dermaga Ketapang Pesawaran - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 4
(Foto: dok. kelilinglampung.net / Yopie Pangkey)

Turun di dermaga dan melihat pasirnya yang putih, kamu akan langsung tergoda untuk berjalan di atasnya. Tanpa beralas, merasakan butiran pasir menyentuh kulit telapak kaki.

Ingin melihat keindahan bawah laut? Tak perlu jauh ke bagian tengah. Karena di depanmu sudah merupakan spot snorkeling yang indah. Terumbu karang memanjang di depan pantai berpasir.

Ada banyak biota laut yang bisa kamu lihat. Sebaiknya snorkeling perlahan dan sedikit bergerak. Amati apa saja yang ada di bawahmu. Mungkin saja ada penyu yang bersembunyi di antara terumbu karang di bawah.

Bagi yang tidak suka atau tidak mau berenang dan snorkeling, berada di pulau ini saja sudah menjadi rekreasi menyenangkan.

Bayangkan saja, kamu berada di satu pulau yang lumayan jauh dari kota. Duduk-duduk di bawah pepohonan yang rindang. Memandang pasir putih, perahu nelayan yang lewat, atau tiduran saja. Merasakan angin sepoi-sepoi dan udara yang bersih dan segar.

Pulau Lok dan Pulau Lunik

Foto Gambar Pulau Lunik Pesawaran - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 1
Pulau Lunik (Foto: dok. kelilinglampung.net / Yopie Pangkey)

Asyiknya liburan piknik ke Pulau Balak adalah, kita bisa mendatangi 2 pulau kecil di dekatnya. Jaraknya ketiga pulau ini berdekatan. Namun lumayan juga kalau ditempuh dengan renang. Baiknya dengan perahu saja.

Pulau Lok dan Pulau Lunik memiliki pantai dengan pasir putih yang halus. Sama dengan Pulau Balak, di beberapa bagian pulau juga ada pantai berbatu karang.

Pernah mencoba mengelilingi Pulau Lok dengan berjalan kaki mengitari pulau. Memerlukan waktu 1 (satu) jam juga untuk kembali di titik awal. Apalagi kalau berkeliling sambil foto-foto di beberapa spot.

Sedangkan Pulau Lunik adalah pulau terkecil di area ini. Pantainya didominasi dengan pantai berpasir. Masih tersisa bekas bangunan yang katanya dulu adalah penginapan.

Di semua pulau ini, kamu bisa foto-foto di berbagai spotnya.

Baca juga:
* Pulau Tangkil di Pesawaran, Mungil Indah serta Menawan

Kesimpulan

Dengan berbagai keunikan dan keindahannya, Pulau Balak bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan. Sekali dayung tiga pulau terlampaui, bisa mengunjungi 3 pulau sekali jalan.

Pulaunya sangat cocok bagi kamu traveler yang ingin berlibur di pulau yang sepi. Kalaupun ada pengunjung lain, biasanya tidak terlalu banyak. MAsih bisa merasakan sensasi liburan serasa di pulau pribadi.

Ajak keluarga, pasangan, atau kawanmu untuk piknik bareng ke Pulau Balak. Sekaligus bisa mendatangi Pulau Lok dan Pulau Lunik yang ada di dekatnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *