Fotografer Liwa Gelar Pameran Foto Sekala Brak Negeri Berselimut Kabut

Pameran foto Sekala Brak Negeri Berselimut Kabut – Ada yang pernah jalan-jalan Keliling Lampung, wisata Lampung, ke Liwa Lampung Barat? Saat ini ada salah satu tempat wisata di Lampung Barat yang sedang naik daun. Bukit Bawang Bakung.

Bukit Kabut Bawang Bakung Kembahang, sebuah tempat yang istimewa. Di mana kita merasakan seperti berada di negeri di atas awan. Di mana kita merasakan betapa besar keagungan sang maha pencipta. Di situ kita menyadari betapa indah Bumi Sekala Brak.

Tempat ini pertama kali ditemukan sebagai spot fotografi oleh Eka Fendiaspara pada tahun 2011. Sekarang sudah booming dan menjadi salah satu objek daya tarik wisata di bumi sekala brak. Dikunjungi setiap hari oleh wisatawan lokal maupun dari luar kabupaten bahkan dari luar Provinsi Lampung.

Di tempat itulah Fotografer Liwa Eka Fendiaspara akan mengadakanĀ pameran foto Sekala Brak Negeri Berselimut Kabut.

Pameran foto - Sekala Brak Negeri Berselimut Kabut - tempat wisata di lampung barat - 1

Pameran Foto Sekala Brak Negeri Berselimut Kabut

Pameran foto rencananya digelar selama hampir 2 bulan ini (Mei-Juni), berkeliling di kota Liwa Lampung Barat. Pameran tunggal foto karya2 Eka Fendiaspara ini terbuka untuk masyarakat umum.

Akan dibuka pada tanggal 21 Mei 2017 pukul 06.30 WIB s.d. selesai. Bertempat di Bukit Kabut Bawang Bakung Kembahang. Sebuah pameran foto yang berlokasi di spot foto-fotonya itu sendiri. Istimewa bukan?

Lebih istimewanya lagi, pameran ini digelar dengan dana sendiri. Didukung oleh beberapa kawan dan pihak yang mendukung kegiatan positif ini.

H-3, Ingat hari minggu jangan sampai lupa. UNDANGAN BERLAKU UNTUK UMUM. “Sekala Brak Negeri Berselimut Kabut” Opening 21 mei : lokasi bukit kabut bawang bakung negeri ratu kembahang. Jam 06.30 sampai selesai 22 mei – 21 juni pameran keliling di sekitaran Liwa. #sekalabrakNegeriBerselimutKabut #liwa #liwahelau #liwalampungbarat #lampung #sumatera #indonesia #pesonalampung #focusoneindonesia #focusonelampung #kelilinglampung #indonesiajuara #instanusantara #nikonindonesia ” Tentang Eka Fendiaspara. Saya mengenalnya sejak sekitar Tahun 2005 dari forum fotografer.net. Pemotret yang tidak pernah lelah untuk terus belajar, sangat aktif berkarya, selalu mengangkat keindahan dan kekayaan kampung halamannya Bumi Sekala Brak, dan memiliki sudut pandang khas dalam memotret. Lewat fotonya, Eka menyingkap tabir keindahan nyata Sekala Brak yang membuka pintu pintu kedatangan untuk khalayak yang ingin menikmatinya. ” (Budhi marta utama/ kurator) Pameran ini adalah gelaran dari sebuah kejujuran tentang cantiknya alam dan kebudayaan tua Sekala Brak yang bertahan hingga sekarang. Tentunya harus selalu ada gelaran lainnya dalam berbagai rupa sebagai cerita tentang betapa indahnya negeri ini. Pameran Foto Sekala Brak Negeri Berselimut Kabut adalah prasasti moderen dari cerita suatu tempat dan pemotretnya. Ucapan terimakasih untuk semua yang terlibat pada pameran ini yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, Nekhima Nihan. Dan pada ahirnya selamat menikmati Kesejukan SekalaBrak, kekhasan budaya Sekura dan adat budaya lainnya , serta keunikan keseharian masyarakat SekalaBrak. Selamat menikmati Sekala Brak lewat foto . Tabik !!!

A post shared by ekafendiaspara_alliwa (@ekafendiaspara_alliwa) on

(Baca juga: Tempat Oleh-oleh Khas Lampung)

Baru Terwujud Sekarang

Pameran foto di Buki Bawang Bakung merupakan cira-cita lama Eka yang baru terwujud sekarang. Hal ini dilakukannya dalam rangka memperkenalkan kekayaan alam dan budaya lampung barat yang terekam lewat lensanya. Melalui sudut bidik yang unik dan berbeda kepada masyarakat Lampung Barat sendiri dan masyarakat lampung pada umumnya.

Diharapkan, bumi Sekala Brak ini akan lebih dikenal di Lampung, Nasional, dan bahkan mancanegara. Sehingga akan lebih banyak wisatawan yang datang. Sehingga akan berdampak baik pada perkembangan pariwisata Lampung Barat.

Koleksi Foto Eka
Koleksi fotonya Eka Fendiaspara sebenarnya cukup banyak. Guru SMA yang mengajar matematika ini memang sudah lama memulai hobi fotografi. Sejak 2005, Eka sudah mulai hunting foto keindahan Lampung Barat.

Wajar saja bukan, kalau koleksi fotonya banyak dan bagus-bagus. Mulai dari keindahan alam Lampung Barat, kehidupan sehari-hari masyarakat Lampung Barat. Termasuk juga koleksi foto-fotonya mengenai Sekura, sebuah budaya unik di Lampung Barat.

Pameran foto - Sekala Brak Negeri Berselimut Kabut - tempat wisata di lampung barat - 2

Eka Fendiaspara (Foto: dok Eka Fendiaspara)

(Baca juga ya: 17 Tempat Wisata di Bandar Lampung)

Tentang Eka Fendiaspara

Banyak fotografer kenal dengan Eka. Baik fotografer Lampung maupun luar Lampung. Kurator pameran foto ini, Budhi Marta Utama, mengaku sudah mengenal Eka sejak tahun 2005. “Dia Pemotret yang tidak pernah lelah untuk terus belajar, sangat aktif berkarya, selalu mengangkat keindahan dan kekayaan kampung halamannya Bumi Sekala Brak, dan
memiliki sudut pandang khas dalam memotret.” Jelas Budhi Marta, yang juga fotografer senior di Lampung.

“Lewat fotonya, Eka menyingkap tabir keindahan nyata Sekala Brak yang membuka pintu pintu kedatangan untuk khalayak yang ingin menikmatinya.” Lanjut Budhi.

Sedangkan Sahabat karibnya yang juga fotografer di Liwa, Endang Guntoro Canggu, mengatakan Eka seorang yang tak kenal lelah. “Semangatnya yang pernah surut dalam eksplorasi keindahan alam dan budaya Lampung Barat. Lalu mengenalkan alam dan budaya Lampung Barat tersebut melalui foto dan dipublish ke media sosial” Jelasnya.

Endang melanjutkan, Eka sudah sangat banyak membantu promosi potensi Pariwisata di Bumi Sekala Brak ini, terbukti dengan semakin banyaknya pengunjung yang berkunjung ke Lampung Barat dengan menghubungi Eka serta minta didampingi olehnya.

“Keramahan dan kegigihannya dalam mengekplore dan mengenalkan bumi sekala brak patut diapresiasi oleh kita semua.” Puji Endang.

Pameran Foto Sambil Nikmati Kabut

Baru kali ini ada pameran foto yang diadakan di atas ketinggian. Tepatnya di atas bukit Bawang Bakung. Pameran foto fotografer Eka Fendiaspara mengangkat keindahan alam Sekala Brak Negeri Berselimut Kabut.

Bakal seru kali ya bisa menikmati keindahan foto di spot foto sang fotografernya. Tempat wisata di Lampung Barat yang sudah naik daun di kalangan fotografer Lampung. Mudah-mudahan bisa semakin mengangkat pariwisata Lampung Barat.


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *