Komunitas Senyum – Menggambar dan Mewarnai Bersama Anak Pulau Pahawang

Komunitas Senyum, Senyum Anak Pulau Puhawang – Tadi malam, Senin (15/05/2017), seorang kawan lama, kawan kuliah tepatnya, menghubungi saya. Fadliyansah Cholid, sering dipanggil Yeye, bilang Komunitas Senyum mau bikin acara di pulau Pahawang. Lomba Menggambar dan Mewarnai, untuk anak-anak Pulau Puhawang.

Saya tidak berani janji pasti datang. Tapi saya bilang saya usahakan sekali untuk datang. Sudah lama juga tidak mampir di pulau Puhawang.

Apalagi sebagian kawan-kawan penggiat Komunitas Senyum itu adalah punggawa-punggawa Yayasan Ekowisata Cikal.

Mereka lah yang menggerakkan masyarakat Teluk Kiluan untuk memajukan ekowisata wisata Teluk Kiluan. Saya kenal baik dengan mereka.

Sebuah kehormatan diundang oleh orang-orang yang senang bekerja bersama masyarakat. Tanpa memikirkan apa mereka bakal terkenal dan apa mereka bakal mendapat banyak keuntungan materi.

Komunitas Senyum - Senyum Anak Pulau Pahawang - wisata pesawaran

Senyum Anak Pulau Puhawang

Komunitas Senyum memberikan kesempatan kepada anak-anak Pulau Puhawang untuk mengikuti acara mewarnai di alam terbuka. Sekitar 100 anak dari kelas satu sampai kelas tiga SD akan menggambar dan mewarnai ikan nemo, Rabu (17/05/2017).

Ikan nemo atau ikan badut ini memang lucu kan. Apalagi sempat ada filmnya ‘Finding Nemo’. Nemo menang sudah dekat di hati anak-anak.

Panitia kegiatan Very Nomara menjelaskan, Komunitas Senyum berbagi kegembiraan bersama anak-anak Pulau Puhawang. Sambil belajar menggambar dan mewarnai ikan nemo di pulau Pahawang. Karena kawasan ini menggeliat sebagai kawasan wisata sejak beberapa tahun terakhir.

“Semua kebutuhan lomba disiapkan swadaya oleh anggota Komunitas Senyum. Dari meja lipat kecil, krayon, kertas, hadiah, souvenir, piala, piagam, hingga kaos peserta. Semua bisa dibawa pulang peserta, anak-anak Pulau Puhawang.” Jelas Very Nomara.

Very menambahkan, anak-anak disilakan untuk didampingi oleh ibunya untuk belajar dan mewarnai ikan nemo. “Kami sangat berharap anak-anak bisa bergembira bersama orangtua mereka dan Komunitas Senyum,” ujarnya.

Selama saya kembali ke Lampung dan sering jalan-jalan Keliling Lampung, baru kali ini sepertinya ada lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak di Pulau Puhawang.

Menumbuhkan Kesadaran Sejak Dini

Sebuah acara yang menarik menurut saya. Sebuah kegiatan dengan dana kecil namun punya high impact di masa mendatang. Berbagi senyum bersama anak-anak.

Diharapkan dengan adanya acara seperti ini, akan tumbuh kesadaran sejak dini dari anak-anak tersebut. Kesadaran untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan mereka. Karena lingkungan mereka di sekitar Pulau Pahawang adalah aset kehidupan keluarga mereka juga nantinya.

(Baca juga ya: 17 Tempat Wisata di Bandar Lampung)

Acara berlangsung seharian penuh hingga malam hari. Selain acara menggambar dan mewarnai, Komunitas Senyum juga adakan pemutaran film edukasi di malam harinya. Lalu sharing session. Dan terakhir acara api unggun.

Komunitas Senyum di Pulau Puhawang

Yang saya tahu, Komunitas Senyum sudah memulai kiprahnya di Pulau Pahawang beberapa bulan terakhir ini. Kurang tahu lama persisnya. Namun yang jelas mereka sudah merintis pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Pemberdayaan desa dan masyarakat setempat lewat Bumdes tersebut tentunya sangat bermanfaat. Agar nantinya masyarakat Pulau Pahawang dapat ikut menikmati peningkatan kunjungan wisawatan ke pulau yang ada di Kabupaten Pesawaran ini.

Ketua Komunitas Senyum M Sefta Ferdinan, menjelaskan bahwa komunitas ini dibentuk karena mereka peduli kawasan wisata Teluk Lampung.

“Saya dan kawan-kawan, baik yang satu hobi maupun dari latar belakang lain, merasa terpanggil untuk bersama-sama memajukan wisata Pesawaran ini.” Ujar Sefta Ferdinan.

Pengurus Komunitas Senyum lainnya, Fadliyansah Cholid, menambahkan, “Kami berharap masyarakat setempat tidak termarjinalisasi akibat perkembangan kawasan wisata Teluk Lampung yang begitu cepat.”

“Lewat bumdes kami berharap desa punya usaha dan masyarakat terbantu permodalannya. Dan lewat anak-anak yang kami berdayakan, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya semakin meningkat.” Fadliansyah berharap.

(Baca ini yuk: 7 Destinasi Wisata Unggulan Lampung)

Yuk Senyum Bersama Anak Pulau Puhawang

Demikian sekilas mengenai acara “Senyum Anak Pulau Puhawang” yang digelar oleh Komunitas Senyum. Sebuah acara menarik yang melibatkan anak-anak Pulau Pahawang.

Mengajak anak-anak tersenyum. Yang pada akhirnya akan meningkatkan kesadaran mereka untuk menjaga lingkungan mereka sendiri.

Karena Pulau Pahawang di Pesawaran ini adalah sebuah tempat yang mereka tinggali. Dan Pulau Pahawang adalah aset mereka di masa yang akan datang.

Ada yang mau ikut senyum bersama anak-anak pulau Pahawang? yuuk..


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *