Sehari Kunjungi 5 Tempat Wisata di Pesisir Barat

Kelilinglampung.net – Kabupaten Pesisir Barat memiliki banyak keindahan alam yang tidak dimiliki daerah lain di Lampung. Tempat Wisata di Pesisir Barat utamanya adalah daerah pantai Pesisir Barat, yaitu berupa pantai dan ombaknya yang begitu digemari para peselancar mancanegara.

Menurut info yang kelilinglampung terima, Lampung menargetkan 300ribu wisatawan mancanegara di tahun 2019 ini. Dan kami yakin, jumlah tersebut bisa disumbangkan oleh Kabupaten Pesisir Barat dengan kedatangan surfer mancanegara.

Ombak di Pesisir Barat tergolong lengkap. Dari ombak yang bisa untuk para peselancar pemula sampai ombak untuk yang pro dan punya sertifikat internasional, karena tergolong berbahaya bagi surfer biasa.

Bagaimana bagi yang ingin berwisata ke Pesisir Barat tetapi tidak bisa surfing? Tenang saja, karena kabupaten ini menyimpan banyak sekali potensi keindahan alam yang bisa kamu coba.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Pesisir Barat Lampung yang kelilinglampung datangi beberapa waktu lalu.

Pantai Labuhan Jukung - Tempat Wisata di Pesisir Barat - Keliling Lampung - 6

Pantai Labuhan Jukung di pagi hari.

Pantai Labuhan Jukung

Pantai Labuhan Jukung terletak di Kota Krui, ibukota Kabupaten Pesisir Barat. Merupakan kawasan yang ditetapkan sebagai brikat wisata unggulandi Kabupaten Pesisir Barat. Labuhan Jukung merupakan obyek wisata yang ditargetkan untuk menjadi daerah tujuan wisata bertaraf nasional.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dalam rangka mempersiapkan Labuhan Jukung sebagai objek wisata nasional sebagaimana yang divisikan. Salah satunya adalah menyediakan penginapan yang bisa digunakan oleh para wisatawan.

Lokasi Kawasan Wisata Pantai Labuhan Jukung berada di desa Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah. Oleh karena letaknya
berada di jalur lintas barat trans Sumatera Liwa-Krui, maka obyek wisata ini banyak dikunjungi orang, baik untuk berwisata maupun sekadar melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Di sini banyak tersedia warung makan dan homestay. Pantai ini cocok bagi yang ingin belajar surfing. Banyak surfer lokal Krui yang sudah mahir yang bisa ajari berselancar.

Pantai Batu Tihang - Tempat Wisata di Pesisir Barat - Keliling Lampung

Pantai Batu Tihang, salah satu tempat wisata di Pesisir Barat.

Pantai Batu Tihang

Ada yang unik yang bisa kita nikmati di Pantai Batu Tihang, yaitu kombinasi Sungai, batu besar yang unik, dan deburan ombak besar.

Air sungainya terasa menyejukkan bila kita memasukkan kaki ke aliran airnya di saat terik siang hari. Banyak bebatuan bulat yang asik untuk duduk-duduk di pagi atau sore hari.

Air sungai ini kondisinya masih sangat jernih karena berasal dari kawasan hutan di Gunung Pugung.

Sedangkan Batu Tihang terletak di muara Way (sungai) Batu Lawang tersebut. Berada di antara aliran sungai dan lautan lepas, menjadikan Batu Tihang sebagai salah satu spot foto yang wajib kamu datangi kalau jalan-jalan ke Pesisir Barat.

Berjarak sekitar 25 kiometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari Krui. Mudah ditemui karena terlihat dari jalan raya menuju Bengkulu.

View this post on Instagram

A post shared by Krui Motret (@kruimotret) on

Bendungan Way Krui - Tempat Wisata di Pesisir Barat - Keliling Lampung - 3

Banyak yang mandi di Way Krui.

Bendungan Way Krui dan Air Terjun Way Karang

Mencoba sesuatu yang lain, Kelilinglampung mengunjungi Bendungan Way Krui dan Air Terjun Way Karang di Krui. Jalan masuknya di dekat MIN 1 Pesisir Barat.

Masuknya sekitar 2 kilometer, sedangkan mobil hanya bisa masuk sekitra 1 kilometer saja. Di sisa kilometer kita berjalan kaki. Kalau menggunakan motor, bisa parkir di dekat Bendungan Way Krui.

Bendungan Way Krui ini biasa dikunjungi oleh warga sekitar untuk mandi beramai-ramai di sore hari. Way Krui airnya tenang dan jernih.

Sedangkan Air Terjun Way Karang adalah air terjun kecil yang sedikit terlindung. Di saat aliran airnya agak deras baru terlihat indahnya air terjun ini.

Alirannya membentuk seperti kolam alami. Airnya pun segar. Tapi kalau berendam di situ ramai-ramainya, airnya menjadi keruh karena banyak endapan batu kapur.

Sunset Pantai Walur - Tempat Wisata di Pesisir Barat - Keliling Lampung - 2

Suasana syahdu sunset di Pantai Walur.

Lihat juga tempat wisata lain di Lampung

Pantai Walur

Pantai Walur berada di Desa Walur, Krui Selatan. Posisinya sebelah Barat Bandar Udara Taufik Kiemas (dulu bernama Bandar Udara Serai).

Suasana Pantai Walur begitu menenangkan hati karena tidak seramai Pantai Labuhan Jukung. Banyak pepohonan di sekitar pantai, sehingga bisa berteduh dari sengatan matahari di tengah hari. Di waktu sore pun jadi asik buat duduk-duduk menunggu matahari terbenam.

Pasir di Pantai Walur putih dan halus. Air lautnya bersih. Di tepian, ombaknya tidak terlalu besar, relatif tenang.

View this post on Instagram

A post shared by Keliling Lampung (@kelilinglampung_) on

Masih Banyak Tempat Wisata di Pesisir Barat

Tempat-tempat yang kelilinglampung kunjungi di atas hanyalah sebagian kecil tempat indah yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. Masih banyak keindahan alam lain yang bisa dikunjungi.

Ada Kebun Damar yang luasnya sekitar 17ribu hektar, air terjun, hutan di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Pulau Pisang, dan pantai-pantai indah di sepanjang garis pantai Pesisir Barat sepanjang 100an kilometer lebih.

Sementara ini jalan-jalan di 5 tempat wisata ini dulu. Pantai Labuhan Jukung, Pantai Walur, Pantai Batu Tihang, serta Bendungan Way Krui dan Air Terjun Way Karang.


Ayo bagikan ke kawan-kawanmu yang lain.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *