Wisata Bukit Lantana di Desa Harapan Jaya Pesawaran

Wisata Bukit Lantana Dusun Sinar Dua Atas Desa Harapan Jaya Pesawaran - 5
Wisata Bukit Lantana Dusun Sinar Dua Atas Desa Harapan Jaya Pesawaran - 5
Suasana di Bukit Lantana yang berada di Dusun Sinar Dua Atas, Desa Harapan Jaya, Pesawaran. Indah dan adem. (Foto: dok. kelilinglampung.net/yopie pangkey)

Sudah pernah dengar wisata Bukit Lantana? Di mana posisi, alamat, atau lokasinya? Berapa jarak dan waktu tempuhnya dari Bandar Lampung?

Bukit Lantana adalah sebuah obyek wisata yang dikembangkan secara mandiri oleh Warga Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai. Khususnya lagi adalah warga Dusun Sinar Dua Atas yang membuka dan mengelolanya.

Baca juga:
* Desa Wisata Harapan Jaya di Way Ratai Pesawaran

Lokasi Wisata Bukit Lantana

Wisata bukit ini berlokasi di Dusun Sinar Dua Atas, Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Jarak dari Kota Bandar Lampung sekitar 50an kilometer. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam berkendara. Belum termasuk jarak dan waktu trekking atau naik ojek ke lokasi.

Cara menuju kemari bisa arahkan kendaraan ke Dusun Sinar Dua Atas. Kemudian tanya ke warga jalur trekking menuju lokasi.

Atau kalau mau lebih mudah dan cepat, bisa naik ojek warga dusun.

Harga Tiket Masuk

Bukit Lantana Dusun Sinar Dua Atas Desa Harapan Jaya Pesawaran - 1
(Foto: dok. kelilinglampung.net/yopie pangkey)

Harha tiket masuk kemari sangat murah dan terjangkau.

Tiket Masuk: Rp. 10.000/orang

Ojek: Rp. 25.000/motor

Jam Buka

Wisata bukit ini pada dasarnya selalu terbuka. Karena lokasinya yang berada di alam terbuka.

Namun biasanya, sama seperti tempat lain, buka dari pagi hingga sore hari. Kecuali kalau kamu ingin menginap dan camping di sini. Bisa semalaman berada di lokasi yang tingginya sekitar 900an mdpl ini.

Keindahan Bukit Lantana

foto gambar Bukit Lantana Dusun Sinar Dua Atas Desa Harapan Jaya Pesawaran - 4
Hasil gotong royong warga Dusun Sinar Dua Atas, Desa Harapan Jaya. Swadaya dan swadana lho… (Foto: dok. kelilinglampung.net/yopie pangkey)

Kami begitu kagum dengan semangat warga dusun/desa untuk memajukan wisata daerahnya. Ingin meningkatkan kunjungan wisatawan, mereka begitu kompak dan guyub membanguan sebuah wisata baru.

Dengan semangat gotong royong, mereka secara swadaya dan swadana membangun wisata Bukit Lantana. Ini sebuah ‘keindahan’ lain dari wisata bukit ini.

Namanya wisata bukit, sudah tentu daya tarik utamanya adalah keindahan alam sekitar. Berada di ketinggian, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang ada di bawahnya.

Bukit Lantana Dusun Sinar Dua Atas Desa Harapan Jaya Pesawaran - 2
(Foto: dok. kelilinglampung.net/yopie pangkey)

Kamu bisa memandang keindahan Desa Wisata Harapan Jaya serta daerah lain yang berada agak jauh. Bahkan bisa memandang Teluk Lampung di kejauhan.

Selain itu, ada begitu banyak tanaman bunga lantana di sini. Warga sengaja menanamnya untuk menambah keindahan wisata bukit ini.

Karena bunga ini lah, wisata bukit ini diberi nama yang sama.

Di sekitarnya juga terdapat banyak kebun milik warga desa. Sedangkan lebih di atasnya adalah kawasan hutan lindung yang masuk area Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rahman.

Udara di sini begitu bersih dan sejuk. Bahkan di siang hari sekali pun, kamu masih bisa merasakan kesejukannya.

BukitLantana Dusun Sinar Dua Atas Desa Harapan Jaya Pesawaran - 3
Ada pondokan, bisa buat berteduh. (Foto: dok. kelilinglampung.net/yopie pangkey)

Di waktu-waktu tertentu area ini bisa dikelilingi oleh kabut. Kamu juga bisa memandang awan yang terihat begitu dekat dari lokasimu berdiri.

Namun kendala utama mengapa wisatawan belum banyak datang kemari adalah lokasinya yang berada di ketinggian, agak jauh dari pemukiman.

Dengan ojek butuh waktu sekitar 15an menit untuk tiba di lokasi. Bayangkan kalau kamu memilih berjalan kaki.

Namun bagi kamu yang hobi trekking atau hiking, jalur menuju Bukit Lantana bisa kamu coba. Mungkin butuh waktu sekitar 1 jam berjalan. Tergantung dari kekuatan fisikmu.

Baca juga:
* Wisata Punggung Naga di Pesawaran Indah, Udaranya Sejuk!

Bisa Dicoba

Walaupun masih banyak kendala, namun keindahan wisata bukit ini bisa menjadi pilihanmu. Bisa kamu kunjungi saat berada di Desa Harapan Jaya, Way Ratai.

Bagi yang suka trekking, bisa menjajal jalur menuju lokasi. Sedangkan yang ingin lebih mudah, bisa dengan ojek milik warga.

Ada rencana berkunjung ke Wisata Bukit Lantana di Desa Harapan Jaya, Way Ratai, Pesawaran?