Teropong Kota Kalianda - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 1
Teropong Kota Kalianda, destinasi yang kelilinglampung kunjung beberapa waktu lalu. (Foto: Yopie Pangkey/kelilinglampung.net )

Teropong Kota Kalianda – Apa di Kalianda ada wisata bukit seperti di kota-kota lain yang menawarkan view indah dari ketinggian? Ternyata ada lho. Kami sempat datang langsung saat mengikuti test tour wanawisata yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Lampung beberapa waktu lalu.

Teropong Kota Kalianda adalah sebuah tempat di ketinggian di kaki Gunung Rajabasa. Memiliki pemandangan luas ke arah darat Kabupaten Lampung Selatan. Serta sedikit area pantai di Kalianda serta view Teluk Lampung.

Baca juga:
* Gunung Rajabasa, Penuh dengan Keindahan dan Misteri

Video

Bisa tonton dulu videonya sebelum lanjut membaca 🙂

Lokasi Teropong Kota Kalianda

Teropong Kota Kalianda - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 4
(Foto: Yopie Pangkey/kelilinglampung.net )

Lokasinya berada di arah Tenggara Kalianda. Berjarak sekitar 5 kilometer dari Jalan Lintas Sumatera. Atau sekitar 10 km dari Gerbang Tol Kalianda.

Kalau kamu menggunakan motor, bisa sampi langsung di lokasi. Tinggal berjalan kaki naik ke atas.

Sedangkan kalau menggunakan kendaraan roda empat, parkirnya agak jauh dari lokasi naik. Namun tidak terlalu jauh, masih termasuk dekat.

Dari loket masuk, kita harus berjalan kaki mendaki bukit kecil. Lumayan melelahkan menaiki banyak anak tangga di sini.

Tidak perlu memaksa diri kalau tidak kuat, kamu bisa berhenti beristirahat sambil duduk-duduk. Bisa istirahat sebentar mengatur nafas. Lalu lanjut naik kembali perlahan-lahan.

Alamat

Teropong Kota Kalianda
Desa Sumur Kumbang, Pematang,
Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Peta

Bisa lihat lokasinya di Google Map di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Teropong Kota Kalianda

Harga tiket masuk ke lokasi ini tidaklah mahal. Sangat terjangkau oleh semua kalangan.

Tiket masuk:
Orang dewasa: Rp. 5.000
Anak-anak: Rp. 2.000
Parkir: Rp. 2.000

Fasilitas

Teropong Kota Kalianda - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 5
(Foto: Yopie Pangkey/kelilinglampung.net )

Bagi yang tidak membawa bekal, tidak perlu kawatir lapar dan haus. Karena di atas ada warung yang menjajakan makanan dan minuman seadanya. Kamu bisa memesan mi instan atau teh dan kopi panas.

Asyik juga makan dan minum di sini lho. Bisa sambil duduk-duduk menikmati keindahan.

Bagi yang mau menunaikan ibadah sholat, bisa menumpang sholat di sini. Tingal bilang dengan penjaga warung yang ada. Mereka akan menyiapkan sajadah di tempat yang sudah disediakan.

Juga ada toilet dan air bersih di sini.

Baca juga:
* Air Terjun Way Kalam di Lampung Selatan

Pesona Teropong Kota Kalianda

Teropong Kota Kalianda - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 3
(Foto: Yopie Pangkey/kelilinglampung.net )

Destinasi wisata bukit di Kalianda ini mungkin saja tidaklah seindah destinasi serupa di tempat lain. Suasana dan viewnya yang tentu saja berbeda.

Pertama kali datang, kamu harus menaiki anak tangga ke atas bukit. Tidak akan menguras tenaga kita sampai habis. Namun tetap saja akan terasa lelah dan dengkul pegal.

Namun rasa lelah itu akan tergantikan dengan suasana dan keindahan yang bisa kamu lihat di atas. Ada berbagai tanaman hias yang beraneka warna.

Tersedia berbagai spot foto yang menarik bagi anak-anak. Namun bukan berarti orang dewasa tidak bisa foto-foto juga. Kamu bisa ikutan foto-foto di sini.

Yang kami suka dari destinasi ini tentunya adalah view yang disajikannya. Dari atas sini, bisa melihat hamparan daratan Lampung Selatan yang dipenuhi dengan pepohonan. Hijau membentang sejauh mata memandang.

Di sisi sebelah kiri, kamu bisa melihat Kota Kalianda. Juga garis pantainya yang berpasir putih. Juga terlihat sedikit laut Teluk Lampung.

Tidak puas memandang dengan mata telanjang, kamu bisa menggunakan teropong yang disediakan oleh pengelola. Kalau sedang ramai, bersabar antri. Dan setelah menggunakannya, segeralah memberikan kesempatan kepada orang lain yang sedang antri juga.

Pada saat kami berkunjung kemari, hanya rombongan kami yang ada di sini. Sehingga tidak sampai antri dan berebut untuk mencoba teropongnya.

Kalau tidak suka foto-foto, bisa santai duduk-duduk di udara terbuka. Atau gunakan beberapa pondokan yang ada.

Baca juga:
* Asyiknya Berendam di Way Belerang Simpur, Hangat dan Jernih!

Kesimpulan

Destinasi wisata bukit ini bisa kamu datangi kalau sedang berkunjung ke Kalianda. Satu tempat wisata yang menyuguhkan keindahan dari ketinggian.

Menawarkan keindahan alam serta suasana yang tenang dan tidak bising. Dan tentu saja udara bersih karena di sekelilingnya masih banyak sekali pepohonan.

Sangat asyik bisa berkunjung ke Teropong Kota Kalianda di Lampung Selatan ini. Coba ajak keluarga atau kawan-kawanmu kemari. Atau kamu mau pergi berdua pasangan kemari?

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *