10 Media Online yang Rutin Angkat Berita Lampung Terkini

Media Onliine di Lampung - Photo by Keenan Constance on Unsplash
Ilustrasi. (Gambar: Keenan Constance on Unsplash)

Media Online di Lampung – Selalu ada kejadian menarik yang dicari banyak pemirsa di Provinsi Lampung. Dari OTT KPK, cuaca, jalan tol, berita kriminal, breaking news, lowongan kerja, dan lain sebagainya. Termasuk berita dari Kabupaten/Kota di Lampung. Bandar Lampung, Metro, Pringsewu, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Utara, Lampung Barat, Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Pesisir Barat, Way Kanan, Tanggamus, Pesawaran.

Berita Lampung Terkini/terbaru, tentu sangat dicari oleh warga Lampung. Juga oleh warga luar, yang ingin datang ke Lampung. Mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang Lampung.

Ada beberapa media cetak dan media online di Lampung yang masih bertahan hingga saat ini. Ditengah derasnya arus informasi yang bisa berasal dari mana saja. Era disruption belum menggeser posisi mereka sebagai sumber berita terpercaya masyarakat Lampung.

Baca juga:
* Info Lengkap Jasa TRAVEL Lampung, Antarkota Antarpovinsi

Media Online Lampung

Berikut ini beberapa media online di Lampung yang bisa kamu ikuti berita-berita teranyarnya. Urutan tidak berdasar ukuran atau penilaian tertentu.

1. Lampung Post

Lampung Post (Lampost) adalah harian tertua yang ada di Provinsi Lampung. Terbit mulai 10 Agustus 1974. Berawal dari 3 surat kabar; Pusiban, Indevenden, dan Post Ekonomi.

Menidaklanjuti imbauan Menteri Penerangan Republik Indonesia, pemimpin redaksi dari 3 surat kabar tersebut akhirnya bersatu membentuk Lampung Post.

Saat ini, Lampost tergabung ke dalam Media Group.

2. Radar Lampung

Radar Lampung termasuk dalam grup Jawa Pos. Pertama terbit pada 2 Februari 2000. Sebarannya sampai ke pelosok-pelosok kabupaten.

Jaringannya antara lain; Radar Lamsel (Lampung Selatan), Radar Tuba (Tulang Bawang), Radar Lambar (Lampung Barat), Radar Tanggamus, Radar Lamteng (Lampung Tengah), Radar Metro (Kota Metro), Radar Kotabumi (Lampung Utara), dan Trans Lampung. Menyusul Senator dan Lampung Newspaper.

Radar Lampung Group, degan keberadaan 12 hariannya itu, menjadikannya sebagai jaringan media terbesar di Lampung.

Berita Radar Lampung

Halaman Utama, berita terhangat nasional dan daerah. Berita Utama, menampilkan berita nasional terbaru. Komunikasi Bisnis, menyajikan berita bisnis lokal serta kurs Rupiah. Society, kegiatan organisasi tertentu. Pilkada/Politik, mengenai berita politik dan pilkada. Metropolis, adalah berita dan peristiwa di Kota Bandar Lampung. Lampung Raya, menampilkan berita dari luar Bandar Lampung.

Kemudian ada berita seputar Pendidikan, X-presi rubrik anak muda, serupa Deteksi di Jawa Pos.

Opini, yang dikirim warga, tajuk rencana, dan podium rakyat. Berisikan keluhan masyarakat terhadap pihak yang berwenang.

Masalah-masalah seputar wanita, dalam Radar Lampung For Her. Olahraga/Total Football/Total Sport, berisi tentang berita olahraga, seperti; sepak bola, basket, dan lainnya, dengan even Development Basket League yang disponsori oleh Jawa Pos.

3. Tribun Lampung

Pertama kali terbit pada tanggal 8 Juni 2009, Tribun Lampung mengelola koran cetak dan dalam bentuk media daring/online.

Selain menyajikan konten berupa tulisan, Tribun Lampung juga menyediakan konten video yang bisa kamu lihat di saluran YouTube Tribun Lampung News Video.

Akun instagram-nya juga aktif. Bisa kamu follow @TribunLampung.

Di laman resminya terdapat kanal-kanal; News, Lampung, Pendidikan, Health, Otomotif, Public Service,
Bisnis, Seleb, Superball, Sport, Travel, Akomodasi, Kuliner, Destinasi, Shopping, Ticketing, dan lainnya.

Dan tentunya juga ada berita-berita kabupaten/kota se-Lampung.

4. Duajurai

Online perdana pada 12 Agustus 2014, Duajurai berkembang menjadi salah satu media berita siber Lampung yang paling banyak dikunjungi dan dibaca saat ini.

Memiliki tagline Portal Berita Lampung Terkini Terpercaya, dengan misi menjadi rujukan informasi utama bagi para pengambil kebijakan, pebisnis, kalangan profesional, dan khalayak luas.

Kalau kamu buka lamannya, duajurai.co menyajikan pilihan informasi lengkap dan beragam di bidang politik, pemerintahan, ekonomi-bisnis, layanan publik, hukum, gaya hidup, olahraga, hiburan, wisata, kesehatan, dan teknologi.

5. Saibumi

Saibumi menyajikan berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung. Jugamembahas berita terkini di Indonesia. Penyajian dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, dan video.

Memiliki tagline tercepat dan terpercaya, Saibumi membawa misi menjadi rujukan informasi utama mengenai Lampung bagi para pengambil kebijakan, pebisnis, kalangan profesional, dan khalayak luas.

Pilihan informasi lengkap dan beragam. Membahas isu-isu di bidang teknologi, pelayanan publik, wisata, seni budaya, olahraga, ekonomi bisnis, hukum, politik, kriminalitas, kesehatan dan lain-lain.

6. RilisID

RilisID, dibawah naungan PT Rilis Multimedia Indonesia, fokus kepada berita politik Indonesia.

Kolom-kolomnya antara lain: INSPIRASI (wawancara, sosok, riwayat, opini), BISNIS, MUDA, POTRET (foto, video, infografis, nukilan), RAGAM (kronik, gaya hidup, hiburan, olahraga, wisata, MPR Corner, DPR corner), PERISTIWA (elektoral, daerah, nasional, dunia).

7. LampungCo

Lampung.co terbit pada tanggal 25 Agustus 2017. Sebuah portal berita online di Lampung yang mencari dan menyajikan berita kepada masyarakat luas.

Lampung.co menyajikan berita lokal Lampung, Nasional, dan Mancanegara. Berbagi informasi mengenai berita peristiwa, hukum, politik, ekonomi, pariwisata, pendidikan, kesehatan, isu lingkungan, isu kemanusiaan, olahraga, dan lainnya.

8. Teraslampung

Teraslampung.com adalah situs berita dan opini, yang berusaha menjangkau seluruh Nusantara. Melihat dan mewartakan Indonesia dan dunia dari Lampung.

Media ini diterbitkan di bawah bendera PT Teras Lampung Inti Media.

Kolom-kolomnya antara lain; peristiwa, ekonomi bisnis, hukum, pertanian, kesehatan, Jiran Sumatera, Komunitas, liputan khusus. Sejarah, inspirasi, politik, suara publik, tajuk, hot quotes, senandika, humor, kopi pagi, kopi sore, kisah lain, sepak pojok, tajuk, jejak, opini.

Juga ada kabar desa, parlemen, kriminal, dan wisata.

9. Kupastuntas

Kupastuntas.co adalah portal berita resmi Surat Kabar Harian (SKH) Kupas Tuntas. Berkantor di Tanjung Senang, media ini memiliki visi menjadi perusahaan terbaik dalam menyediakan jasa di bidang informasi.

Selain menyorot berita-berita yang terjadi di Kota Bandar Lampung, Kupastuntas juga mengungkap berita-berita kabupaten/kota seluruh Lampung.

Tersedia kolom Bung Kupas, ekonomi, komunitas, nasional, olahraga, pendidikan, politik, teknologi, kesehatan, dan lainnya.

Baca juga:
* Daftar Hotel di Bandar Lampung yang Murah Meriah

10. Fajar Sumatera

Sebuah surat kabar cetak yang kemudian beralih ke media online. Selain menyajikan berita dalam bentuk tulisan dan foto, Fajar Sumatera (FS) menawarkan pemirsanya konten video dalam FSTV dan Livestreaming.

Selain kolom berita Provinsi Lampung dan kabupaten/kota se-Lampung, FS memberikan banyak pilihan informasi untuk pembacanya.

Termasuk berita politik, ekonomi, humaniora (nasional, pendidikan, olrahraga), opini (kiprah, agui, ngupi pai), dan pemerintahan.

Demikian informasi beberapa media online di Lampung yang bisa kamu ikuti terus berita terbaru/terkini/teranyar-nya. Semua portal berita diatas, selalu KelilingLampung ikuti terus berita-beritanya. Semoga bermanfaat ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *