Pantai Labuhan Jukung Krui di Pesisir Barat

Pantai Labuhan Jukung Krui Pesisir Barat - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 2
Ikon Tulisan Labuhan Jukung Krui. (Foto: Yopie Pangkey / kelilinglampung.net)

Pantai Labuhan Jukung Krui – Pelesiran ke Krui akan kurang lengkap kalau tidak mampir di beberapa pantainya. Ada pantai yang agak sepi dan ada pantai yang ramai. Tinggal pilih mau yang suasana bagaimana.

Pantai Labuhan Jukung adalah salah satu ikon wisata yang dimiliki oleh Krui Kabupaten Pesisir Barat. Pantai ini menyimpan banyak pesona, baik alam, budaya, dan kulinernya.

Kami selalu mampir kemari kalau sedang berada di Krui.

Baca juga:
* Nikmatnya Sate Ikan Tuhuk di RM Pondok Kuring Krui

Lokasi Pantai Labuhan Jukung

Pantai Labuhan Jukung Krui Pesisir Barat - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 3
(Foto: Yopie Pangkey / kelilinglampung.net)

Sudah tahu di mana lokasi pantai yang indah menawan ini? Pantai ini berlokasi tidak jauh dari Pasar Krui dan pusat Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat.

Dari Pasar Krui hanya berjarak sekitar 1 kilometer saja. Dengan kendaraan hanya membutuhkan waktu 5 menit. Dari Pantai Tanjung Setia berjarak sekitar 22 kilometer atau sekitar 30 menit berkendara.

Dari Bandar Lampung, via Kotaagung, berjarak 244 kilometer. Memerlukan waktu tempuh sekitar 5 jam 30 menit berkendara.

Dari Kota Bandar Lampung, via Kotabumi dan Liwa, berjarak 276 kilometer. Waktu tempuhnya sekitar 6 jam.

Alamat

Labuhan Jukung
Pekon Kampung Jawa
Pesisir Tengah
Kabupaten Pesisir Barat
Lampung

Peta

Bisa cek lokasi pantai ini di peta di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Labuhan Jukung

Area pantai ini termasuk ruang terbuka publik dengan beberapa fasilitas. Seperti lapangan, GOR, tempat makan, dan sebagainya.

Untuk masuk ke area Labuhan Jukung, termasuk pantainya, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Gratis tanpa harus mengeluarkan biaya.

Jam Buka

Pantai ini buka setiap saat setiap hari. Kamu bisa datang di pagi, siang, sore, bahkan malam hari.

Namun waktu terbaik yang kami sarankan adalah di sore hari. Saat matahari tidak terlalu terik. Atau bisa juga di pagi hari sebelum cuaca panas khas pinggir pantai menyengat.

Pesona Pantai Labuhan Jukung Krui

Labuhan Jukung Beach - Krui Pesisir Barat - kelilinglampung.net - Yopie Pangkey - 6
Anak-anak Krui sedang menunggu giliran lomba surfing di Pantai Labuhan Jukung. (Foto: Yopie Pangkey / kelilinglampung.net)

Panjang garis pantai Labuhan Jukung kalau saya kira-kira sekitar 1 kiloemter. Memanjang dari area pantai Surfcamp Palm Beach dan Sunset Beach Losmen sampai area pantai sekitar belakang kantor DPRD Kabupaten Pesisir Barat.

Banyak wisatawan yang menyukai hamparan pasir putihnya yang memanjang sepanjang garis pantai. Asyik untuk dijadikan tempat foto-foto.

Pantainya tepat menghadap ke arah Barat. Sehingga menjadi tempat yang ideal untuk menikmati suasana sore/senja. Menunggu detik-detik matahari terbenam di ufuk Barat.

Kalau kamu datang di bulan Ramadhan, bisa ngabuburit menunggu adzan Magrib di sini. Ada beberapa penjual makanan dan minuman seadaanya di beberapa titik. Atau membawa makanan dari tempat lain kemari.

Menikmati suasana pantai di sore hari, berbuka puasa, lalu tinggal cari masjid terdekat untuk ibadah Sholat Magrib.

Di hari-hari biasa pantai ini juga terlihat ramai pengunjung. Biasanya mereka mengunjungi pelataran berbentuk lingkaran di dekat kantor Dinas Pariwisata Pesisir Barat.

Di situ juga ada ikon tulisan ‘Labuhan Jukung Krui’. Kamu bisa foto-foto di kedua tempat ini saat cuaca sedang cerah dan teduh. Karena kalau angin sedang agak kencang, menjadi kurang nyaman berada di sini.

Kalau dari pintu masuk pantai ke arah kiri, kamu akan menjumpai suasana pantai yang rimbun. Ada banyak pepohonan tinggi dengan dedaunan yang lebat.

Duduk-duduk di sekitar sini sambil minum degan/kelapa muda akan sangat mengasyikkan. Lokasinya di sekitaran Cottage Labuhan Jukung milik Dinas Pariwisata Pesisir Barat.

Dari pantai di sisi ini juga kamu bisa melihat surfer pemula bermain dengan ombak. Ombak di Labuhan Jukung sangat aman bagi yang baru belajar berselancar.

Kamu bisa melihat anak-anak muda lokal bermain selancar di pantai ini. Mereka masih muda-muda lho. Ada yang usia SMA, SMP, bahkan SD.

Saat sebelum pandemi, kamu juga bisa melihat banyak wisatawan mancanegara duduk-duduk di sekitaran. Banyak dari mereka yang duduk-duduk atau bahkan tiduran di rerumputan.

Mereka surfing, duduk-duduk di pasir atau duduk-duduk di rumput, makan dan minum seadanya, kembali ke penginapan. Benar-benar menikmati waktu luang dan keindahan alam.

Baca juga:
* Pantai Walur Krui, Pantai Menawan di Pesisir Barat Lampung

Kesimpulan

Traveling ke Krui tidak bisa tidak, kamu harus berkunjung ke beberapa pantainya yang indah. Salah satu pantai yang sering dikunjungi para traveler adalah Pantai Labuhan Jukung.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pasar membuat pantai ini selalu ramai oleh pengunjung. Mudah untuk mencari keperluan, terutama untuk makan dan minum.

Di sini kamu bisa santai, duduk-duduk di berbagai sudutnya. Foto-foto, minum kopi atau kelapa muda. Atau menikmati sunset sebelum kembali ke penginapan.

Berkunjung ke Pantai Labuhan Jukung Krui di Pesisir Barat memang sangat mengasyikkan. Ada rencana mau liburan kemari dalam waktu dekat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *