Pesona Air Terjun Semantung di Lampung Barat

Air Terjun Semantung - Air Terjun Bangkuang - Curup Bangkuang - Lampung Barat - Eka Fendiaspara
Pesona Air Terjun Semantung yang masih alami di Lampung Barat. (Foto: Eka Fendiaspara)

Salah satu kabupaten di Lampung yang menyimpan begitu banyak air terjun adalah Lampung Barat. Salah satu yang indah adalah Air Terjun Semantung. Kawan-kawan dari komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lampung Barat dan GPS SMAN 1 Liwa baru saja dari arter ini.

Air terjun Semantung memiliki bentangan tebing yang lumayan lebar. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Suasananya masih begitu alami dikelilingi pepohonan yang rimbun. Jauh dan lelah perjalanan, akan terbayar dengan keindahan, ketenangan, segar, dan alaminya.

Baca juga:
* 15 Air Terjun Tersembunyi yang Indah di Lampung Utara

Asal Usul Nama

Gambar Air Terjun Semantung - Air Terjun Bangkuang - Curup Bangkuang - Lampung Barat - Eka Fendiaspara
(Foto: Eka Fendiaspara)

Ada yang menyebut air terjun/curup ini dengan Air Terjun Bangkuang (Curup Bangkuang). Dan kalau menurut warga sekitar, nama asli arter ini memang adalah Bangkuang.

Ketua Pokdarwis Pekon Basungan, Pak Roni, menceritakannya kepada rombongan Genpi Lampung Barat dan murid fotografi dari GPS SMAN 1 Liwa, Minggu (12/01/2020).

Dinamakan Air Terjun Bangkuang karena di sekitarnya banyak sekali ditemukan tumbuhan seperti pandan. Masyarakat sekitar menyebut tanaman tersebut Bangkuang.

Lokasi Air Terjun Semantung

Lokasi Air Terjun Semantung - Air Terjun Bangkuang - Curup Bangkuang - Eka Fendiaspara
(Foto: Eka Fendiaspara)

Lokasi air terjun Bangkuang berada di Dusun Semantung, Pekon Basungan, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat.

Nama dusun itulah yang juga melekat ke air terjun tersebut. Sehingga masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama “air terjun semantung”.

Kalau kita lihat di peta, Dusun Semantung berjarak sekitar 64 kilometer dari Liwa. Atau sekitar 40 kilometer dari pertigaan Bukit Kemuning.

Dari Liwa membutuhkan sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan motor/mobil. Sudah termasuk 30 menit trekking menuju lokasi. Selain sambil berolahraga, sepanjang perjalanan kita bisa merasakan suasana pedesaan yang asri.

Bagaimana kalau merasa tidak sanggup berjalan kaki. Tenang saja. Anggota Karang Taruna dan Pokdarwis Basungan menyediakan ojek yang bisa mengantar kita dengan biaya 10 ribu rupiah. Terjangkau bukan?

Bagaimana kalau ingin naik motor sampai di lokasi air terjun? Pengelola tidak menyarankan hal ini. Karena jalan menuju air terjun sangat curam.

Rute menuju arter ini sebenarnya mudah. Karena kita bisa mencarinya di aplikasi Google Maps. Kita tinggal memasukkan kata kunci air terjun semantung. Lalu tinggal ikuti rute yang disarankan.

Kalau masih ragu, bisa bertanya arah kepada warga yang kita temui. Karena memang belum ada penunjuk arah di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Sedangkan kondisi jalan menuju air terjun, sekitar 70 persennya sudah bagus. Hanya sekitar 30 persen yang kondisinya rusak dan baru berupa jalan tanah merah. Kalau turun hujan, sudah tentu akan sulit melewatinya.

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk: belum ada.
  • Parkir motor: Rp. 5.000

Pokdarwis dan Karang Taruna Basungan

Dalam trip kali ini, Ketua GenPI Lampung Barat Eka Fendiaspara banyak ngobrol dengan Ketua karang Taruna Pekon Basungan, Pak Wana. Pak Wana bercerita, Curup Bangkuang Semantung ini baru sekitar setengah tahun mereka kelola. Dimulai dari Bulan Juli 2019.

Paling ramai dikunjungi adalah saat libur Natal dan Tahun Baru 2020. Tercatat paling tidak ada 2000an pengunjung yang datang dalam periode tersebut. Pengunjung itu kebanyakan datang dari berbagai penjuru Lampung Barat. Juga ada yang sengaja datang dari Way Kanan, dan ada juga dari daerah lainnya.

Eka Fendiaspara yang juga fotografer senior di Lampung Barat ini berpendapat, air terjun Semantung ini begitu indah.

Menurutnya, bisa sekali dikelola menjadi lebih baik lagi dari yang sekarang. Harapannya, Karang Taruna dan Pokdarwis bisa mengelolanya dengan baik dan benar. Dengan demikian bisa mendatangkan banyak traveler ke Air Terjun Semantung di Dusun Semantung ini.

Yang perlu ditambah, lanjut Eka, adalah penunjuk arah menuju lokasi air terjun. Kalau bisa dilengkapi, akan semakin memudahkan pengunjung untuk sampai di lokasi.

Baca juga:
* Air Terjun Putri Malu

Yuk ke Curup / Arter Semantung

Bagaimana menurutmu Pesona Curup Bangkuang ini? Ada rencana untuk mendatanginya?

Bagi kamu yang senang dengan wisata dengan rasa petualangan, yuk kita datang ke air terjun Semantung ini. Ajak kawan atau keluarga. Menikmati keindahan curup yang dikelilingi oleh alam yang asri yang tenang dan sejuk. Jauh dan lelah selama perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan dan kepuasan tersendiri.


2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *