Bukit Batubara Linggapura di Lampung Tengah yang Memesona

Bukit Batubara Linggapura Lampung Tengah - mayaindpus-1606184528175
Bukit Batubara Linggapura di Lampung Tengah yang unik dan cantik. (Foto: Instagram @mayaindpus)

Bukit Batubara Linggapura, satu spot foto yang namanya masih terdengar asing di kebanyakan masyarakat. Namun destinasi alam Lampung Tengah ini sangat terdengar familiar bagi banyak netizen.

Bukit Batu Bara di Linggapura adalah sebuah puncak bukit yang menyuguhkan pemandangan indah nan cantik. Ada rerumputan imut di latar depan serta lembah dan gunung di latar belakang. Menjadikan foto-foto yang dihasilkan terlihat unik.

Sebelum terkenal namanya menjadi Puncak Bukit Batubara, sebelumnya memiliki nama Bukit Sulah Batu Perdana.

Baca juga:
* Temiangan Hill ‘Negeri di Atas Awan’ Lampung Barat

Lokasi Bukit Batubara Linggapura

Lokasi Bukit Batubara Linggapura Lampung Tengah - andydd_
(Gambar: IG @andydd_)

Bukit Batubara berada di arah Barat Gunungsugih atau Barat Laut Pringsewu. Lokasinya lumayan jauh dari jalan negara. Baik jalan lintas Bandar Lampung – Gunung Sugih, maupun Bandar Lampung – Kotaagung.

Berada di kecamatan paling barat Kabupaten Lampung Tengah, yaitu di Kecamatan Selagai Lingga. Kecamatan ini berjarak sekitar 50 kilometer dari Gunung Sugih (ibu kota kabupaten).

Sedangkan Bukit Batubara Linggapura berjarak sekitar 100 – 125 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Waktu tempuhnya sekitar 3-4 jam berkendara.

Alamat:

Desa Lingga Pura, Selagai Lingga,
Kabupaten Lampung Tengah, Lampung

Rute Menuju Bukit Batubara Linggapura

Bukit BatuBara Linggapura Lampung Tengah - ridwankesumaiskandar
(Foto: IG @ridwankesumaiskandar)

Dari Bandar Lampung rute paling cepat sepertinya kalau kita lewat Jalan Tol Trans Sumatera (126 km). Bisa menggunakan ruas Natar – Gunung Sugih.

Dari Gerbang Tol Gunung Sugih arahkan kendaraan ke Tugu Kopiah Emas dan Tugu Pengantin. Lalu memasuki Jalan Raya Padang Ratu. Dari Tugu Kopiah, Linggapura berjarak sekitar 60an kilometer.

Rute kedua yang bsia kamu pilih adalah memalui Pringsewu. Rute ini berjarak sekitar 100 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 30 menit.

Dari Pringsewu, rute ini melewati Sukoharjo – Kalirejo – Poncowarno – Purworejo – Kecamatan Selagai Lingga – Pasar Linggapura.

Kalau ragu dengan arah menuju lokasi, bisa tanyakan rutenye ke warga yang kamu temui di Linggapura.

Peta

Peta Desa Linggapura bisa kamu lihat di Google Map di bawah ini.

Harga Tiket Masuk

Pesona Bukit Batubara Linggapura

Bukit Batubara Linggapura Lampung Tengah - rimamelati45
(Foto: IG @rimamelati45)

Sebelum menjadi spot foto yang hits di Lampung, lokasi ini sebenarnya adalah tambang/galian batu bara. Lama tidak beroperasi lagi, masyarakat menyulapnya menjadi tempat wisata.

Masyarakat ingin dan semangat sekali untuk menghidupkan desanya ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Lampung.

Apalagi Desa Linggapura ini selain memiliki bukit juga memiliki sungai. Ada juga air terjun indah di sini. Jadi selain berkunjung ke Bukit Batubara, kamu bisa sekalian mampi ke air terjunnya.

Menuju puncak Bukit Batu Bara, kamu akan membutuhkan waktu sekitar 30an menit. Rasa lelah lama di kendaraan dan berjalan kaki akan terbayarkan dengan keindahan panoramanya.

Sebuah pemandangan alam yang jarang kamu temui terpampang di sini. Kombinasi keindahan padang rumput dengan banyak semak yang tersebar.

Di bawah kita tampak jejeran pepohonan dan tumbuhan di kebun-kebun masyarakat. Di kejauhan terhampar luas pepohonan hijau yang membentang sejauh mata memandang.

Bayangkan saja kalau kamu tiba di sini saat cuaca cerah. Keindahan fotomu semakin lengkap dengan latar belakang langit bewarna biru. Serta hiasan awan putih yang melayang di atas kita.

Baca juga:
* Bukit Idaman Gisting, Spot Foto Kece di Tanggamus

Kesimpulan

Bukit Batu Bara Linggapura Lampung Tengah - rimamelati45
(Foto: IG @rimamelati45)

Mendatangi tempat yang jauh dari rumah bisa jadi menyiksa selama di perjalanan. Namun paling tidak akan menambah pengalaman dan wawasanmu tentang suatu tempat wisata baru.

Mengunjungi Desa Linggapura di Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan. Melihat bebukitan, sungai, air terjun, dan bertemu dengan masyarakatnya yang siap menyambut.

Jadi kapan kamu mau datang dan foto-foto di Bukit Batubara Linggapura ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *