Pulau Mengkudu di Lampung Selatan, Indah dan Unik!

Pulau Mengkudu Lampung Selatan - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 3
Pulau Mengkudu di Lampung Selatan, asyik buat liburan bersama keluarga. (Foto: Yopie Pangkey / kelilinglampung.net)

Pulau Mengkudu – Pesisir Lampung Selatan di bagian Selatan Gunung Rajabasa memiliki segudang potensi wisata. Ada beberapa pantai dan pulau yang bisa kamu kunjungi di saat libur.

Pulau Mengkudu adalah salah satu destinasi menarik dan unik di Lampung Selatan. Keunikan dan keindahannya menjadi daya tarik yang layak kamu kunjungi dan nikmati. Ajak serta keluarga atau sahabatmu.

Baca juga:
* Pantai Minang Rua di Lampung Selatan

Lokasi dan Rute Menuju Pulau Mengkudu

Lokasi Pulau Mengkudu Lampung Selatan - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 4
(Foto: Yopie Pangkey / kelilinglampung.net)

Pulau ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni. Sekitar 27 kilometer dari Kalianda via jalan pesisir.

Dari Kota Bandar Lampung, keluar di Gerbang Tol Bakauheni Utara, berjarak sekitar 95 kiloemter. Dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Dari Bandar Lampung, via Jalan Lintas Sumatera dan Kalianda, berjarak sekitar 90 kilometer. Waktu tempuhnya juga kurang lebih sama, sekitar 2 jam.

Untuk rute, kamu bisa memilih lewat jalan tol atau Jalan Lintas Sumatera. Kamu bisa arahkan kendaraan menuju Kota Kalianda, lalu melewati Pantai Canti dan Pantai Wartawan.

Bisa parkir kendaraan di Kunjir atau Pantai Kahai. Kemudian meneruskan perjalan dengan perahu.

Kalau via tol, begitu keluar di dari Gerbang Tol Bakauheni Utara, arahkan kendaraanmu ke arah Pelabuhan Bakauheni. Setelah SPBU Pertamina Garuda Hitam, belok kanan sebelum Indomaret.

Kalau ragu bisa tanya dengan warga yang kamu temui, arah Pantai Belebuk. Nanti dari Pantai Belebuk kamu bisa sewa perahu menuju Pulau Mengkudu.

Menuju pulau Mengkudu dengan perahu adalah cara yang paling kami anjurkan. Lebih mudah hanya memakan waktu 15 menit.

Alamat

Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni
Kabupaten Lampung Selatan

Peta

Kamu bisa cek lokasi atau keberadaan pulau ini di peta google.

Jam buka

Pulau ini bisa kamu datangi kapan saja dalam 7 hari seminggu. Bisa waktu pagi, siang, sore, atau malam. Namun waktu terbaik tentu saja saat terang. Bisa pagi, siang, atau sore menjelang matahari terbenam.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Pulau Mengkudu Lampung Selatan - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 1
(Foto: Yopie Pangkey / kelilinglampung.net)

Saat kamu mendarat di pantai di dekat pulau, kamu akan diminta untuk membayar tiket masuk. Biayanya tidak mahal, murah dan terjangkau semua kalangan.

  • Tiket masuk: Rp. 10.000/orang
  • Perahu dari Kunjir: Rp. 35.000/orang (antar jemput/PP)
  • Perahu dari Belebuk: Rp. 25.000/orang (antar jemput/PP)

Pulau Mengkudu yang Indah Menawan

Foto Gambar Pulau Mengkudu Lampung Selatan - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 8
Situasi Pulau Mengkudu dilihat dari daratan. (Foto: Yopie Pangkey / kelilinglampung.net)

Begitu tiba di area pulau, perahu tidak merapat di pulau. Namun di pasir timbul yang ada di antara daratan dan pulau.

Perahu memang aman merapat di bagian pasir ini untuk menghindari kandas. Karena pantai di sekitarnya memiliki bebatuan karang di bawah lautnya.

Begitu sampai, kamu akan langsung menyaksikan keunikan dan keindahan wisata Pulau Mengkudu. Daya tarik utamanya, selain laut dan pantainya adalah, posisinya yang sangat dekat dengan daratan.

Pulau ini tersambung dengan daratan oleh pasir timbul yang memanjang dari arah daratan ke pulau. Kamu bisa berjalan di atas pasir sepanjang sekitar 100an meter untuk mencapai pulau.

Pasir timbul atau gosong pasir ini sangat bagus untuk dijadikan spot foto. Kamu bisa foto-foto dari berbagai angle. Bisa jadikan pulau atau daratan sebagai latar belakang.

Dari pasir timbul, kamu bisa berjalan ke pulau. Dan karena pulau ini kecil, bisa dikelilingi dengan berjalan kaki. Dalam hitungan 30an menit bisa selesai berkeliling.

Namun karena didominasi oleh bebatuan karang, sebaiknya kamu menggunakan alas kaki saat ke pulau. Bisa sandal jepit atau sepatu.

Saat masih sepi saya dan kawan-kawan pernah santai seharian di sini. Membawa bekal sendiri dan membawa peralatan masak camping. Bisa buat kopi, bersantai, tiduran, dan snorkeling.

Kalau dari arah daratan, area spot snorkeling yang saya eksplore ada di sisi kiri pulau. Ada banyak terumbu karang yang bagus-bagus. Serta berbagai biota laut yang mungil, indah, dan lucu.

Saat itu kami membawa peralatan snorkeling sendiri. Meskipun tidak eksplorasi banyak, cukup puas juga snorkeling di sini.

Bagi yang tidak bisa atau tidak suka snorkeling, bisa cukup berendam atau berenang-renang.

Bisa kamu lakukan di tepian pantai yang ada di daratan. Di saat cuaca cerah, lautnya tenang dan jernih. Bakal asyik mengajak keluarga kemari.

Fasilitas

Foto Gambar Mengkudu Island Lampung Selatan - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 2
(Foto: Yopie Pangkey / kelilinglampung.net)

Saat ini pengelola wisata Pulau Mengkudu sudah melengkapi berbagai fasilitas pendukung. Tujuannya tentu agar pengunjung semakin merasa betah dan nyaman.

Sudah tersedia mushola, toilet, rumah apung, camping ground, gazebo, dan lainnya. Juga ada warga yang menjual makanan dan minuman. Jadi kamu tidak perlu kawatir kalau merasa lapar dan haus selama berada di sini.

Asal Usul Nama Pulau Mengkudu

Bagaimana sejarahnya sehingga pulau ini dinamakan Mengkudu?

Menurut cerita beberapa orang yang saya temui di sana, dinamakan demikian karena ada banyak pohon mengkudu di pulau.

Untuk mudahnya, akhirnya mengkudu dijadikan nama pulau. Juga mudah diingat, karena kita pasti sudah mengenal jenis tanamannya juga.

Kesimpulan

Sungguh sebuah sensasi berbeda kita bisa berada di pulau kecil yang lokasinya sangat dekat dari daratan. Bahkan bisa berjalan ke pulau melalui pasir timbul tanpa membuat pakaian kita basah.

Menempuh jarak 90an kilometer dari Bandar Lampung, atau 10an kilometer dari Pelabuhan Bakauheni, tidak akan kecewa begitu sampai di lokasi.

Baca juga:
* Air Terjun Way Kalam di Lampung Selatan

Bisa melihat pemandangan unik dan indah, duduk-duduk santai di bawah pepohonan rindang. Juga bisa melakukan aktivitas berenang, snorkeling, jalan keliling pulau, memancing. Atau bisa juga menaiki kano dan banana boat untuk lebih serunya.

Pulang ke rumah, akan membawa kenangan seru serta membuat pikiran menjadi kembali segar.

Ayo berkunjung ke Pulau Mengkudu di Lampung Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *