Pesona Air Terjun Way Tayas di Kalianda

Air Terjun Way Tayas Kalianda Lampung Selatan - @massega_
Air Terjun Way Tayas Kalianda Lampung Selatan - @massega_
Air Terjun Way Tayas di Kalianda, Lampung Selatan yang alami dan memsona. (Foto: IG @massega_)

Air Terjun Way Tayas – Keberadaan Gunung Rajabasa di Kabupaten Lampung Selatan memberi banyak berkah di area sekelilingnya. Banyak mata air yang memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar. Juga memberikan bonus berupa daya tarik wisata berupa air terjun.

Air Terjun Way Tayas adalah salah satu air terjun yang ada di kaki Gunung Rajabasa. Saat musim hujan debit airnya terlihat deras. Airnya bersih dan terasa begitu segar.

Baca juga:
* Gunung Rajabasa, Penuh dengan Keindahan dan Misteri

Lokasi Air Terjun Way Tayas

Air terjun ini berada di kaki Gunung Rajabasa sebelah selatan. Dekat dari Dermaga Canti dan Pantai Wartawan.

Dari Pintu Tol Kalianda berjarak sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Sedangkan dari Pelabuhan Bakauheni ruter terdekatnya adalah sekitar 24 kilometer, tanpa lewat tol. Sedangkan lewat tol, keluar di Gerbang Tol Bakauheni Utara, berjarak sekitar 31 kilometer.

Waktu tempuh kedua rute dari Bakauheni relatif sama, yaitu sekitar 60 menit.

Kalau tidak yakin dengan rute yang dianjurkan oleh aplikasi peta, kamu bisa bertanya ke warga saat sudah mau dekat di tujuan.

Dari perkampungan ke lokasi parkir motor di atas masih berjarak sekitar 1,5 kilometer. Akan melalui jalur yang curam melintasi kebun-kebun warga.

Kemudian dari tempat parkir, kamu masih harus menuruni tebing. Berjalan sekitar 200an meter kamu akan tiba di lokasi air terjun.

Alamat:
Dusun Pangkul, Desa Sukaraja, Kecamatan Kalianda,
Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Harga Tiket Masuk

Masuk ke area wisata air terjun pengunjung akan dikenakan biaya masuk. Harga tiketnya dibanderol murah dan terjangkau.

Harga Tiket MAsuk (HTM): Rp. 10.000.

HTM ini sudah termasuk biaya parkir motor juga.

Jam buka

Jika ingin berkunjung kemari, kamu harus memperhatikan waktu. Baik waktu tempuh dari kota asalmu dan lama berjalan. Agar bisa menikmati suasana keindahan air terjun saat hari masih terang.

Jam buka: 08:00 – 16:30 WIB

Pesona Air Terjun Way Tayas

foto Air Terjun Way Tayas Kalianda Lampung Selatan - @riansaputra892
(Foto: IG @riansaputra892)

Tiba di lokasi air terjun kamu akan disambut dengan suasana di sekitar yang masih alami. Banyak bebatuan yang diselimuti oleh lumut-lumut hijau.

Dinding air terjun pun terlihat selalu lembab. Tanaman merambat menumbuhi area dindingnya.

Rasa lelah akan sedikit terobati dengan terpaan titik-titik air yang terbawa angin ke wajah. Suara deburan air yang jatuh dari ketinggian sekitar 30an meter pun akan membuatmu lupa dengan rasa lelah.

Berada di ketinggian 500 mdpl dan dikelilingi oleh kebun dan hutan yang asri, membuat area ini terasa sejuk menyegarkan.

Kamu bisa mandi di kolam alami di bawah jatuhan air terjun. Lubuk ini tidak terlalu dalam, jadi aman untuk bermain air atau berendam.

Berhati-hati saja kalau ingin mandi persis di bawah jatuhan air. Walaupun misal debit air kecil, kawatir kalau ada bebatuan yang terbawa aliran air di atas.

Dan kalau debit sedang besar, lumayan juga akan terasa sakit saat langung mengenai kepala.

Pilihan lainnya adalah berendam dan mandi di aliran air di bawahnya. Ada banyak bebatuan besar di sekitar aliran airnya. Bebatuan keras menjadi keindahan tambahan dikombinasi dengan air yang segar dan lingungan yang asri dan hijau.

Baca juga:
* Air Terjun Way Kalam di Lampung Selatan

Recommended

Bagi kamu yang suka berpetualang mendatangi tempat-tempat baru yang indah, maka destinasi wisata alam ini layak dikunjungi.

Kamu bisa ajak kerabat atau kawan jalan yang sama-sama hobi menikmati suasana alam. Akan terasa lebih seru jalan ramai-ramai dan basah-basahan di air terjun.

Ada rencana berkunjung ke Air Terjun Way Tayas di Kalianda Lampung Selatan?